benjolan di payudara saat menyusui

Banyak dari ibu yang khawatir ketika menemukan adanya benjolan di payudara saat menyusui. Benjolan yang muncul pada tubuh memang perlu diwaspadai, termasuk pada payudara. Lalu, langkah apa yang perlu dilakukan jika muncul benjolan pada payudara terutama bagi para ibu menyusui?

Yuk, simak penjelasan lengkap tentang penyebab benjolan di payudara saat menyusui. Cari tahu juga cara mengatasi di artikel ini! Penasaran?

Penyebab benjolan di payudara saat menyusui

Benjolan di payudara saat menyusui yang ibu menyusui alami biasanya memicu rasa sakit ketika menyusui si bayi. Banyak yang sering mengira bahwa benjolan tersebut kemungkinan pertanda adanya kanker payudara.

Benjolan ada yang tergolong serius dan tidak tergantung jenisnya. Ada banyak jenis benjolan yang bisa terjadi selama menyusui. Saluran susu yang tersumbat, payudara yang membesar, dan mastitis adalah beberapa kemungkinan yang menyebabkan munculnya benjolan.

Meskipun sebagian besar benjolan payudara tidaklah serius, namun dalam beberapa kasus, ada benjolan yang juga memerlukan perhatian medis. Berikut ini beberapa penyebab benjolan di payudara saat menyusui:

1. Saluran susu yang tersumbat

Salah satu penyebab benjolan di payudara saat menyusui adalah saluran susu yang tersumbat. Benjolan yang terjadi akibat penyumbatan ini sering muncul secara tiba-tiba dalam bentuk kecil, keras, dan lunak. Kondisi ini juga biasanya diikuti dengan pembengkakan, kemerahan, dan rasa nyeri.

2. Mastitis

Penyebab lainnya yaitu penyakit mastitis. Mastitis adalah penyakit yang muncul karena adanya infeksi pada payudara. Bakteri yang masuk melalui puting yang luka atau lecet dapat menyebabkan infeksi. Kondisi ini biasanya disertai dengan rasa dan rasa hangat serta kemerahan pada payudara.

3. Kista

Kista juga menjadi salah satu penyebab benjolan di payudara saat menyusui. Benjolan yang disebabkan oleh kista muncul dalam bentuk bulat atau oval berisi cairan.

Cairan kista yang muncul di jaringan payudara pada ibu menyusui merupakan cairan susu yang berasal dari saluran susu yang tersumbat. Penyakit ini disebut dengan galaktokel.

Kenali Kista Payudara dari Gejala, Penyebab dan Pengobatan

4. Payudara fibrokistik

Jaringan payudara yang padat dikenal dengan nama payudara fibrokistik. Ini merupakan jaringan payudara yang dapat muncul sebagai benjolan lunak atau keras berukuran kecil di payudara.

Jika seorang wanita mempunyai jaringan payudara yang padat ini, biasanya rasa nyeri akan muncul sebelum menstruasi tiba.

5. Lipoma

Penyebab lainnya yaitu adanya lipoma. Lipoma adalah benjolan nonkanker yang tumbuh perlahan di bawah kulit. Benjolan ini lunak, mudah digerakkan dan tidak menimbulkan rasa sakit. Lipoma dapat muncul di jaringan payudara dan di bagian tubuh lainnya termasuk leher, bahu, lengan, dan paha.

6. Hematoma

Salah satu kemungkinan penyebabnya adalah hematoma. Hematoma adalah gumpalan darah yang berada di bawah kulit, tepatnya di area luar pembuluh darah. Gumpalan ini merupakan hasil dari pendarahan yang disebabkan oleh trauma atau operasi payudara.

7. Tumor

Benjolan di payudara saat menyusui juga bisa disebabkan oleh tumor. Menurut para ahli medis, jenis tumor yang paling umum ditemukan pada ibu menyusui adalah adenoma menyusui.

Tumor jinak ini terasa seperti benjolan padat di bawah kulit dan mudah digerakkan. Adenoma menyusui umumnya disebabkan oleh perubahan hormonal pada kehamilan dan laktasi.

Ternyata Ini 7 Penyebab Pembengkakan Payudara

Cara mengatasi benjolan di payudara saat menyusui

cara mengatasi benjolan di payudara saat menyusui

Kamu sudah mengetahui beberapa penyebabnya, sekarang saatnya mencari tahu cara mengatasi benjolan di payudara saat menyusui. Kamu bisa mengatasi sendiri di rumah atau meminta bantuan dokter. Berikut cara yang bisa kamu lakukan:

  • Jika kamu menduga benjolan disebabkan oleh saluran susu yang tersumbat, maka disarankan untuk melanjutkan menyusui. Jika dirasa menyakitkan, coba ganti posisi untuk proses menyusui yang lebih baik.
  • Kompres hangat dan basah ke payudara yang ada benjolannya.
  • Mandi air hangat atau mandi air panas beberapa kali sehari.
  • Pijat payudara dengan lembut untuk membantu melepaskan sumbatan sebelum dan di antara waktu menyusui.
  • Kompres es ke payudara setelah menyusui.
  • Kenakan pakaian longgar dan nyaman untuk menghindari iritasi.

Kamu juga bisa mengunjungi dokter jika benjolan tidak hilang dengan sendirinya setelah mencoba mengatasinya sendiri di rumah. Segera berkonsultasi dengan dokter jika ada beberapa kondisi berikut:

  1. Area sekitar benjolan berwarna merah dan membesar
  2. Mengalami demam tinggi atau gejala seperti flu
  3. Merasa kesakitan atau sangat tidak nyaman

Payudara Besar Sebelah, Apakah Wajar? Yuk Ketahui Penyebabnya Segera!

Itulah penjelasan lengkap tentang penyebab benjolan di payudara saat menyusui dan beberapa cara mudah untuk mengatasinya yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah. Jika rasa sakit atau nyeri pada benjolan dirasa sudah mengganggu aktivitas menyusui, kamu harus segera berkonsultasi dengan dokter, ya!


Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference