eksfoliasi untuk kulit sensitif

Eksfoliasi sendiri merupakan proses pengangkatan sel kulit mati dari permukaan kulit. Sebenarnya, kulit terkelupas secara alami untuk meregenerasi sel baru setiap 28 hari sekali. Namun, ada kalanya sel kulit mati tidak bisa terkelupas secara sempurna. 

Akibatnya, kulit terasa kering, mengelupas, dan menyumbat pori-pori. Nah, disinilah pentingnya eksfoliasi wajah agar sel kulit yang lama tergantikan dengan yang baru. Namun, eksfoliasi untuk kulit sensitif berbeda dengan kulit kering. 

Pasalnya, ada aturan main pertama untuk mengeksfoliasi kulit sensitif tidak lebih dari sekali dalam seminggu, agar tidak mengiritasi dan mengeringkan kulit. Selain itu, kamu juga harus tahu bagaimana pengaruhnya terhadap kulit kamu. Untuk lebih berhati-hati, Yuk simak informasi selengkapnya untuk kamu yang memiliki kulit sensitif!

Seperti apa eksfoliasi yang baik untuk kulit sensitif?

manfaat kopi untuk wajah

Pada dasarnya, kondisi dan jenis kulit pada setiap orang akan menentukan seberapa banyak kamu harus eksfoliasi kulit wajah kamu. Orang dengan jenis kulit wajah lain bisa melakukan eksfoliasi kulit 1-2 kali dalam seminggu.

Ada berbagai cara dan alat untuk melakukan langkah perawatan wajah ini. Pertama ada scrub pembersih, sikat wajah, shower puff, yang disebut pengelupasan mekanis atau fisik. Kedua, ada asam salisilat dan sejenisnya yang merupakan bagian dari chemical exfoliator.

Setelah eksfoliasi selesai, kamu bisa langsung menggunakan pelembab setelahnya, dan jika ingin keluar rumah juga bisa langsung menggunakan tabir surya setelah eksfoliasi kulit wajah.

Kulit wajah sensitif adalah jenis kulit yang ditandai dengan kemerahan, gatal, kering, dan rasa panas. Solusinya, kamu bisa gunakan produk yang memiliki kandungan BHA untuk scrub wajah. 

Skin Barrier Rusak? Ini 5 Cara Mengatasinya dengan Ampuh!

Hindari pengelupasan kimia karena dapat mengiritasi kulit dan membuat kulit menjadi merah. Namun, sebelum melakukan scrub wajah, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit terlebih dahulu untuk mengetahui produk eksfoliasi untuk kulit sensitif yang tepat. 

Sebab dalam beberapa kasus, kulit sensitif merupakan tanda dari kondisi medis tertentu, seperti rosacea atau eksim.

Cara eksfoliasi alami untuk kulit sensitif

manfaat daun kelor untuk wajah

Bagi kamu yang memiliki kulit kering atau kulit sensitif, eksfoliasi kulit secara fisik tidak disarankan karena dapat membuat kulit semakin kering dan rentan iritasi. Kamu juga bisa melakukan cara eksfoliasi alami untuk kulit sensitif kamu dengan berbagai bahan berikut ini.

10 Ramuan Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami

1.Pisang dan Oatmeal

  • Hancurkan pisang dan campurkan dalam satu sendok teh oatmeal
  • Tambahkan satu sendok teh madu untuk melembabkan dan menenangkan kulit
  • Pijat dengan lembut pada wajah selama beberapa menit, lalu bilas dengan air dingin

2. Lulur Tomat

  • Ambil satu tomat dan potong menjadi dua bagian
  • Ambil satu potong dan celupkan ke dalam gula lalu gosokkan dengan lembut pada wajah dan leher
  • Biarkan di wajah selama 5 menit, lalu gosok potongan kedua di wajah dengan jus tomat. 
  • Biarkan selama beberapa menit atau sampai mengering sebelum mencuci muka dengan air hangat. 

3. Kulit jeruk, oatmeal, dan madu

  • Ambil 2 sendok makan bubuk kulit jeruk kering
  • 2 sendok makan oatmeal
  • 1 sendok teh madu
  • 1 sendok makan air. 
  • Campurkan semua bahan dalam mangkuk dan aduk rata
  • Aplikasikan pada wajah kamu selama 1-2 menit. 
  • Bilas hingga bersih dengan air hangat. 

Manfaat eksfoliasi bagi kulit sensitif

Menurut American Academy of Dermatology, manfaat eksfoliasi wajah adalah dapat membuat kulit tampak lebih cerah, meningkatkan kekenyalan kulit, serta mencegah penyumbatan pori-pori yang sering menjadi penyebab munculnya jerawat. 

Ada berbagai manfaat eksfoliasi untuk kulit sensitif yang bisa kamu dapatkan untuk kulit yang lebih sehat, antara lain:

  • Membuat kulit lebih cerah

Selain lembut, mengangkat sel kulit mati juga akan meningkatkan kecerahan wajah. Ini akan membuat kulit kamu lebih bersinar dan selalu segar.

  • Membantu mengencangkan kulit

Jika kamu rutin melakukannya, manfaat eksfoliasi wajah akan meningkatkan produksi kolagen. Sehingga kulit kamu akan menjadi lebih cerah, mengencangkan kulit, dan mengurangi kerutan pada wajah. 

  • Mengangkat sel kulit mati

Sel kulit mati akan membuat kulit terlihat kusam dan bersisik. Mengangkat sel kulit mati akan membuat kulit lebih lembut.

  • Meningkatkan penyerapan perawatan kulit

Kulit dapat menyerap pelembab dan serum lebih efektif jika tidak ada kulit mati yang menempel. Dengan begitu, perawatan kulit yang kamu lakukan tidak sia-sia.

  • Membuka pori-pori yang tersumbat

Sel kulit mati dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Jika kamu memiliki pori-pori besar, kamu tahu betapa sulitnya menjaganya tetap bersih dan bebas dari kotoran dan minyak. Pengelupasan setiap hari akan membantu membuka pori-pori kamu dan menjaganya tetap bersih.

Salah satu cara terbaik untuk eksfoliasi untuk kulit sensitif adalah dengan menggunakan pembersih harian yang mengandung butiran kecil atau pengelupasan mikro. Eksfoliasi kecil ini akan membantu mengelupas sel kulit mati dan menjaga pori-pori kamu tetap bersih. 

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan scrub atau masker mingguan yang mengandung manik-manik atau pengelupas yang lebih besar untuk pembersihan yang lebih dalam.

Pastikan pilih jenis produk eksfoliasi yang sesuai dengan kulit kamu. Selain itu, jangan melakukan eksfoliasi kulit wajah secara berlebihan agar tidak menimbulkan masalah kulit lainnya, seperti kulit kemerahan, iritasi, bahkan jerawat.

Share artikel ini
Reference