penuaan dini pada wajah

Munculnya tanda-tanda penuaan, memang dapat mengganggu penampilan. Apalagi, jika kamu mengalami penuaan dini pada wajah dengan hadirnya bintik hitam hingga kerutan.

Lantas, bagaimana cara mengatasi penuaan dini? Berikut ulasannya. 

Penyebab penuaan dini pada wajah

Penuaan kulit adalah kondisi dimana kulit berubah seiring dengan pertambahan usia. Tanda-tanda penuaan sendiri seperti kulit kendur, menipis, berkerut, hingga munculnya flek hitam. Bila kondisi ini terjadi di usia yang lebih muda, disebut dengan penuaan dini. 

Penuaan sendiri bersifat alami namun, ada beberapa faktor yang menyebabkan penuaan dini pada wajah datang lebih cepat. Beberapa faktor tersebut termasuk keturunan, pola makan, gaya hidup dan beberapa kebiasaan lain yang dapat merusak kulit. 

Ciri-ciri penuaan dini pada wajah

Pori Pori Wajah Besar

Proses penuaan dini dapat tampak berbeda pada setiap orang. Namun, ada beberapa tanda atau ciri-ciri penuaan dini yang dapat muncul sebelum kamu berusia 35 tahun, diantaranya:

1. Muncul sunspot di wajah

Bintik penuaan atau sunspot adalah bintik-bintik yang muncul pada kulit dan disebabkan oleh paparan sinar matahari. Bintik-bintik hiperpigmentasi yang satu ini dapat muncul di wajah, punggung tangan, atau bahkan pada lengan bawah.

2. Kulit kering atau gatal

Kulit kering atau gatal (xerosis cutis) juga dapat menjadi tanda penuaan selanjutnya. Penyebabnya adalah lapisan kulit yang menipis dan lebih tentang mengalami dehidrasi. Pada usia mendekati 40 tahun, kulit lebih rentan mengalami masalah kulit kering dan mengelupas. 

3. Kulit mengendur atau munculnya kerutan

Saat memasuki usia 30an, produksi kolagen yang merupakan protein penting untuk kulit menjadi berkurang. Padahal, kolagen berguna untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. 

Kadar kolagen yang lebih sedikit menyebabkan kulit menjadi kendur dan timbul kerutan. Umumnya. Area wajah yang mengalami kerutan adalah dahi. 

4. Bentuk bibir menjadi lebih tipis

Tanda lainnya adalah bentuk bibir juga menjadi lebih tipis di saat kamu mengalami penuaan. Pastikan untuk selalu menjaga kesehatan kulit dan bibir sedini mungkin. 

Cara menghilangkan penuaan dini pada wajah secara alami 

Ada beberapa cara untuk menghilangkan atau mengurangi tanda-tanda penuaan dini pada wajah secara alami, yakni:

1. Tidur yang cukup

Salah satu hal yang penting untuk cegah penuaan dini adalah tidur cukup dan nyenyak. Tidur yang nyenyak dapat membantu meningkatkan kesehatan fisik dan mental. 

Bukan hanya itu, tidur juga ternyata baik untuk kulit dan mampu memperlambat proses penuaan kulit. Disarankan untuk tidur 8-9 jam pernah hari untuk mengatasi gejala penuaan dini. 

Kamu juga bisa mencoba tidur dalam posisi terlentang untuk menghindari tekanan konstan pada area pipi yang dapat menyebabkan kerutan. 

2. Konsumsi makanan sehat

Perawatan kulit dari dalam sama pentingnya dengan perawatan kulit dari luar. Salah satu caranya adalah dengan diet seimbang menggunakan menu sayuran hijau dan buah-buahan. Berikut beberapa sayur dan buah yang baik untuk melawan penuaan:

  • Sayuran seperti brokoli, bayam, kangkung, mentimun, wortel, tomat, dan ubi 
  • Buah-buahan seperti nanas, semangka, jeruk, delima, dan jeruk
  • Selain itu, kami juga disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan cepat saji dan mengurangi gula. Pasalnya, ini dapat mempercepat proses penuaan. 

3. Tetap terhidrasi

Cara selanjutnya adalah pastikan kamu minum cukup air setiap harinya. Kulit yang terhidrasi dengan baik dapat mengurangi risiko munculnya kerutan dan tanda penuaan kulit lainnya.  Minum air dalam jumlah yang cukup sangat penting untuk memiliki kulit yang sehat, bercahaya, dan tampak muda

4. Olahraga

Saat ingin mengurangi tanda penuaan dini pada wajah, salah satu cara alami yang bisa kamu lakukan adalah rutin berolahraga. Olahraga baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit hingga mengatasi masalah penuaan dan membuat kulit lebih bersinar. 

5. Gunakan masker wajah alami

manfaat facial wajah

Beberapa bahan alami dapat dijadikan sebagai masker yang membantu mengatasi masalah penuaan kulit. Beberapa masker alami tersebut adalah:

  • Gunakan mentimun pada area mata untuk menghilangkan lingkaran hitam dan mata yang bengkak
  • Gunakan jus semangka sebagai masker. Aplikasikan pada seluruh wajah. Masker ini berguna untuk melindungi kulit dari jerawat. 
  • Jus nanas. Masker alami yang satu ini mengandung antioksidan yang dapat melembabkan kulit dan mengurangi peradangan.
  • Masker madu dan kunyit. Ini berguna untuk memudarkan bekas luka dan memiliki sifat anti-penuaan.

6. Hapus makeup

Salah satu hal yang kerap dilupakan banyak orang adalah tidak menghapus makeup di saat mau tidur. Padahal, sisa makeup dapat menyebabkan kerusakan pada kulit, menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. 

7. Berhenti merokok dan mengkonsumsi alkohol

Menurut sebuah studi penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Epidemiology and Community Health, orang yang merokok atau minum banyak alkohol cenderung terlihat lebih cepat tua daripada mereka yang tidak.

Merokok dan alkohol dapat memunculkan garis-garis halus dan kerutan terlihat dan mempercepat penuaan kulit. 

8. Hindari stres

Stres berhubungan dengan penuaan kulit dan menyebabkan masalah kulit lain seperti lingkar hitam, kerutan, dan mata bengkak. 

Ini sebabnya, penting untuk mengurangi stres dengan melakukan olahraga, meditasi, atau hal-hal lain untuk mengurangi stres tersebut. 

9. Cuci wajah sebelum tidur

Baik kamu menggunakan makeup atau tidak, penting untuk selalu mencuci wajah sebelum tidur. Selain itu, kamu juga bersihkan kulit dengan produk pembersih yang dapat menghilangkan debu di pori-pori, mengangkat kotoran dan minyak berlebih. 

Pasalnya, Radikal bebas yang menumpuk pada wajah dan tidak dibersihkan dengan benar dapat merusak kulit dan menghasilkan garis-garis halus hingga kerutan.

Share artikel ini
Reference