Manfaat Madu Manuka untuk Kesehatan
Hidup Sehat

9 Manfaat Madu Manuka untuk Kesehatan, Yuk Simak!

Putri Aprillia | Januari 11, 2022
Share

Madu manuka merupakan madu asli dari New Zealand. Jenis madu ini cukup berbeda dari madu lainnya. Dari segi manfaat kesehatan, jenis madu ini pun memiliki segudang manfaat yang sering diburu banyak orang.

Penasaran apa saja manfaat madu manuka tersebut? Nah, penjelasan selengkapnya bisa kamu ketahui dengan melalui berbagai pembahasan berikut, mulai dari kandungan, manfaat efek samping hingga rekomendasi bagaimana mengkonsumsinya. Yuk, check it out~

Mengenal madu manuka

Madu manuka adalah jenis madu yang dihasilkan dari bunga Leptospermum Scoparium. Madu jenis ini juga dikenal sebagai semak manuka sehingga dinamakan madu manuka. Berbeda dengan madu biasa, jenis madu ini mempunyai warna coklat dan tekstur kental gelap dan keruh. Jika dilihat secara telanjang mata, madu ini terlihat seperti karamel.

Kandungan dalam madu ini bisa dibilang sangat kompleks dan mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja yang menjadi kandungan madu manuka sehingga sangat bermanfaat? Berikut penjelasannya!

Kandungan dalam madu manuka

Madu manuka memiliki kandungan bahan-bahan yang baik untuk kesehatan. Berikut ini beberapa kandungan dalam madu manuka:

  • zat antibakteri, seperti methyl glyoxal
  • zat antioksidan
  • zat anti inflamasi
  • zat antivirus

Kandungan yang terdapat pada madu manuka tersebut dapat menjadi sangat bermanfaat bagi kesehatan untuk melawan dan mengobati berbagai masalah kesehatan.

Manfaat madu manuka

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada banyak manfaat dari madu manuka yang bisa kamu dapatkan. Berikut ini manfaat dari madu manuka untuk kesehatan:

1. Meningkatkan imunitas

Sifat anti bakteri pada madu manuka dapat menghentikan bakteri yang menyebabkan penyakit dan infeksi. Konsumsi madu ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh dengan cepat sehingga sangat direkomendasikan untuk kamu yang memiliki imunitas rendah, sehingga sering sakit.

2. Mencegah sakit maag

Madu manuka juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya sakit maag. Seperti diketahui, sakit maag terjadi karena adanya luka pada lapisan dinding lambung. Sehingga dapat menyebabkan sakit perut, mual, atau kembung. Pada beberapa kasus, penyakit ini dapat terjadi karena bakteri yang berkembang dan mengikis dinding lambung. Dengan mengonsumsi madu manuka, kamu dapat mencegah terjadi sakit maag.

3. Mengatasi pencernaan

Madu manuka memiliki manfaat sebagai antibakteri, sehingga dapat melawan bakteri asam lambung seperti clostridium. Konsumsi madu secara rutin dapat menghindarkan gangguan pencernaan dan mengikis efek bakteri tersebut.

4. Melawan Methicillin-Resistant Staphylococcus Aureus (MRSA)

MRSA disebabkan karena penggunaan antibiotik yang berlebihan sehingga tidak memberikan efek yang baik untuk tubuh dan membuat bakteri tidak bisa dilawan. Orang yang mengalami MRSA dapat mengalami infeksi dan membutuhkan operasi hingga perawatan jenis lain untuk dapat bertahan hidup. Nah, madu manuka diklaim dapat menurunkan aktivitas gen pembentuk MRSA sehingga memberikan harapan hidup bagi orang yang mengidapnya.

5. Mengurangi masalah kulit

Masalah kulit seperti eksim dan jerawat dapat dapat dibantu dengan madu manuka. Madu ini dapat menjaga kulit supaya bebas dari bakteri, sehingga dapat mencegah munculnya jerawat. Selain itu, zat anti inflamasi yang terdapat pada madu manuka juga dapat meredakan peradangan dan mengobati jerawat dengan cepat. Nah, kamu dapat mengaplikasikan madu ini secara rutin ke area kulit selama beberapa menit dan bilas hingga bersih.

6. Meringankan luka

Dalam jurnal yang di publikasi pada Jundishapur Journal of Natural Pharmaceutical Products, madu manuka merupakan pemulih luka yang ampuh. Manfaat madu manuka ini dapat mengurasi rasa sakit luka bakar, peradangan di kulit dan jenis luka kulit yang lain.

7. Menyembuhkan masalah gigi dan gusi

Madu manuka dapat dimanfaatkan untuk menyembukan periodontal dan gingivitis. Penyakit tersebut merupakan infeksi gusi yang dapat menyebabkan rusaknya gigi hingga tulang penyangga gigi. Selain itu, berkumur dengan madu manuka dapat mengurangi plak dan masalah gigi lainnya. Kandungan mineral zinc, fosfor, dan kalsiumnya pun dapat memulihkan sakit gigi dengan cepat.

8. Perawatan kecantikan

Madu ini juga dipercaya dapat digunakan untuk perawatan kecantikan yang efektif. Misalnya, seperti meningkatkan kualitas kesehatan kulit, energi, warna kulit dan vitalitas. Selain itu juga dapat digunakan sebagai masker rambut agar rambut lebih berkilau.

9. Meningkatkan kualitas tidur

Madu manuka mempunyai efek glikogen yang dibutuhkan tubuh untuk dapat meningkatkan kualitas tidur. Madu dapat dicampurkan ke susu sehingga mengeluarkan melatonin yang membantu otak dapat tertidur dan menghindari masalah kesehatan karena kurang tidur.

Efek samping madu manuka

Madu manuka memang memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan. Untuk sebagian besar orang, madu manuka sangat aman untuk dikonsumsi. Namun, ada beberapa kelompok orang yang harus berkonsultasi lebih dulu ke dokter untuk dapat mengonsumsinya secara aman, diantaranya:

  • Penderita diabetes. Jenis madu ini mempunyai gula yang tinggi seperti halnya madu lain sehingga dapat mempengaruhi gula darah.
  • Orang yang alergi terhadap madu atau lebah. Reaksi alergi dapat ditunjukan setelah konsumsi madu sehingga harus menjadi perhatian apakah mempunyai alergi atau tidak.
  • Bayi. Bayi tidak direkomendasikan untuk mengkonsumsi madu karena dapat memicu botulisme dan risiko keracunan.

Cara mengonsumsi madu manuka

Cara mengonsumsi madu ini tergantung dari jenis keluhan apa yang kamu ingin obati. Madu dapat digunakan sebagai salep olesan atau campuran minuman. Berikut ini tips konsumsi madu agar manfaat madu manuka dapat maksimal didapatkan:

  • Jangan campur madu dengan air panas
  • Minum sebelum tidur
  • Minum setelah makan
  • Jangan berlebihan
  • Aplikasikan sesuai kebutuhan

Madu manuka merupakan jenis madu yang sangat unik. Dampak baiknya pada madu ini adalah dapat mengobati luka dan mempercepat penyembuhan. Madu ini mempunyai sifat antivirus, antibakteri dan anti inflamasi yang sangat dibutuhkan untuk berbagai pengobatan.

Namun selain mempertimbangkan dari sisi manfaat madu manuka, ketahui juga risiko dan kelompok orang yang tidak direkomendasi mengonsumsi jenis madu ini sehingga tetap sesuai dengan kebutuhan dan bermanfaat secara maksimal.

Reference
Share