gejala bab berdarah

Gejala BAB berdarah menjadi pertanda adanya pendarahan di saluran pencernaan, baik itu lambung, anus, rektum, atau usus besar bagian bawah. Saat buang air besar berdarah, kamu biasanya akan merasakan panas atau perih di anus. Mungkin kamu sendiri pernah mengalaminya? 

Faktor makanan juga bisa menjadi penyebab pendarahan, biasanya makanan terlalu pedas juga bisa membuat saluran pencernaan terluka. Meski terkesan menyakitkan, gejala ini tidak selalu menandakan adanya penyakit yang serius. Kamu masih bisa mengatasinya dengan pengobatan yang sederhana.

Definisi BAB berdarah

BAB berdarah adalah gejala dari kondisi seperti wasir, fisura anus, penyakit radang usus, bisul dan kanker kolorektal. Kamu mungkin mulai menyadari adanya pendarahan saat melihat ke dalam kloset. Terkadang pendarahan terjadi tanpa gejala awal seperti sakit perut atau kembung.

Darah dengan warna apapun baik itu merah cerah atau gelap, merupakan kondisi yang tidak normal. Kamu bisa mengindikasi dari organ sistem pencernaan mana darah berasal, dengan melihat warna darahnya. 

  • Darah merah cerah biasanya berarti pendarahan yang rendah di usus besar atau rektum.
  • Darah merah tua atau merah marun bisa berarti kamu mengalami pendarahan yang lebih tinggi di usus besar atau di usus kecil.
  • Melena (tinja berwarna gelap dan seperti tar) sering menunjukkan pendarahan di perut, seperti pendarahan dari bisul.

Terkadang, pendarahan saat BAB tidak terlihat dengan mata telanjang dan hanya bisa dilihat melalui mikroskop. Jenis perdarahan ini biasanya ditemukan selama tes laboratorium dengan sampel feses.

Gejala BAB berdarah

Gejala BAB berdarah dapat bervariasi tergantung pada apa yang menyebabkan pendarahan. Sebagian besar penyebab pendarahan dapat diobati dengan sederhana dan bukan penyakit serius. Namun beberapa kasus dengan gejala BAB berdarah bisa menjadi gejala penyakit serius, seperti kanker kolorektal. 

Karena mungkin sulit untuk mengetahui penyebab pendarahan di rumah, kamu harus melakukan tes kesehatan di rumah sakit untuk mengetahui penyakit yang sebenarnya.

Beberapa gejala yang mungkin kamu alami saat mengalami BAB berdarah:

  • Merasakan nyeri dan/atau tekanan pada dubur.
  • Melihat darah merah terang di dalam atau di bangku, pakaian dalam, kertas toilet, atau di toilet.
  • Feses yang berwarna merah, merah gelap, atau hitam.
  • Tekstur atau penampilan feses seperti tar.
  • Merasa pusing atau pusing.
  • Terkadang disertai sakit perut.
  • Merasa lemas dan tidak bertenaga.

Penyebab dan faktor risiko BAB berdarah

Ada beberapa penyakit yang membuat kamu mengalami pendarahan saat BAB. Penyebabnya dapat bervariasi, mulai dari kondisi umum dan ringan hingga kondisi yang lebih parah dan memerlukan perawatan medis segera.

Penyebab BAB berdarah meliputi:

  • Wasir

Penyebab paling umum dari gejala BAB berdarah yaitu wasir. Kondisi ini ditandai dengan pembengkakan pembuluh darah di rektum (wasir internal) atau anus (wasir eksternal). Kamu bisa terkena wasir karena berbagai alasan, seperti sembelit kronis, mengejan saat buang air besar, kehamilan, mengangkat benda berat, melakukan hubungan seks anal, dan obesitas. 

  • Fisura anus

Kadang-kadang disalah artikan sebagai wasir, fisura anus adalah robekan pada kulit di sekitar anus. Ini terjadi ketika feses sangat keras dan sulit dikeluarkan, tekanan ekstra dari gerakan usus menyebabkan kulit robek. Fisura anus dapat menyebabkan BAB berdarah, serta merasa terbakar saat buang air besar. Fisura anus biasanya hilang dengan sendirinya seiring waktu.

  • Abses atau fistula anus

Sebenarnya ada kelenjar kecil di dalam anus yang berperan membantu kamu saat buang air besar. Kelenjar ini dapat terinfeksi dan menyebabkan abses atau fistula. Ketika kelenjar di dalam anus terinfeksi dan bernanah terjadinya penyumbatan, kondisi ini adalah abses. 

  • Diverticulosis / Diverticulitis

Kondisi ini terjadi ketika kantong kecil (diverticuli) berkembang di bagian usus yang melemah. Divertikula ini dapat menonjol melalui dinding usus, menyebabkan perdarahan dan infeksi. Ketika kantong ini terinfeksi, mereka dapat menyebabkan gejala seperti sakit perut, demam, dan perubahan kebiasaan buang air besar secara tiba-tiba.

  • Penyakit radang usus (IBD)

Penyakit radang usus (IBD) adalah pembengkakan usus kecil atau besar. Ada dua jenis IBD – penyakit crohn dan kolitis. Penyakit Crohn adalah suatu kondisi di mana kamu mengalami bercak-bercak pembengkakan di saluran pencernaan. 

Sedangkan kolitis, terjadinya pembengkakan pada usus besar. Orang dengan IBD mungkin mengalami demam, diare, sakit perut, kram, penyumbatan usus, dan pendarahan saat BAB.

  • Bisul

Ketika jumlah cairan pencernaan di usus tidak seimbang, maka dapat merusak lapisan saluran pencernaan dan menyebabkan bisul. Kondisi ini bisa menyebabkan pendarahan, feses juga akan berwarna hitam yang terkadang terlihat seperti tar.

  • Polip besar

Polip dapat terlihat seperti jamur yang tumbuh dari sisi usus. Polip yang berukuran besar bisa berdarah sehingga menyebabkan kamu mengalami pendarahan dubur. Dalam beberapa kasus, polip dapat berubah menjadi kanker jika tidak ditangani segera. Penting untuk memeriksakan pendarahan dubur terkait polip karena itu bisa menjadi tanda kanker kolorektal.

Gejala BAB berdarah biasanya dapat sembuh dengan sendirinya, kondisi ini hanya akan terjadi 1-2 kali saja. Namun jika darah tidak kunjung berhenti setiap kali BAB, kamu harus segera hubungi dokter karena mungkin pendarahan di sistem pencernaan terjadi cukup serius.

Share artikel ini
Reference