makanan yang mengandung kalori

Makanan yang mengandung kalori menjadi konsumsi pokok setiap hari, karena kalori memberikan energi yang membuat tubuh mampu melakukan aktivitas sehari-hari. Makanan berkalori tinggi banyak dihindari orang karena dapat membuat berat badan tubuh mudah naik. 

Namun jika kamu berniat meningkatkan berat badan, konsumsi makanan berkalori tinggi menjadi pilihan yang tepat. Meski butuh kalori tinggi, kamu tetap harus memperhatikan asupan nutrisi lainnya agar gizi tetap seimbang.

Makanan yang mengandung kalori tinggi untuk menambah berat badan

Makanan mengandung kalori tinggi

Menambah berat badan sama sulitnya dengan menurunkannya. Menambahkan beberapa makanan berkalori tinggi dapat membantu kamu menaikkan berat badan, juga membangun massa otot dengan bantuan latihan beban. Berikut adalah beberapa rekomendasi makanan yang bisa kamu pertimbangkan:

1. Selai kacang

Selai kacang adalah pilihan tepat untuk menambah berat badan. Dua sendok makan selai kacang mengandung 191 kalori, 7 g protein, 16 g lemak, dan 7 g karbohidrat. Kacang kaya akan protein dan mengandung semua 20 asam amino yang memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membangun stamina.

2. Daging merah

Daging merah seperti daging sapi dan domba, merupakan sumber protein dan kalori yang baik. Mereka juga merupakan salah satu sumber creatine makanan terbaik, yang merupakan salah satu suplemen pembentuk otot terbaik. Pilihlah potongan daging yang lebih berlemak dan berkalori.

3. Kentang dan pati lainnya

Menambahkan kentang ke hidangan apapun adalah cara yang hemat biaya untuk menambahkan lebih banyak kalori ke dalam makanan. Kentang dan sayuran bertepung lainnya kaya akan karbohidrat.

Studi menunjukkan bahwa asupan makanan kaya karbohidrat bersama dengan suplemen protein membantu membangun massa otot. 

4. Produk pasta dan gandum

Pasta gandum utuh juga dapat membantu kamu menambah berat badan. Buat pasta kaya protein yang lezat menggunakan potongan ayam/jamur/kedelai. Tambahkan beberapa saus merah atau putih, masukkan beberapa sayuran dan rempah-rempah Italia, menu ini efektif untuk berat badan kamu!

5. Alpukat

Alpukat adalah sumber energi yang kaya, sehingga ini membantu kamu menambah berat badan bila dikombinasikan dengan makanan yang tepat. 100 g alpukat mengandung 160 kalori energi dan 15 g lemak. Buat menu smoothie alpukat atau irisan alpukat di atas roti gandum untuk sarapan. 

Catat, Ini Jumlah Kalori Alpukat untuk Kamu yang Diet

6. Paha ayam dengan kulit

Kalori tinggi dari makanan untuk menambah berat badan, cobalah paha ayam daripada dada. Paha ayam kaya akan protein, vitamin, dan mineral. Kulit ayam juga secara alami kaya akan kolagen yang bermanfaat untuk kulit, rambut, dan kuku.

7. Buah kering 

Buah-buahan kering seperti kismis mengandung banyak kalori, karbohidrat, dan lemak sehat. Konsumsilah segenggam buah kering sebagai camilan sebelum atau sesudah berolahraga atau tambahkan ke smoothie dan menu sarapan.

8. Pisang

kalori pisang kecil

Pisang adalah alternatif sehat dari makanan yang mengandung kalori tinggi tapi menyehatkan. Buah ini sarat dengan serat makanan, kalium, protein, vitamin A, vitamin C, folat, dan lemak sehat. Satu buah pisang ukuran sedang (118 g) menyediakan 105 kalori energi dan 27 g karbohidrat.

9. Salmon

Salmon dan ikan berminyak lainnya adalah sumber protein yang baik, yang membantu meningkatkan massa otot dan membantu penambahan berat badan.

10. Keju

Keju adalah produk susu kaya kalori yang menjadi makanan pokok di seluruh dunia dalam berbagai bentuk. Salah satu macamnya adalah keju cheddar yang sarat dengan protein dan kalsium.

11. Susu

Susu penyubur kandungan

Sudah jadi pengetahuan umum bahwa, susu baik untuk menambah berat badan dan membangun otot. Ini adalah sumber protein, karbohidrat, kalsium, kalori, lemak, vitamin dan mineral yang baik. Penelitian telah menunjukkan bahwa, anak-anak yang minum susu paling banyak akan bertambah berat badannya. Mereka juga memiliki kelebihan energi setelah dikonsumsi.

12. Mangga

Mangga tidak hanya enak dan manis tetapi juga tinggi kalori dan dikemas dengan serat makanan, gula buah, vitamin, dan mineral. Buah ini memiliki sifat antikanker, anti-inflamasi, dan antioksidan dan dapat ditambahkan ke smoothie, mangkuk sarapan, dan protein shake untuk menambah berat badan.

13. Kacang

Kacang-kacangan padat kalori, dan oleh karena itu, hanya beberapa genggam per hari dapat memberi kamu ratusan kalori dan membantu Anda menambah berat badan dengan sehat. Namun, mereka juga mengandung protein, vitamin, mineral, serat, dan lemak sehat dalam jumlah yang baik.

Selain Enak, Rupanya Manfaat Kacang Almond Untuk Kesehatan Juga Banyak

14. Lentil

Ini sangat bermanfaat jika kamu seorang vegan atau vegetarian. Selain membantu kamu membangun massa otot tanpa lemak, kacang polong juga membantu mengontrol tekanan darah dan kadar kolesterol.

15. Hummus

Hummus dibuat dengan buncis rebus, yang padat protein dan tinggi kandungan lemak. 100 g hummus mengandung 237 kkal energi bersama dengan 8 g protein dan 18 g lemak. Hummus dapat diambil sebagai camilan berkalori tinggi untuk menambah berat badan

Makanan yang bikin cepat gemuk dalam seminggu

makanan yang bikin gemuk

Metode penambahan berat badan yang cepat mungkin sulit dipertahankan. Karena proses menaikkan berat badan idealnya dilakukan secara perlahan. Jika kamu ingin melakukannya dengan cepat dalam seminggu, lebih baik konsultasi dulu bersama dokter. 

Ada beberapa makanan yang bisa kamu pilih untuk bikin gemuk, seperti:

1. Nasi

Nasi mengandung karbohidrat yang tinggi, porsi 100 gram juga mengandung 357 kalori. Selain itu, nasi putih memiliki kandungan protein yang lebih rendah, tetapi kamu bisa menyajikannya dengan makanan lain, seperti daging dan kacang-kacangan, untuk mendapatkan nutrisi protein.

2. Roti gandum utuh

Roti gandum utuh mengandung karbohidrat kompleks dan lebih tinggi protein daripada roti putih. Kamu dapat meningkatkan nilai kalori roti dengan menambahkan makanan kaya protein, seperti selai kacang atau alpukat. Mereka juga dapat menyiapkan sandwich yang mengandung bahan-bahan padat nutrisi.

3. Sereal gandum utuh

Sereal gandum utuh termasuk makanan seperti oat, gandum, barley, dan nasi. Kamu dapat membeli biji-bijian ini satu per satu dan mencampurnya untuk disajikan dengan susu atau yogurt. Atau, kamu juga dapat membeli sereal atau sereal batangan yang sudah dicampur.

Berapa Kalori Boba? Apakah Bisa Membuat Tubuh Gemuk?

4. Coklat hitam

Cokelat berasal dari biji kakao yang kaya akan karbohidrat. Dibandingkan dengan coklat susu, cokelat hitam biasanya mengandung lebih sedikit gula dan kandungan kakao yang lebih tinggi. Ini berarti bahwa ia memiliki lebih banyak antioksidan dari biji kakao.

Makanan tersebut adalah sumber karbohidrat yang kaya, kamu harus menambahkan makanan bernutrisi lainnya untuk tetap menjaga keseimbangan gizi. Meskipun sedang menjalani program penambahan berat badan, kamu harus tetap menjaga porsi makan dalam batas wajar.

Share artikel ini
Reference