Pori Pori Wajah Besar
Hidup Sehat Perawatan Tubuh

Mengatasi Pori Pori Wajah Besar dengan Cara ini, Dijamin Ampuh!

Putri Aprillia | Februari 24, 2022
Share

Pori-pori wajah besar terkadang membuat penampilan wajah terasa mengganggu dan ingin segera dihilangkan. Pori wajah memiliki banyak manfaat, namun jika memiliki ukuran yang besar bisa menjadi pertanda masalah wajah yang lainnya.

Bagaimana mengatasi pori wajah besar dan jenis perawatan apa yang bisa kamu lakukan sehingga pori pori dapat mengecil dan tidak membahayakan? Simak yuk!

Kondisi pori pori wajah besar

Pori-pori wajah merupakan lubang di kulit yang memiliki fungsi untuk dapat mengeluarkan minyak alami atau sebum. Pori pori wajah yang melebar ternyata bisa disebabkan karena sumbatan kotoran dan minyak. Produksi sebum yang terlalu banyak juga semakin membuat pori pori membesar.

Lubang besar menyebabkan pori tersumbat oleh sel-sel kulit mati. Meskipun tidak ada risiko yang membahayakan, dengan pori wajah besar semakin lama dapat menyebabkan masalah wajah lain. Yuk, simak penyebab pori wajah membesar dan apa yang bisa kamu lakukan untuk membuat pori besar menghilang.

Penyebab pori pori besar

Meskipun tidak terlalu mengganggu kesehatan, penyebab pelebaran pori pori yang utama adalah sebum yang berlebihan, berkurangnya elastisitas kulit di sekitar pori dan peningkatan folikel rambut. Semua itu bisa disebabkan hal-hal berikut ini:

1. Fluktuasi hormon

Fluktuasi hormonal dapat menyebabkan pori wajah membesar. Ukuran pada pori ini sebenarnya tidak tetap dan bisa berubah mengikuti hormon. Ibu hamil terkadang mengalami pelebaran pori pori karena hormone yang berubah-ubah dan membuat kulit kusam atau masalah jerawat yang lumayan parah.

2. Genetik

Coba perhatikan, apakah di keluargamu ada yang memiliki pori-pori besar? Nah, pori-pori wajah besar ternyata bisa disebabkan karena keturunan atau genetik. Biasanya anak yang memiliki orang tua atau saudara dengan kondisi kulit berminyak akan lebih besar peluangnya memiliki wajah yang juga berminyak serta berpori besar.

3. Pertambahan usia

Pertambahan usia dapat menyebabkan pori semakin membesar. Usia yang semakin menua dapat menyebabkan kemampuan memproduksi elastin dan kolagen menurun sehingga menyebabkan wajah kendur, keriput, dan pelebaran pori-pori pada wajah.

4. Paparan sinar matahari

Sinar uv dapat menyebabkan produksi kolagen menjadi lemah dan membuat kulit menebal sehingga pori pori mudah melebar. Produksi kolagen yang menipis juga membuat elastisitas kulit berkurang.

5. Terlalu sering cuci muka

Membersihkan wajah dengan pencuci wajah memang baik dilakukan untuk mencegah kotoran menumpuk, namun jika terlalu sering dilakukan dapat membuat kulit wajah iritasi dan pori semakin membesar.

Pori-pori wajah besar bisa disebabkan karena kebiasaan di atas yang jarang disadari, namun ternyata lama kelamaan menimbulkan masalah wajah. Ketahui apa yang menjadi bahaya saat kamu memiliki pori wajah yang besar.

Bahaya pori-pori besar

Pori-pori wajah besar bisa menyebabkan masalah kulit lain seperti jerawat, komedo, pori pori tersumbat sehingga menampung lebih banyak kotoran. Pori besar tidak menjadi masalah yang serius namun terkadang membuat kepercayaan diri serta kualitas hidup seseorang menjadi berkurang.

Kamu perlu berkonsultasi ke dokter adalah disaat gejala pori besar semakin lama semakin parah sehingga membutuhkan rekomendasi dokter tentang perawatan wajah terbaik yang bisa kamu lakukan.

Cara mengatasi pori-pori besar

Cara mengatasi pori-pori wajah besar dapat dilakukan dengan beberapa perawatan di bawah ini:

1. Memilih produk skincare terbaik

Memakai skincare wajah yang tepat dapat membantu mengecilkan pori pori wajah. Gunakan produk dengan non comedogenic agar produk tidak menyumbat pori pori. Kamu dapat memakai skincare yang mengandung retinol agar dapat mengatasi masalah wajah ini.

2. Memakai pelembab

Pelembab dapat membantu sebum untuk menembus lapisan kulit paling dalam dan bisa mengecilkan pori dengan penggunaan yang rutin dan teratur. Pastikan memilih pelembab yang cocok dengan jenis kulit untuk hasil yang maksimal.

3. Mencuci wajah sehari dua kali

Cukup mencuci wajah 2 kali sehari saja. Gunakan air hangat, gosok perlahan dan pilih sabun wajah dengan bahan lembut agar dapat mengurangi pori-pori yang besar.

4. Memakai sunscreen

Perangi sinar uv dengan memakai sunscreen yang mengandung SPF minimal 30. Langkah ini dilakukan supaya tidak membuat elastisitas kulit berkurang dan pori pori melebar. Pakailah sunscreen setiap berkegiatan di luar rumah maupun di dalam rumah.

5. Memakai produk eksfoliasi

Produk eksfoliasi dapat membantu pengelupasan dan mengangkat sel kulit mati. Kotoran dan sebum dapat terangkat ketika produk ini rutin diaplikasikan pada wajah. Pastikan kamu memilih produk eksfoliasi untuk kulit berminyak dan pori-pori besar, ya.

6. Memakai clay mask

Penggunaan clay mask atau masker wajah dapat membantu mengecilkan pori-pori. Gunakan 1 hingga 2 kali seminggu untuk hasil wajah yang baik tanpa adanya iritasi kulit. Beberapa masker alami untuk mengecilkan pori-pori wajah seperti madu, lidah buaya, yogurt, dan lemon bisa digunakan secara teratur.

7. Bersihkan make up dengan benar

Produk kosmetik yang tidak dibersihkan dengan benar bisa menyumbat pori dan melebarkannya. Usahakan untuk menghapus dan membersihkan wajah dari make up secepat mungkin.

8. Pola makan

Atur pola makan bergizi dan sehat untuk mengatasi pori wajah yang besar. Konsumsi protein, karbohidrat dan lemak sehat untuk membantu mengecilkan pori dari dalam.

Pori-pori wajah besar bisa disebabkan berbagai faktor baik dari dalam maupun luar. Meskipun tidak berbahaya, namun kepercayaan diri kadang berkurang karena pori wajah yang besar.

Reference
Share