bab berdarah setelah melahirkan

Apakah ibu pernah mengalami BAB berdarah setelah melahirkan? Jika iya, jangan terlalu panik karena hal ini menjadi masalah umum yang dialami para ibu. Kondisi ini juga disebut sebagai pendarahan rektum (bagian bawah usus yang terhubung ke anus) dan dapat diatasi dengan obat.

Ibu mungkin akan terkejut ketika melihat darah di toilet, warna darah pun bisa berbeda-beda seperti merah cerah atau merah gelap. Perbedaan warna tersebut bisa mengindikasi darimana masalah pendarahan itu berasal.

Penyebab bab berdarah setelah melahirkan

cara bab setelah melahirkan dengan jahitan
cara bab setelah melahirkan dengan jahitan

Ada beberapa kemungkinan penyebab perdarahan di dubur pasca melahirkan. Salah satu yang paling umum adalah wasir atau ambeien, dimana pembuluh darah bengkak di dalam dan sekitar rektum. Sekitar 40% wanita mengalami ambeien pada trimester terakhir kehamilan dan beberapa hari pertama setelah melahirkan.

Ibu lebih mungkin mengalami pembengkakan pembuluh darah ini jika mengalami masalah pencernaan selama kehamilan, melahirkan bayi yang beratnya cukup besar, atau terlalu banyak mengejan saat melahirkan.

Sembelit menjadi masalah yang paling umum selama kehamilan dan setelah melahirkan. Mengejan saat buang air besar atau buang air besar yang keras, hal ini menjadi skenario umum saat mengalami konstipasi sehingga dapat membuat pembuluh darah yang bengkak ini berdarah.

Tidak hanya itu, buang air besar yang keras juga dapat menyebabkan retakan pada kulit anus. Kondisi ini disebut fisura anus dan bisa sangat menyakitkan, terutama selama dan setelah buang air besar. Jika sudah seperti ini, tentu tidak bisa disebut sebagai sembelit biasa karena perlu penanganan khusus.

Penyebab lain yang memungkinkan pendarahan saat BAB pasca melahirkan yaitu penyakit radang usus (IBD), alias penyakit Crohn atau kolitis ulserativa. Tanda pertumbuhan polip, non-kanker, pra-kanker, atau kanker di usus juga bisa menjadi penyebabnya, namun kasusnya sangat jarang terjadi.

BAB Berdarah saat Hamil? Yuk Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Ciri-ciri ambeien setelah melahirkan

Masalah wasir terjadi secara internal yang terbentuk di dalam rektum. Tapi juga bisa eksternal, terletak di sekitar lubang anus. Gejala wasir post partum meliputi:

  • Nyeri di daerah anus
  • Gatal di area anus
  • Pendarahan saat buang air besar
  • Benjolan sensitif di dekat anus

5 Ciri Ambeien dan Cara Mengobatinya yang Perlu Kamu Ketahui

Mencegah ambeien setelah melahirkan

bab berdarah saat hamil
bab berdarah saat hamil

Usus mungkin bekerja sedikit lebih lambat pada hari-hari setelah ibu melahirkan, sehingga rawan terjadi sembelit hingga ambeien setelah melahirkan. Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah ambeien selama kehamilan dan setelah melahirkan:

  • Perbanyak minum air putih setiap hari, segelas jus buah setiap hari juga akan membantu seperti jus plum
  • Berolahraga secara teratur. Berjalan, berenang, dan yoga semuanya dapat membantu meringankan sembelit dan membuat tubuh terasa lebih bugar dan sehat.
  • Usahakan untuk pergi ke kamar mandi setiap kali merasa ingin buang air, menundanya hanya akan memperburuk masalah.
  • Tanyakan kepada dokter tentang mengonsumsi suplemen serat yang dijual bebas, pelunak feses, atau pencahar ringan

Menurut Ahli, Ini 10 Buah Pelancar Bab Setelah Melahirkan

Obat ambeien pasca melahirkan

Berapa kasus ambeien pasca melahirkan dapat sembuh sendiri dengan pengobatan alami seperti konsumsi makanan bergizi. Adapun pengobatan yang bisa dilakukan di rumah untuk meredakan nyeri, yaitu:

  • Kompres es batu. Bungkus es dengan kain dan tempelkan selama sekitar 10 menit. Jika kamu melahirkan di rumah sakit atau klinik bersalin, dokter atau bidan mungkin akan memberikan kompres es pasca kelahiran untuk dibawa pulang.
  • Tanyakan tentang obat yang dijual bebas. Salep dan supositoria topikal dapat meredakan nyeri. Hanya gunakan produk yang disetujui oleh penyedia layanan kesehatan. Tanyakan ke dokter berapa lama penggunaan obat tersebut, karena sebagian besar tidak boleh digunakan lebih dari satu minggu.
  • Bersihkan area yang anus dengan lembut dan menyeluruh. Gunakan peri-botol (botol semprot) yang diisi air hangat. 
  • Menggunakan bantalan wasir yang mengandung witch hazel juga banyak  direkomendasikan.
  • Berbaring sebanyak mungkin dan ketegangan di punggung.
  • Ambil Tylenol (acetaminophen) atau Motrin (ibuprofen). Dalam dosis yang dianjurkan, keduanya merupakan obat penghilang rasa sakit yang aman untuk dikonsumsi saat menyusui.
  • Gunakan produk kebersihan tanpa pewangi dan bebas pewarna, termasuk tisu toilet, pembalut menstruasi, dll.
  • Menambahkan serat ke dalam menu makan sehari-hari. Makan banyak buah-buahan, sayur-sayuran, dan makanan berserat lainnya. Serat membantu meningkatkan gerakan usus dan meredakan nyeri ambeien.

BAB berdarah setelah melahirkan biasanya tidak akan berlangsung lama, apalagi jika dibarengi dengan konsumsi serat. Namun jika gejalanya tidak kunjung membaik, sebaiknya segera periksa ke dokter.

Share artikel ini
Reference