bentuk perut setelah melahirkan

Salah satu tanda seorang ibu melahirkan yang paling terlihat adalah perutnya. Bukan tanpa alasan, perut sang ibu akan terus membesar dari minggu ke minggunya. 

Sebab, selama proses kehamilan, rahim, ligamen, kulit, dan otot di sekitar perut akan meregang secara signifikan.

Bentuk perut yang membesar ini biasanya akan berlangsung terus bahkan setelah kamu melahirkan.

Oleh sebab itu, bentuk perut sang ibu setelah melahirkan cukup berbeda dengan sebelum melahirkan.

Kira-kira, apakah kondisi perutnya bisa mengencang lagi? Tak perlu khawatir, mari kita bahas bentuk hingga cara mengencangkannya berikut ini.

Lantas, bagaimana bentuk perut setelah melahirkan?

Seperti kebanyakan wanita, perut kamu mungkin akan memiliki garis-garis berupa stretch mark. Bahkan, kamu bisa memiliki lemak ekstra jika pola makannya kurang baik. 

Biasanya, beberapa wanita juga akan mengalami kondisi diastasis recti atau perut yang terus membuncit walaupun setelah melahirkan.

Kondisi ini tidak bisa mengempis dalam sekejap karena membutuhkan proses panjang.

14 Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan, Mudah dan Bisa Dilakukan di Rumah!

Perubahan perut setelah melahirkan dari minggu ke minggu

Meskipun perut buncit tidak bisa mengendur dalam sekejap, kamu tidak perlu khawatir. Setiap minggunya, kamu akan mengalami perubahan bentuk perut.

Namun, untuk gambaran lebih lanjutnya, ini dia gambaran bentuk perut setelah melahirkan.

  • Setelah melahirkan

Sebagian besar wanita hamil bisa kehilangan hingga 12 kilogram setelah melahirkan. Jumlah pasti penurunan berat badannya tergantung pada ukuran bayi, berat cairan ketuban, dan plasenta. 

  • 6 minggu setelah melahirkan

Perut akan mengecil secara bertahap saat rahim menyusut kembali ke ukuran biasanya dan kelebihan cairan akan dikeluarkan dari tubuh.

Kemudian, otot perut akan terentang dan kulit kendurnya akan mulai kencang. 

Jika kamu menjalani operasi caesar, perlu waktu dua minggu lagi agar bekas luka dapat  sembuh.

  • 6-8 minggu setelah persalinan

Di masa ini, rahim akan kembali ke posisi normalnya di panggul setelah bergeser selama kehamilan. Kemudian, berat badanmu akan menurun, tetapi belum mencapai berat badan normal ketika sebelum hamil. 

Kulit perut kendur setelah melahirkan

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi kalau kulit kendur di sekitar perut setelah melahirkan merupakan keluhan umum ibu baru.

Selama kehamilan, kulit wanita secara bertahap akan meregang untuk mengakomodasi pertumbuhan janinnya. 

Setelah melahirkan, dibutuhkan waktu beberapa minggu atau bahkan bulan agar kulit di sekitar perut kembali ke bentuk semula.

Bahkan, tidak menutup kemungkinan bahwa kulit di perutnya akan kehilangan elastisitas.

Kalau kamu pernah menjalani operasi caesar, dokter akan menyarankan kamu untuk memakai korset perut untuk menopang kulit yang kendur dan meminimalkan rasa sakit di sekitar sayatan.

Tapi, tenang saja, hanya karena perutmu akan membuncit dan kulitnya mengendur, bukan berarti hal tersebut tidak bisa kamu tangani.

Masalah ini bisa kamu atasi tepat setelah melahirkan dengan mencoba berbagai cara untuk mengencangkan perut.

Tips mengencangkan perut setelah melahirkan

Lantas, bagaimana cara mengencangkan perut setelah melahirkan? Kami sudah merangkum beberapa langkah mudah yang dapat kamu terapkan berikut ini.

  • Olahraga rutin

Cobalah untuk mulai rutin berolahraga kardio. Bukan tanpa alasan, kegiatan satu ini dapat membantu membakar lemak dan mengencangkan otot. 

Agar tidak kewalahan, kamu dapat perlaha mencoba jalan cepat, berenang, joging, atau bersepeda. Jadi, usahakan untuk mulai dengan perlahan dan lanjutkan ke aktivitas yang lebih intens.

  • Konsumsi makanan yang mengandung protein

Mengonsumsi protein dan lemak sehat dapat membantu kamu membangun otot karena protein mengandung kolagen. 

Sebenarnya, kebutuhan protein individu dapat bervariasi berdasarkan seberapa banyak olahraga yang kamu lakukan, tinggi, dan berat badan. 

  • Latihan kekuatan

Selain rutin olahraga, tambahkan juga latihan kekuatan untuk membentuk dan mengencangkan otot. Sebab, membangun kekencangan otot memiliki efek positif pada kulit yang kendur.

Kamu dapat mengikuti kelas pilates dan yoga untuk meningkatkan tonus otot dan membantu mengencangkannya. 

Namun, perlu diingat bahwa kalau kamu mengikuti kelas, beri tahu instruktur bahwa kamu baru saja melahirkan. Mungkin, akan ada gerakan tertentu yang perlu kamu hindari.

  • Maksimalkan minum air mineral

Selain makanan, kamu juga harus memaksimalkan konsumsi air mineral jika ingin mengencangkan perut setelah melahirkan. 

Sebab, air membantu menghidrasi kulit dan membuatnya menjadi lebih elastis. Air juga dapat membakar lemak lebih mudah dan mengurangi retensi air di perut.

  • Pijat dengan minyak aromaterapi

Selain nyaman, kebiasaan pijat dengan minyak aromaterapi juga perlu kamu terapkan sebagai tips mengencangkan perut setelah melahirkan. 

Sebab, beberapa minyak nabati memiliki kandungan antioksidan dan anti-inflamasinya, seperti minyak almond yang membantu mengatasi stretch mark.

Jadi, kamu tak perlu khawatir kalau memiliki perut yang buncit dan kendur setelah melahirkan. Bila ya, kamu dapat melakukan berbagai cara di atas untuk mengembalikan perut seperti sedia kala lagi.

Share artikel ini
Reference