perut gatal setelah melahirkan penyebab dan cara mengatasi

Perubahan hormonal yang terjadi setelah melahirkan menjadi salah satu pemicu Moms mengalami sejumlah masalah kesehatan, termasuk perut gatal. Perut gatal setelah melahirkan merupakan bagian dari hives postpartum

Hives postpartum adalah ruam kulit yang gatal dan memerah yang biasanya terjadi di lengan, punggung, kaki, bahkan perut. Selain perubahan hormon, psikologis dan sistem kekebalan yang terjadi dalam tubuh akibat kehamilan dan persalinan dapat menjadi faktor penyebab perut gatal setelah melahirkan.

Perut gatal memang akan menimbulkan rasa tidak nyaman ya, Moms? Oleh karena itu, Moms perlu mengetahui perawatan yang tepat untuk mengatasi masalah ini beserta dengan beragam penyebabnya. 

Gejala gatal pasca melahirkan

Beberapa orang mengalami ruam alergi yang terlihat seperti gatal-gatal pada akhir kehamilan atau segera setelah kelahiran si kecil. Jika Moms mengalami gatal setelah melahirkan, biasanya akan merasakan tanda dan gejala berikut: 

  1. Ruam kulit pada wajah, perut, leher, dada, perut, lengan, atau kaki (hampir di mana saja di seluruh bagian tubuh)
  2. Benjolan datar besar atau bercak pada kulit
  3. Benjolan kulit yang berwarna merah muda atau merah
  4. Benjolan kulit yang memucat atau memutih saat Moms menekannya
  5. Tekstur kulit kasar yang terlihat seperti eksem

Penyebab perut gatal setelah melahirkan

Perubahan hormon dan stres bisa menjadi penyebab umum gatal setelah kehamilan, termasuk gatal pada area perut. Penyebab perut gatal setelah melahirkan bisa karena perubahan sel sistem kekebalan tubuh akibat efek prolaktin, hormon yang diproduksi selama menyusui.

Selain itu, ada beberapa penyebab gatal setelah melahirkan yang perlu Moms ketahui:

1. Alergi

Penyebab umum perut gatal, yaitu sebagai reaksi alergi. Jika Moms tidak pernah memiliki alergi atau hanya memiliki riwayat alergi yang sangat ringan sebelumnya, Moms harus tahu bahwa kehamilan dapat memperburuk kondisi. 

Tak hanya itu, perubahan pola makan selama kehamilan dan setelahnya juga dapat mengubah kesehatan usus dan terkadang kondisi ini dapat memicu overdrive dalam sistem kekebalan tubuh sehingga menyebabkan alergi.

Fakta lainnya, Moms mungkin tidak hanya mengalami perut gatal setelah melahirkan melainkan beberapa area tubuh lainnya juga mengalami gatal-gatal. Itu karena tubuh lebih sensitif saat beradaptasi dengan perubahan setelah hamil.

2. Infeksi

Infeksi dari kuman, seperti bakteri dan virus dapat merusak sistem kekebalan untuk sementara. Kondisi ini dapat menyebabkan gatal setelah melahirkan disertai dengan gejala alergi lainnya.

3. Penyebab lainnya

Penyebab lain dari gatal setelah melahirkan meliputi aspek fisik, mental, dan emosional yang mungkin membuat sistem kekebalan tubuhmu terganggu. Memang hal ini tidak bisa dipungkiri karena Moms yang baru melahirkan mengalami banyak perubahan dalam hidupnya sehingga mengganggu segala aspek kehidupan.

Berikut beberapa penyebab lain dari perut gatal setelah melahirkan yang dikaitkan dengan aspek fisik, mental dan emosional:

  • Tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup
  • Merasa cemas atau tertekan
  • Merasa stres
  • Mengalami serangan panik
  • Mengenakan pakaian ketat

Meski perut gatal merupakan hal yang normal, namun kabar baiknya, kondisi ini tidak menular sehingga si kecil pun aman dari ancaman gatal-gatal yang dialami oleh Moms. 

Kenali Bagian Jahitan Setelah Melahirkan Untuk Dirawat

Cara mencegah perut gatal setelah melahirkan

penyebab perut gatal setelah melahirkan dan cara mengatasinya

Tentu sebagai wanita, Moms tidak ingin mengalami berbagai masalah kesehatan setelah melahirkan, termasuk gatal-gatal. Nah, agar nyaman, kamu bisa mengikuti beberapa cara mencegah perut gatal setelah melahirkan berikut ini:

  1. Hindari menggunakan pakaian ketat
  2. Istirahat yang cukup untuk menghindari stres dan kecemasan
  3. Hindari penggunaan sabun, losion, dan detergen yang keras 
  4. Pastikan tubuh terhidrasi selama dan setelah melahirkan
  5. Tempatkan pelembap atau kompres dingin untuk menenangkan daerah kulit yang terkena ancaman gatal
  6. Oleskan losion tabir surya sebelum keluar di bawah sinar matahari 

15 Perlengkapan Ibu Setelah Melahirkan yang Perlu Disiapkan

Cara mengatasi gatal setelah melahirkan

Dalam kebanyakan kasus, tidak memerlukan perawatan khusus untuk mengatasi gatal-gatal. Namun, kamu bisa melakukan beberapa tindakan untuk meredakan gatal, nyeri, atau sensasi terbakar.

Biasanya dokter akan meresepkan obat tertentu untuk mengendalikan gejala pada kasus yang serius. Perawatan mungkin termasuk:

  • Krim steroid kulit 
  • Antihistamin 
  • Losion atau krim antigatal
  • Obat steroid (seperti prednisolon dalam kasus pembengkakan dan gatal yang parah)
  • Epinefrin 
  • Suntikan alergi

Jadi, apabila kamu mengalami gejala perut gatal yang cukup parah setelah melahirkan, sebaiknya jangan abaikan dan segera lakukan pemeriksaan ke dokter ya, Yoonies!


Penulis: Silvia Wardatul

Share artikel ini
Reference