cara mengatasi breakout

Apakah kamu pernah mengganti skincare atau produk perawatan kulit, tapi malah muncul jerawat? Hati-hati ini bisa menjadi ciri breakout, loh. Yuk, cari tahu cara mengatasi breakout!

Namun, tidak sedikit orang yang mengira jerawat tersebut sebagai purging karena cirinya yang cukup mirip.

Lantas bagaimana cara membedakan keduanya dan bagaimana cara mengatasi breakout? Berikut ulasannya.

Apa itu breakout?

Breakout adalah kondisi kulit yang mengalami jerawat dan iritasi. Salah satu penyebab paling umum adalah kulit yang terpapar zat kimia atau bahan tertentu. Wajah yang mengalami breakout ini ditandai dengan kulit memerah yang disebabkan peradangan, serta munculnya jerawat pada area kulit yang terpapar zat kimia tersebut. 

Jerawat yang disebabkan oleh breakout biasanya lebih sering dialami pada usia remaja dan dewasa. Breakout juga dapat disebabkan dari efek penggunaan produk perawatan kulit yang tidak cocok, hormon maupun stres.

Perbedaan breakout dan purging

Bagi orang yang kerap berjerawat atau memiliki kulit yang rentan mengalami jerawat, kamu mungkin sulit untuk mengenali apakah jerawat tersebut adalah purging atau breakout. Berikut beberapa cara untuk membedakannya.

1. Penyebab purging dan breakout

Salah satu cara untuk membedakan breakout dan purging adalah dilihat dari penyebabnya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, breakout adalah reaksi kulit yang muncul karena ketidak cocokan dengan zat aktif yang ada dalam sebuah produk.

Sedangkan purging adalah reaksi kulit yang bertujuan untuk mempercepat pengelupasan sel kulit mati karena penggunaan zat aktif yang terdapat dalam produk yang baru digunakan. 

2. Area munculnya jerawat

Perbedaan selanjutnya juga dapat dilihat dari letak munculnya jerawat. Pada kasus breakout, jerawat dapat muncul di area kulit manapun, bahkan pada seluruh area wajah kamu.

Namun, pada purging, jerawat umumnya hanya muncul pada area kulit yang biasa ditumbuhi jerawat, contohnya seperti jidat. 

3. Lama waktu kemunculan jerawat

Perbedaan selanjutnya juga dapat dilihat dari lamanya waktu jerawat pada wajah. Lamanya jerawat purging pada wajah tergantung pada kondisi kulit setiap individu. Namun, umumnya, jerawat ini akan bertahan 4-6 minggu. Jerawat purging biasanya juga lebih cepat hilang dibanding jerawat biasa. 

Jika ternyata jerawat pada wajah kamu bertahan lebih lama dari rentang waktu tersebut, kemungkinan besar ini adalah jerawat breakout. 

4. Ada tidaknya bekas jerawat

Ada tidaknya bekas jerawat juga dapat menjadi pembeda jerawat purging dan breakout. Jerawat breakout umumnya akan meninggalkan bekas jerawat sekalipun jerawat tersebut sudah hilang. Sedangkan untuk jerawat purging biasanya tidak meninggalkan bekas. 

Jika memang jerawat yang kamu alami ternyata breakout, pastikan untuk segera menghentikan penggunaan krim wajah atau skincare yang baru kamu gunakan. Melanjutkan penggunaan produk dapat memperparah kondisi kulit wajah. 

Bagaimana cara mengatasi breakout 

Cara atasi breakout

Guna meminimalisir efek yang ditimbulkan dari penggunaan skincare baru, terutama bagi kamu yang mengalami breakout maupun purging, sebaiknya gunakan produk skincare secara bertahap. 

Contohnya, gunakan produk 3 hari sekali di minggu pertama, 2 hari sekali di minggu kedua dan seterusnya. Cara ini akan membantu kulit untuk membiasakan diri dengan berbagai zat aktif yang ada dalam produk perawatan kulit yang kamu gunakan. 

Namun, jika ternyata kondisi semakin memburuk dan jerawat semakin parah, jangan ragu untuk menghentikan penggunaan produk tersebut karena ini tandanya kulit mengalami iritasi yang semakin berat. 

Selain itu, kamu juga bisa mencoba cara mengatasi breakout berikut ini:

  • Sering cuci tangan terutama ketika hendak menyentuh wajah, hindari menyentuh wajah dengan tangan yang masih kotor.
  • Cuci muka sebanyak 2 kali sehari setiap pagi dan malam atau ketika wajah berkeringat.
  • Jangan memencet jerawat karena ini dapat memperburuk peradangan.
  • Gunakan skincare yang sesuai dengan jenis kulit.
  • Gunakan pelembap yang berlabel non komedogenik serta bebas pewangi.
  • Cara mengatasi breakout juga bisa menggunakan obat jerawat dengan kandungan asam salisilat atau sulfur dan benzoil peroksida.
  • Terapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat, kelola stres dan istirahat yang cukup.

Itulah beberapa cara menghilangkan breakout yang bisa kamu coba. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua orang akan mengalami breakout atau purging setiap mengganti produk perawatan kulit atau kosmetik.

Reaksi ini umumnya, muncul berdasarkan jenis kulit tertentu seperti kulit sensitif. Orang dengan kulit sensitif lebih rentan mengalami breakout.

Share artikel ini
Reference