Ciri ciri ambeien

Di tahap awal, ciri ciri ambeien biasanya tidak menunjukkan gejala. Beberapa orang mungkin hanya mengalami ketidaknyamanan atau melihat  tetesan darah saat mereka buang air besar. Tapi pada stadium lanjut, perdarahan akan lebih sering terjadi hingga penderita ambeien mengalami anemia. Jika penderitanya mengalami anemia, ia mungkin terlihat pucat, lemah, dan bahkan sesak napas.

Untuk menghindari bahaya yang lebih besar, sebaiknya kamu pahami dulu apa itu ambeien dan apa saja ciri-ciri ambeien yang perlu kamu waspadai.

Definisi ambeien

Ambeien merupakan kondisi di mana pembuluh darah meradang atau bengkak di sekitar anus. Kondisi ini juga  disebut wasir.

Pembengkakan dapat terjadi di  rektum,  saluran yang menghubungkan usus besar dengan anus, atau di sekitar anus. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh ketegangan yang sering dan berkepanjangan saat buang air besar.

Ciri-ciri ambeien yang memerlukan perawatan medis

Ambeien biasanya bisa sembuh secara spontan, tetapi beberapa gejala memerlukan perawatan khusus. Lantas, apa saja ciri-ciri ambeien yang memerlukan perhatian medis?

1. Ambeien keluar dari anus

Pembengkakan pembuluh darah di rektum dapat menyebabkan pembuluh darah yang membengkak keluar dari lubang anus. Biasanya, kondisi  ini membutuhkan pembedahan. Karena pembuluh darah yang menonjol sangat sensitif terhadap gesekan.

2. Nyeri di area bokong, terutama saluran anus

Jika kamu merasakan sakit di saluran anus, ini juga bisa menjadi tanda bahwa kamu memerlukan perawatan medis. Jika tidak segera diobati, rasa sakit yang ditimbulkan bisa menjadi lebih hebat, sehingga kamu akan membutuhkan obat pereda nyeri.

3. Frekuensi BAB berdarah terus meningkat

BAB berdarah adalah suatu kondisi yang dapat terjadi dari waktu ke waktu. Namun, kamu harus berhati-hati jika BAB berdarah menjadi lebih sering terjadi, bahkan menyebabkan nyeri di sekitar anus. Karena itu, segera periksakan dirimu ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

4. Sakit tiap kali BAB

Susah buang air besar merupakan kondisi yang bisa terjadi pada siapa saja. Namun, kamu tidak boleh membiarkan kondisi ini berlangsung lebih lama. Nyeri di anus setiap kali buang air besar dapat mengindikasikan bahwa kamu menderita ambeien yang serius. Jika ini terjadi, kamu memerlukan perawatan khusus dari dokter.

5. Tidak nyaman saat duduk

Jika ambeien yang kamu alami membuatmu sulit untuk duduk atau membuatmu merasa tidak nyaman, itu berarti kamu memerlukan perawatan medis.

Apakah ambeien berbahaya?

Ambeien memang tidak menular. Di tahap awal, kondisi ini juga tidak berbahaya. Hal ini dikarenakan ambeien dapat sembuh dengan sendirinya dan  dapat disembuhkan dengan penggunaan obat ambeien.

Penelitian menunjukkan bahwa pada usia 50 tahun, hampir setengah dari populasi dunia menderita ambeien. Memang, kondisi ini dapat menyerang siapa saja, tetapi lebih sering terjadi pada wanita hamil dan pada seseorang dengan konstipasi (kesulitan buang air besar) atau diare kronis.

Contoh ambeien ringan dan berat    

Ambeien sendiri terbagi menjadi dua jenis jika dilihat berdasarkan lokasi dan gejala yang ditimbulkan. Berikut penjelasannya.

Ambeien dalam (internal hemorrhoid)

Disebut demikian karena pembengkakan terjadi  di dalam anus, tepatnya di rektum. Pada umumnya, ambeien dalam tidak menimbulkan rasa sakit karena  tidak banyak saraf di rektum.

Untuk jenis ambeien ini, pembengkakan mungkin tidak teraba dan tidak terlihat dari luar anus, sehingga jarang menimbulkan keluhan. Bahkan ambeien ini juga bisa sembuh dengan sendirinya. Artinya, ini adalah jenis ambeien ringan. Gejalanya biasanya terlihat dari adanya darah saat BAB dan rasa gatal di sekitar anus.

Ambeien luar (external hemorrhoid)

Pada ambeien jenis ini, lokasi pembengkakan berada di luar rektum atau lebih tepatnya di sekitar lubang anus. Orang dengan ambeien luar mungkin mengeluhkan sejumlah gejala, seperti:

  • Nyeri dan rasa terbakar di sekitar anus
  • Anus gatal
  • Adanya benjolan atau pembengkakan di sekitar anus
  • BAB berdarah

Berdasarkan gejalanya, ambeien luar biasanya lebih menyakitkan dan seringkali membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Itu karena pembuluh darah di bawah kulit di sekitar anus membengkak, di mana ada lebih banyak saraf di daerah ini.

Cara mengobati ambeien secara alami

Meskipun ambeien, terutama ambeien ringan, bisa sembuh dengan sendirinya, pengobatan tetap diperlukan untuk mengurangi ketidaknyamanan dan mencegah ambeien tersebut kambuh. Ada beberapa bahan alami yang dapat kamu gunakan untuk mengobati ambeien, di antaranya:

1. Lidah buaya

Lidah buaya adalah tanaman dengan banyak manfaat  kesehatan dan dianggap sebagai obat alami untuk ambeien. Tanaman ini dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan serta menghilangkan rasa sakit atau gatal pada anus yang disebabkan oleh ambeien.

Kamu bisa menggunakan krim atau gel yang mengandung ekstrak lidah buaya atau  mengoleskan lidah buaya yang dihancurkan langsung ke bagian anus yang bengkak. Lakukan ini 2-3 kali sehari sampai gejala wasir berkurang. Meskipun tidak ada cukup bukti klinis untuk efektivitas lidah buaya dalam mengobati ambeien, bahan ini aman untuk digunakan.

2. Minyak mineral dan esensial

Ada berbagai macam minyak mineral dan minyak esensial yang dapat digunakan sebagai obat alami untuk ambeien. Beberapa contohnya adalah minyak atsiri yang mengandung minyak kelapa, minyak vitamin E, petrolatum, dan chamomile, ekstrak  almond, dan minyak ikan.

Jenis  minyak ini bekerja dengan mengurangi peradangan dan pembengkakan yang disebabkan oleh ambeien. Selain itu, minyak ini juga berperan sebagai pelembab untuk meredakan rasa gatal dan perih akibat peradangan pada kulit di bagian anus.

3. Berendam air hangat

Merendam daerah anus ke dalam air hangat dapat meredakan berbagai ketidaknyamanan, seperti gatal, iritasi, dan nyeri pada anus akibat ambeien. Hal Ini tidak terlalu sulit untuk dilakukan.

Kamu cukup duduk di bak mandi berisi air hangat dan berendam selama 20 menit. Kemudian keringkan anus dengan lembut menggunakan handuk bersih. Lakukan ini  2-3 kali sehari.

4. Kompres es batu

Cara lain yang  efektif untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan akibat ambeien adalah dengan mengompresnya dengan es batu. Hal ini juga sangat mudah diterapkan.

Pertama-tama, bungkus es batu dengan kain bersih, lalu kompres daerah anus yang nyeri selama 15 menit. Dengan cara ini, nyeri ringan karena ambeien dapat tersingkirkan.

Meski obat ambeien alami dianggap aman, tapi hanya sedikit penelitian yang mampu menentukan efek samping dan khasiat penggunaan obat ambeien alami.

Biar Lancar, Santap 10 Makanan untuk Penderita Ambeien Ini

Nah, selain  beberapa pengobatan alami di atas, ambeien juga dapat diatasi dengan penerapan gaya hidup sehat, seperti makan makanan berserat tinggi dan olahraga  teratur. Jika gejala ciri ciri ambeien mulai membuatmu merasa tidak nyaman, segera konsultasi dengan dokter yaa!

Share artikel ini
Reference