Sebenarnya proses pergantian sel kulit dapat terjadi secara alami, namun bertambahnya usia membuat proses ini melambat. Hal ini dapat menyebabkan masalah kulit termasuk kulit kusam, warna kulit tidak merata, dan kulit berjerawat karena pori-pori yang tersumbat.

Maka dari itu, apa pun jenis kulitmu, eksfoliasi wajah sangat penting untuk menjaga agar kulit tetap sehat dan segar. Supaya lebih tahu apa itu eksfoliasi wajah, simak terus artikel ini sampai selesai, ya!

Apa itu eksfoliasi wajah?

Eksfoliasi wajah adalah proses pengangkatan sel-sel kulit mati yang menumpuk dari lapisan luar kulit. Hal ini dapat mencegah tersumbatnya pori-pori kulit.

Eksfoliasi membantu proses pergantian sel alami kulit. Bahan aktif terbaik yang digunakan untuk eksfoliasi wajah, antara lain asam AHA dan BHA.

Jenis-jenis eksfoliasi wajah

Eksfoliasi untuk Kulit Berminyak

Setiap jenis eksfoliasi wajah memiliki tujuan untuk membersihkan sel kulit mati, membantu pergantian sel, mencerahkan, dan menghaluskan kulit. Dua jenis eksfoliasi wajah meliputi:

1. Physical exfoliation

Physical exfoliation dilakukan dengan cara menggunakan produk yang mengandung partikel kecil yang digosokkan secara manual untuk mengikis sel kulit mati. Partikel yang dilakukan lebih halus dan tidak abrasif pada kulit.

2. Chemical exfoliation

Chemical exfoliation biasanya dilakukan dengan menggunakan produk eksfoliator yang mengandung bahan-bahan aktif, seperti AHA, BHA, dan enzim buah.

Baca juga: Eksfoliasi untuk Kulit Berminyak: Pahami Bahaya dan Tips Melakukannya!

Manfaat eksfoliasi wajah

Beberapa manfaat eksfoliasi wajah, antara lain:

1. Membersihkan kulit

Penumpukan sel-sel kulit mati di permukaan kulit dapat menyumbat pori-pori. Sehingga, bakteri akan mudah berkembang. Hal ini dapat menyebabkan masalah kulit seperti komedo dan jerawat.

Eksfoliasi wajah dapat membuka pori-pori agar tetap bersih dan membasmi bakteri pembentuk jerawat.

2. Meminimalkan tampilan garis halus dan kerutan

Dengan eksfoliasi wajah, kamu memang tidak dapat menghilangkan garis-garis halus dan kerutan, tetapi bisa membantu meminimalkan tampilannya. Saat proses eksfoliasi, kulit akan menjadi lebih halus dan garis-garis halus akan kurang terlihat.

Baca juga: Penuaan Dini pada Wajah Bisa Terjadi Sebelum Usia 35 Tahun, Ini Cara Mengatasinya!

3. Mencerahkan dan meratakan warna kulit

Eksfoliasi wajah dapat membuat kulit tampak lebih cerah dan segar. Selain itu, seiring berjalannya waktu, eksfoliasi yang rutin juga akan meminimalkan hiperpigmentasi.

4. Memaksimalkan pemakaian produk skincare

Eksfoliasi wajah dapat membantu memaksimalkan penggunaan bahan-bahan dalam produk skincare yang kamu gunakan.

Dengan begitu, serum, pelembap, dan masker akan lebih meresap ke dalam kulit. Semakin baik produk tersebut diserap oleh kulit, maka akan semakin baik hasilnya.

5. Mengecilkan pori-pori

Pori Pori Wajah Besar

Kamu mengidamkan wajah dengan pori-pori kecil? Eksfoliasi wajah secara efektif dapat membuka dan mengecilkan pori-pori, serta menjaganya terhindar dari efek buruk akibat polusi.

Baca juga: Cara Mengatasi Pori-Pori Wajah Besar, Dijamin Ampuh!

6. Mencegah jerawat

Selain mencegah komedo hitam dan putih, proses eksfoliasi wajah juga bisa mencegah munculnya jerawat. Selain itu, kulit akan bersih dari sel-sel kulit mati dan tekstur kulit menjadi lebih baik.

7. Merangsang sintesis kolagen

Eksfoliasi wajah secara teratur dapat membantu merangsang sintesis kolagen untuk memperbaiki tekstur kulit dan menjaga kulit tampak lebih kencang. Eksfoliasi kulit juga memberikan manfaat anti-penuaan.

Seberapa sering harus melakukan eksfoliasi wajah?

Jenis kulit normal dan berminyak biasanya memerlukan eksfoliasi wajah sebanyak 1 hingga 3 kali dalam seminggu dengan bahan yang lembut. Jika kamu menggunakan produk dengan bahan aktif yang lebih kuat, coba kurangi menjadi sekali dalam seminggu.

Apabila kulit kamu termasuk sensitif atau kering, lakukan perawatan ini dengan lembut satu kali dalam seminggu. Jangan lakukan eksfoliasi kulit yang dilakukan secara berlebihan karena bisa menyebabkan masalah kulit dan merusak penghalang kulit.

Hal ini dapat menghilangkan minyak alami kulit. Kulit mungkin juga menjadi lebih sensitif terhadap produk perawatan kulit lain yang sebelumnya tidak menimbulkan masalah.

Cara melakukan eksfoliasi wajah di rumah

cara mengangkat sel kulit mati pada tubuh

Ikuti beberapa cara berikut ini untuk melakukan eksfoliasi wajah di rumah.

1. Perhatian produk skincare yang sedang kamu gunakan

Beberapa produk kulit yang dijual bebas terkadang bisa menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif atau mengelupas, seperti krim retinoid atau produk lain yang mengandung retinol atau benzoil peroksida.

Melakukan eksfoliasi ketika sedang menggunakan produk ini bisa memperburuk kulit kering atau bahkan menyebabkan jerawat.

2. Pilih metode eksfoliasi yang sesuai jenis kulit

Jika kamu memiliki kulit yang kering, sensitif, atau mudah berjerawat sebaiknya menggunakan produk chemical exfoliation yang ringan.

Sebab, physical exfoliation akan terlalu mengiritasi jenis kulit ini. Namun, jika kulit berminyak dan lebih tebal biasanya dirawat dengan chemical exfoliation yang lebih kuat atau physical exfoliation.

Hindari chemical atau physical exfoliation yang kuat jika warna kulit kamu cenderung lebih gelap, ada bintik-bintik gelap, atau jerawat.

3. Aplikasikan produk eksfoliator dengan lembut

Jika kamu menggunakan scrub atau produk chemical exfoliation, aplikasikan produk tersebut dengan lembut menggunakan gerakan melingkar.

Lakukan hal ini selama sekitar 30 detik, kemudian bilas dengan air hangat. Jangan lakukan eksfoliasi jika kamu memiliki luka atau terbakar sinar matahari.

4. Gunakan pelembap

Eksfoliasi bisa membuat kulit menjadi kering. Maka, oleskan pelembap setelah melakukan eksfoliasi untuk menjaga kulit kamu tetap sehat dan terhidrasi.

5. Lakukan eksfoliasi secukupnya saja

Berhati-hatilah untuk tidak melakukan eksfoliasi secara berlebihan, karena ini dapat menyebabkan kulit menjadi kemerahan dan teriritasi.

Jika kamu masih belum yakin jenis kulit apa yang kamu miliki, atau jika kamu ingin lebih tahu tentang eksfoliasi, kunjungi dokter untuk memperoleh informasi lebih lanjut. Sebab, dokter kulit dapat mengevaluasi kulit dan membantu kamu memutuskan jenis eksfoliasi apa yang cocok untuk kulitmu.

Cara Eksfoliasi untuk Kulit Sensitif yang Aman Tanpa Iritasi

Share artikel ini
Reference