jamu setelah melahirkan normal

Jika melalui persalinan normal, tubuh kamu akan membutuhkan perawatan dan pemulihan yang tepat. Banyak orang yang memilih cara tradisional untuk mempercepat pemulihan, yaitu mengonsumsi jamu setelah melahirkan normal. 

Namun, beberapa dari kamu mungkin masih khawatir, apakah minum jamu pasca persalinan normal boleh atau tidak.

Terlebih lagi, kamu mungkin tidak tahu jamu mana yang tepat untuk dikonsumsi. Untuk itu, simak deretan daftarnya di sini, yuk!

Daftar rekomendasi jamu setelah melahirkan normal

rekomendasi jamu setelah melahirkan

Jamu telah lama dikenal memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Secara turun-temurun, jamu telah digunakan selama bertahun-tahun karena kandungan herbalnya yang aman dan bermanfaat. 

Banyak orang mengonsumsi jamu sebagai tradisi untuk memulihkan kondisi tubuh yang tidak sehat. Oleh karena itu, minuman herbal ini sering menjadi pilihan ibu-ibu setelah melahirkan secara normal karena khasiatnya yang terbukti. Lantas, apa saja jamu yang biasa diminum usai melahirkan? Ini daftarnya!

1. Jamu beras kencur

Salah satu rekomendasi jamu yang mungkin bisa membantu pemulihan setelah melahirkan normal adalah jamu beras kencur. Minuman tradisional ini terbuat dari beras, kencur, jahe, dan gula aren. 

Kombinasi manfaat rebusan air beras dan manfaat kencur menawarkan khasiat yang cukup berguna bagi tubuh, terutama bagi ibu yang baru melahirkan.

Misalnya, meredakan perut kembung, membantu melancarkan pencernaan, hingga mengurangi rasa pegal-pegal setelah melahirkan. 

2. Jamu rimpang temu kunci

Jamu lainnya yang bisa dikonsumsi setelah melahirkan adalah jamu rimpang temu kunci. Temu kunci memang dikenal sebagai penyedap masakan. Namun, kamu bisa memanfaatkan bumbu penyedap ini sebagai minuman herbal setelah melahirkan, lho

Jamu yang terbuat dari temu kunci, jahe, dan gula aren ini dipercaya bisa menyegarkan tubuh ibu setelah melahirkan. Bahkan, kandungan bahan-bahan di dalam jamu ini dianggap bisa merangsang produksi ASI dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jamu Macan Kerah, Apakah Bagus Untuk Promil? Ini Faktanya

3. Jamu uyup-uyup

Tahukah kamu bahwa beberapa wilayah di Indonesia ternyata punya istilah jamu yang berbeda-beda. Sebut saja jamu uyup-uyup yang lebih terkenal di Kabupaten Tegal. 

Jamu uyup-uyup merupakan minuman herbal yang terdiri dari kencur, kunyit, lempuyang, temu giring, daun katuk, hingga temulawak. Banyak orang yang percaya bahwa konsumsi jamu ini bisa menghangatkan tubuh usai melahirkan. 

Di samping itu, bahan-bahan alami di dalamnya bisa membantu menutrisi tubuh, meningkatkan nafsu makan, sampai merangsang produk ASI. Ini tentu akan sangat membantu para ibu yang baru saja melahirkan, bukan?

4. Jamu yang mengandung jahe

Seperti yang sudah kamu tahu, jahe menawarkan banyak manfaat bagi tubuh. Hal ini termasuk ketika kamu minum jamu yang mengandung jahe setelah melahirkan normal.

Pasalnya, jahe telah terbukti membantu mengurangi nyeri, meredakan perut kembung, dan bisa menjadi cara alami meningkatkan produksi ASI. 

5. Jamu kunyit asam

Jamu kunyit asam bermanfaat setelah melahirkan normal karena dapat membantu pemulihan pasca persalinan.

Kunyit memiliki sifat antiinflamasi dan mempercepat penyembuhan luka, sementara asam jawa menyeimbangkan hormon dan mengatasi masalah pencernaan. 

Jamu kunyit asam juga mengandung antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas. Namun, penting untuk berkonsultasi dengan tenaga medis atau bidan untuk penggunaan yang aman dan dosis yang tepat

10 Tips Diet Setelah Melahirkan Dan Menu Rekomendasinya

6. Jamu bersalin

Kamu juga bisa menjumpai suplemen jamu bersalin, selain minuman herbal, untuk membantu mempercepat pemulihan persalinan normal.

Suplemen yang tersedia dalam bentuk kapsul ini bisanya direkomendasikan dikonsumsi selama 15 hingga 40 hari setelah melahirkan. 

Umumnya, jamu bersalin ini menawarkan yang cukup beragam. Contohnya, menguatkan otot, membantu mengembalikan ukuran rahim, merangsang produksi ASI, menambah energi, hingga memperlancar proses nifas

7. Jamu galian singset

Tidak hanya jamu uyup-uyup, jamu lainnya yang cukup terkenal di Tegal adalah jamu galian singset. Minum jamu ini setelah melahirkan normal disinyalir bisa mengurangi risiko peradangan karena punya efek anti-radang dan anti-nyeri di dalamnya. 

Selain itu, jenis jamu ini dapat mencegah infeksi akibat luka setelah persalinan. Beberapa orang juga percaya bahwa jamu galian singset bisa membantu merangsang produksi ASI. 

15+ Jamu Penyubur Kandungan yang Aman Dikonsumsi, Intip Yuk Ladies!

Bolehkah minum jamu setelah melahirkan normal?

bolehkah minum jamu setelah melahirkan

Jika ingin minum jamu setelah melahirkan normal, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter atau bidan terlebih dulu. Dengan begitu, mereka bisa memberikan saran yang tepat berdasarkan kondisi kesehatan kamu. 

Ini karena beberapa jenis jamu tidak sesuai dengan semua orang, terutama ketika kamu punya masalah kesehatan tertentu. Hal ini juga berlaku ketika kamu tengah mengonsumsi obat-obatan tertentu yang bisa terganggu efektivitasnya jika minum jamu. 

Selalu pastikan untuk mengikuti dosis yang dianjurkan dan perhatikan reaksi tubuh kamu setelah mengonsumsi jamu.


Penulis: Nabila Azmi

Share artikel ini
Reference