Kenapa kulit kepala mengelupas

Banyak orang yang salah mengenali penyebab kulit kepala mengelupas. Kondisi yang sering disalahkan adalah kulit kepala kering dan ketombe. Keduanya sama-sama bisa menyebabkan kulit kepala mengelupas.

Namun tahukah kamu, keduanya adalah dua kondisi yang berbeda?

Perbedaan ketombe dan kulit kepala kering

Kulit kepala kering terjadi ketika kulit kepala tidak memiliki cukup minyak untuk membuat kulit terasa dilumasi. Seperti bentuk kulit kering lainnya, ini dapat menyebabkan gatal, mengelupas, dan iritasi. Kulit kepala kering juga dapat menyebabkan rambut terlihat kering, karena minyak dari kulit kepala membantu mengkondisikan rambut.

Orang dengan kulit kering lebih rentan terhadap kulit kepala kering. Ini berarti bahwa banyak hal yang menyebabkan kulit kering, seperti:

  • udara kering, terutama selama bulan-bulan musim dingin
  • mencuci berlebihan
  • kondisi kulit, seperti eksim

Ketombe

Kulit kepala, seperti kulit lainnya, melepaskan sel-sel kulit mati. Jika pelepasan terjadi dalam waktu cepat, ini disebut ketombe. Jadi, serpihan ketombe sebenarnya adalah sel kulit mati. Semakin cepat kulit kepala melepaskan kulit mati, ketombe semakin parah. Beberapa faktor dapat mengubah kecepatan pengelupasan kulit.

Menurut American Academy of Dermatology, para peneliti tidak sepenuhnya memahami apa yang menyebabkan ketombe. Potensi penyebab ketombe meliputi:

  • infeksi jamur pada kulit kepala
  • minyak yang dikeluarkan oleh kulit kepala
  • kepekaan terhadap zat, seperti produk rambut

Ketiga faktor ini dapat bekerja sama untuk memperburuk ketombe. Misalnya, orang dengan infeksi kulit kepala jamur dapat mengembangkan ketombe yang lebih buruk jika mereka memiliki kulit sensitif atau kulit kepala yang sangat berminyak.

Kebanyakan orang memiliki jamur yang disebut Malassezia yang hidup di kulit kepala mereka yang tidak menimbulkan masalah. Namun, pada penderita ketombe, jamur ini menyebabkan iritasi dan serpihan. Iritasi ini mungkin karena cara jamur berinteraksi dengan faktor lain.

Cara mengatasi kulit kepala mengelupas

Cara atasi kulit kepala mengelupas

Cara terbaik untuk menghilangkan kulit kepala kering terkelupas di antaranya ialah:

1. Perawatan Rambut

Kurangi frekuensi mencuci rambut. Untuk rambut pendek cukup dua hingga tiga hari sekali, sedangkan untuk rambut panjang sekali dua hari saja, dan gunakan air dingin.

Hindari air panas karena dapat menghilangkan minyak alami kulit kepala, menghasilkan perasaan kering dan kencang. Serta, hindari menggunakan produk penataan rambut yang panas, seperti pengering rambut, karena ini juga dapat mengeringkan kulit kepala.

Coba gunakan sampo anti ketombe tertentu. Asam salisilat, selenium sulfida, zinc pyrithione, dan sampo berbasis tar patut dicoba, meskipun berbagai jenis sampo anti-ketombe bekerja paling baik untuk orang yang berbeda.

Pada awalnya, gunakan sampo anti ketombe setiap hari; nanti saat ketombe sudah membaik, ganti dengan sampo biasa. Pastikan, saat mencuci rambut dengan sampo anti ketombe, lalu biarkan busanya mengendap di rambutmu selama 5 menit untuk mendapatkan hasil terbaik.

Gunakan kondisioner pada rambut setelah keramas untuk melindungi rambut dari kekeringan. Jika kamu membutuhkan sesuatu yang lebih kuat, dokter dapat meresepkan sampo antijamur yang mengandung bahan aktif ketoconazole.

Sangat menggoda untuk menggaruk kulit kepala yang gatal, namun cobalah untuk menghindarinya, karena dapat memperburuk kondisi, dan menyebabkan pendarahan dan kerontokan rambut.

2. Pijat Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat mengembalikan keseimbangan kelembapan kulit kepala. Untuk hasil terbaik, cobalah pengobatan rumahan ini:

  • Campur jus 1 lemon dengan 2 sendok makan minyak zaitun dalam mangkuk.
  • Hangatkan mangkuk dalam bak berisi air panas.
  • Pijat campuran lemon / minyak ke kulit kepala, berhati-hatilah untuk menghindari area yang melepuh.
  • Rendam handuk dalam air panas, lalu bungkus rambut dengan handuk ini dan biarkan selama 10 menit.
  • Cuci campuran menggunakan sampo ringan.

3. Cuka Sari Apel

Cuka, terutama cuka sari apel, sangat bagus untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit kepala yang membentuk ketombe. Cuka juga dapat membunuh infeksi jamur yang menyebabkan kulit kepala kering terkelupas.

Campurkan setengah cangkir air hangat dengan setengah cangkir cuka sari apel atau cuka putih. Tuangkan campuran ke rambut dan pijat lembut ke kulit kepala. Bilas secara menyeluruh menggunakan air dingin.

Pilihan lainnya adalah mencampur larutan hidrogen peroksida 3% dengan cuka, dan air bersih yang disaring dengan perbandingan 1:1:10, lalu pijat dan biarkan selama 15 menit sebelum dibilas. Pijat dengan cuka sari apel ini dapat kamu lakukan sekali setiap minggu atau 2 minggu.

4. Daun Mimba

Daun tanaman mimba, spesies asli anak benua India, terkenal karena sifat antijamur dan antibakterinya, dan juga dapat membantu meredakan gatal. Untuk membuat obat anti ketombe menggunakan daun nimba:

  • Ambil 2 genggam daun nimba dan tambahkan ke 4-5 cangkir air panas.
  • Biarkan campuran ini semalaman.
  • Di pagi hari, saring campuran tersebut, lalu cuci cairan di atas rambut.
  • Daunnya juga bisa digunakan untuk membuat pasta. Oleskan ini ke kulit kepalamu, biarkan selama satu jam, lalu bilas dengan air bersih.

5. Diet

Makan makanan yang sehat dan seluruh tubuhmu akan sehat. Secara khusus, kamu perlu memastikan bahwa kamu makan banyak makanan berikut:

Minyak Ikan mengandung asam omega-3 – penting untuk kulit dan rambut yang kuat. Asupan ikan berminyak atau suplemen minyak ikan secara teratur dapat membantu meringankan gejala kulit kepala terkelupas.

Termasuk protein tanpa lemak, seperti ikan, ayam, telur, kacang-kacangan dan kacang-kacangan, dalam dietmu mendukung pertumbuhan rambut dan kulit yang sehat, mengurangi ketombe.

Sayuran berdaun hijau juga meningkatkan kesehatan kulit dan perkembangan rambut. Pilih kangkung, brokoli, dan selada, tetapi hindari selada gunung es.

6. Minyak Pohon Tee dan Lidah Buaya

Minyak pohon tee adalah antiseptik alami dan telah terbukti efektif dalam mengurangi kulit kepala kering terkelupas. Ini juga memiliki efek anti-inflamasi dan melembabkan kulit kepala dan rambut. dapat membuat obat minyak pohon tee sendiri dengan mencampurkannya dalam rasio 1:1 dengan minyak lidah buaya dan mengoleskannya ke kulit kepala. Biarkan selama 2 jam, lalu bilas dengan air.

7. Banyak Minum Air Putih

Kulit kepala mungkin menjadi serpihan karena dehidrasi umum. Kekurangan air dalam tubuh akan menyebabkan sel-sel kulit mengerut dan mengelupas. Pengelupasan akan semakin cepat bila kamu memiliki metabolisme yang lamban atau banyak memakan makanan asin. Pastikan kamu minum banyak air sepanjang hari.

8. Minyak Kelapa, Lidah Buaya dan Minyak Almond

Resep kecil ini menggabungkan sifat menenangkan, anti-inflamasi dari lidah buaya dengan efek deep conditioning dari minyak kelapa untuk menenangkan kulit kepala yang teriritasi.

Campurkan 1 sendok teh lidah buaya segar, 1 sendok teh minyak almond dan 1 sendok teh minyak kelapa murni. Oleskan campuran ini ke kulit kepala dan biarkan selama 15 menit untuk meresap. Cuci campuran dengan sampo ringan.

Resep ini dapat kamu gunakan untuk pengaplikasian 2-3 kali seminggu.

Share artikel ini
Reference