kalori buah pisang

Bukan rahasia lagi jika pisang merupakan buah sehat yang memiliki banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Tapi, berapa ya jumlah kalori buah pisang dan apakah buah ini bagus untuk diet? Yuk, temukan jawabannya pada ulasan berikut.

Berapa kalori sebuah pisang?

Kalori buah pisang dapat berbeda tergantung pada ukuran pisang itu sendiri. Namun, kisaran kalori buah pisang adalah 72-235 kalori atau rata-ratanya mengandung 100 kalori untuk setiap buahnya. 

Sekitar 93 persen total kalori buah pisang terdiri dari karbohidrat, protein dan juga lemak. Selain itu, pisang juga memiliki sejumlah kandungan nutrisi lain seperti magnesium, serat, natrium, kalium, vitamin C, Vitamin B6, B2, serta kandungan folat di dalamnya.

Inilah Kalori Pisang Rebus, Olahan yang Menyehatkan Tubuh!

Berbagai nutrisi tersebut menjadikan buah pisang bukan hanya dapat menjadi sumber energi juga dapat menjaga sistem kekebalan tubuh yang baik.

Apakah buah pisang tinggi kadar gula?

kalori pisang ambon

Pisang memang buah yang memiliki kandungan gula yang tinggi. Namun, perlu diingat kandungan gula pada pisang merupakan fruktosa yakni gula alami. Kandungan ini merupakan sumber karbohidrat yang baik. 

Bukan cuma itu, kandungan gula alami dalam buat pisang juga dapat memberikan energi pada tubuh. Selain itu, meskipun memiliki kadang gula yang tinggi tapi pisang juga mengandung serat yang baik untuk tubuh. Kandungan serat ini dapat mencegah gula darah naik secara tepat sehingga pisang aman untuk dikonsumsi termasuk untuk orang dengan diabetes.

10 Manfaat Kulit Pisang, Bagus untuk Gigi dan Wajah!

Pro dan kontra buah pisang untuk diet

Kandungan gula yang tinggi pada pisang menjadikan tidak sedikit orang menghindari mengkonsumsi pisang ketika diet. Bahkan, tidak sedikit pula orang yang tengah menjalankan diet rendah karbohidrat memilih untuk menghindari mengkonsumsi buah pisang.

Apalagi, pisang sendiri dikenal dengan kandungan gula dan kalori yang cukup tinggi. Ini sebabnya, pisang cenderung dihindari ketika menjalankan program penurunan berat badan.

Dalam pisang ukuran sedang memiliki 27 gram karbohidrat dan 14 gram gula. Namun, sebenarnya pisang tidak harus dihindari dari menu diet kamu meskipun memang memiliki kadar gula yang tinggi. Pisang tetap aman untuk kamu yang ingin mengurangi berat badan.

14 Manfaat Jus Pisang untuk Kesehatan, Cocok untuk Diet!

Pisang tidak akan menyebabkan kenaikan berat badan selama mengkonsumsi dalam jumlah wajar. Lagi pula perlu diingat, gula yang terkandung dalam pisang adalah gula alami yang tidak sama dengan gula tambahan yang biasanya kamu gunakan dalam minuman atau makanan.

Selain itu, pisang juga merupakan sumber serta dan potasium. Bahkan, pisang juga memiliki kandungan vitamin C, B6, serta memiliki kandungan antioksidan yang dapat menangkal peradangan.

Kandungan serat dalam pisang juga dapat membantu menurunkan berat badan. Asupan serat hingga 30 gram per hari akan menyebabkan penurunan berat badan sebanyak diet lengkap. 

Satu pisang ukuran sedang mengandung 3,1 gram serat. Kamu bisa makan pisang dengan makanan yang mengandung dan lemak misalnya dengan makan almond atau selai kacang, 

Makan makanan manis dengan kandungan gula alami seperti pisang juga cocok untuk kamu yang akan olahraga atau setelah melakukan olahraga. 

Kesimpulannya adalah pisang tidak harus dihindari ketika sedang diet. Kamu bisa fokus untuk mengkonsumsi makanan sehat dan melakukan olahraga supaya program penurunan berat badan menjadi lebih optimal.

Manfaat Buah Pisang

kalori pisang kecil

Selain mengetahui kalori buah pisang, kamu juga perlu tahu sejumlah manfaat mengkonsumsi buah yang satu ini. Berikut manfaatnya. 

1. Dapat mendukung kesehatan pencernaan

Kandungan serat pada buah pisang baik untuk sistem pencernaan. Satu pisang berukuran sedang memiliki kandungan 3 gram serat. 

Pisang mentah memiliki kandungan prebiotik yang dapat menjadi makanan untuk bakteri baik di usus. Selain itu, mengkonsumsi pisang juga dapat membantu mencegah sembelit.

2. Dapat mendukung kesehatan jantung

Pisang memiliki kandungan mineral dan kalium yang baik untuk jantung dan manajemen tekanan darah. Selain itu, pisang juga merupakan sumber potasium yang baik. 

Diet kaya kalium juga akan membantu menurunkan tekanan darah. Sedangkan potasium dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Kaya akan antioksidan

Pisang memiliki kandungan antioksidan yang kuat, termasuk mengandung antioksidan berupa flavonoid dan amina. Antioksidan tersebut memiliki banyak manfaat kesehatan seperti menurunkan risiko penyakit jantung hingga penyakit degeneratif.

Itulah ulasan mengenai kalori buah pisang hingga manfaatnya untuk diet dan kesehatan tubuh. Meskipun memiliki banyak manfaat pastikan untuk tidak berlebihan mengkonsumsi buah pisang, ya. 

Penulis: Intan Dwiyanti

Share artikel ini
Reference