oatmilk adalah

Pernah mengonsumsi susu oat sebelumnya? Susu jenis ini merupakan salah satu alternatif sari susu sapi. Biasanya susu dengan jenis ini dikonsumsi untuk mereka yang alergi dengan jenis susu kedelai, sapi atau kambing. Manfaat susu oat sangat banyak untuk kesehatan kamu, lho.

Oatmilk adalah jenis susu sehat yang berasal dari olahan gandum. Bagaimana jenis susu alternatif ini memiliki banyak manfaat? Yuk simak dalam ulasan berikut ini.

Apa itu oatmilk?

Oatmilk adalah jenis susu yang berasal dari gandum sehat. Biasanya gandum yang digunakan sebagai sereal dengan tambahan susu dapat dibuat menjadi susu. Jenis susu ini ternyata sangat digemari oleh kalangan vegan. Banyak orang yang alergi dengan susu sapi akhirnya beralih ke susu oatmilk ini.

Susu ini dibuat dengan proses penyaringan sehingga dapat mengalami pengurangan nutrisi tertentu yang setara dengan semangkuk oat murni. Susu oat tidak mempunyai nutrisi yang padat seperti gandum utuh namun jenis susu ini juga memiliki nutrisi yang tidak kalah dengan susu lainnya. Apa saja kandungan dalam susu gandum?

Kandungan dalam oatmilk

Kandungan yang terdapat dalam 1 cangkir susu oatmilk menurut U.S Department of Agriculture adalah:

  • 120kkal energi
  • 3 gram protein
  • 4,99 gram lipid atau lemak
  • 16 gram karbohidrat
  • 1,92 gram serat
  • 7,01 gram gula
  • 350 mg kalsium
  • 0,288 mg besi
  • 269 mg fosfor
  • 389 mg kalium
  • 101 mg natrium
  • 0,6 mg riboflavin
  • 1,2 gram vitamin b12

Semua kandungan dalam susu ini sangat baik untuk beberapa masalah kesehatan sehingga kamu yang alergi susu sapi masih bisa mendapatkan nutrisi terbaik dari susu ini.

Kalori oatmilk

Oatmilk adalah susu dengan kandungan kalori yang cukup untuk asupan harian. Dalam 240 ml susu gandum tanpa pemanis mengandung 120 kalori, karbohidrat, serat yang lebih banyak dari kandungan susu biasa. Jenis susu ini bisa menjadi pilihan selain susu kedelai dan almond.

Selain kalori, dalam susu gandum juga terdapat zat besi, kalsium, vitamin A, D, B12 yang sangat diperlukan oleh tubuh. Apa saja manfaat dan khasiat dari susu gandum?

Manfaat oatmilk untuk kesehatan

Manfaat susu oat ternyata cukup tinggi dan tidak kalah dengan jenis susu seperti almond atau susu kedelai mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh yaitu sebagai berikut:

1. Menurunkan kadar kolesterol

Jenis susu ini mengandung serat larut yang baik untuk kesehatan jantung dan juga mengikat kolesterol dan penyerapan usus. Fungsi susu oat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan risiko penyakit jantung sehingga sangat baik untuk kesehatan.

2. Menjaga kesehatan tulang

Meskipun secara alami oat tidak mengandung vitamin D, namun banyak susu oat yang diperkaya dengan vitamin D dan kalsium sehingga penting untuk kekuatan tulang dan kesehatan. Vitamin D juga dapat membantu penyerapan kalsium sehingga dapat membantu pencernaan dengan maksimal.

3. Sumber vitamin B

Susu gandum mempunyai tinggi vitamin B2 dan B12 yang sangat baik untuk kesehatan. Susu gandum mempunyai manfaat meredakan stres, zat oksidatif, kesehatan rambut, dan kuku serta kaya akan vitamin yang memperkuat imun tubuh.

4. Bebas laktosa

Jenis susu oat merupakan susu yang bebas laktosa dan biasanya protein pada susu ini memicu reaksi alergi pada sebagian besar orang. Orang yang alergi protein susu sapi bisa mengonsumsi susu gandum sehingga bisa menjadi alternatif yang aman untuk vegan selain mengonsumsi susu almond atau kedelai.

Apakah jenis susu ini aman untuk orang yang sedang berdiet?

Oatmilk untuk diet

Gandum merupakan makanan yang memiliki serta yang tinggi sehingga bisa menahan nafsu makan dan mengontrol keinginan makan yang berlebihan. Oatmilk adalah makanan yang baik untuk orang yang sedang berdiet. Namun bagaimana dengan susu gandum?

Kandungan dalam oatmilk kaya akan beta-glucan dimana zat tersebut memang baik untuk menjaga kadar kolesterol. Namun dalam beberapa susu gandum yang dijual mengandung tipe minyak rapeseed yang memiliki kandungan erucic acid cukup tinggi dan memiliki efek pada jantung jika dikonsumsi terlalu banyak.

Meskipun masih membutuhkan penelitian tentang itu, banyak disarankan untuk memilih jenis susu lain jika kamu sedang melakukan diet keto. Susu gandum masih bisa dikonsumsi sebagai alternatif dari susu sapi atau susu jenis lainnya.

Apakah oatmilk aman dikonsumsi rutin

Oatmilk adalah susu yang memiliki banyak manfaat dan jenis susu ini tidak mengandung protein dalam kacang atau laktosa. Orang yang alergi jenis susu sapi bisa mengonsumsi susu gandum sebagai penggantinya. Namun untuk orang yang alergi gluten (protein pada padi-padian atau serealia), susu ini tidak banyak direkomendasikan. Apa sebabnya?

Kamu yang mengalami alergi gluten atau memiliki penyakit celiac bisa mengalami gejala seperti kembung, mual, muntah, diare, atau mengalami gejala lain jika mengonsumsi makanan yang mengandung gluten. Susu ini cukup aman untuk diminum anak-anak namun sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter apabila ingin mengonsumsi secara rutin, ya.

Apa yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi jenis susu gandum?

Hal yang harus diperhatikan sebelum mengonsumsi oatmilk

Oatmilk adalah susu gandum yang mengandung banyak manfaat, namun dibalik manfaatnya, susu ini juga mengandung kelemahan sehingga perlu diperhatikan sebelum kamu mengonsumsi jenis susu gandum ini:

  • Jenis susu olahan mungkin mengandung gula tambahan sehingga perlu diperhatikan apabila ingin membeli atau mengonsumsi, pilihlah dengan jenis tanpa pemanis.
  • Sebagian besar susu gandum tidak memiliki sertifikat bebas gluten sehingga bagi kamu yang alergi gluten dapat menyebabkan gejala seperti masalah pencernaan.
  • Susu gandum tidak mengandung protein lebih banyak dari susu biasa sehingga kemungkinan tidak membuat rasa kenyang lebih lama.
  • Jenis susu gandum umumnya mempunyai harga yang lebih mahal sehingga membutuhkan anggaran yang lebih besar.
  • Susu oat umumnya aman untuk bayi dan anak-anak namun tidak sebagai pengganti asi atau susu sapi.

Oatmilk adalah susu gandum penuh nutrisi namun pastikan jika kamu mengonsumsi jenis susu ini yang tanpa pemanis dan gluten free. Konsumsi dengan bijak dan diskusikan dengan dokter kesehatan jika memiliki efek samping dari konsumsi jenis susu gandum ini, ya.

Share artikel ini
Reference