manfaat kacang almond untuk kesehatan

Kacang almond menyimpan segudang manfaat. Dengannya kamu dapat menjaga berat badan ideal. Penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi almond dalam jumlah cukup dan teratur dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung, kanker, alzheimer, dan lainnya.

Bolehkah makan kacang almond setiap hari?

Dengan manfaat tersebut, apakah almond aman dikonsumsi setiap hari? Jawabannya adalah aman selama kamu mengonsumsinya dalam jumlah wajar dan dengan cara yang tepat. Ini juga berlaku untuk semua makanan yang kamu konsumsi.

Konsumsi berlebihan jenis makanan apa pun, bahkan kacang-kacangan yang sehat, akan menggagalkan usahamu dalam menjaga kesehatan dan penurunan berat badan. Jadi berhati-hatilah terutama pada makanan yang dipanggang dengan tepung almond, karena lebih berkalori daripada makanan biasa. Yang artinya, terlalu banyak lemak dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Manfaat kacang almond untuk kesehatan

Inilah alasannya, dan untuk tips makan sehat lainnya, pastikan untuk melihat daftar 7 Makanan Tersehat untuk Dikonsumsi Saat Ini.

1. Meningkatkan suasana hati

Komponen dalam almond yang berfungsi untuk meningkatkan mood disebut triptophan, asam amino. Ketika dipasangkan dengan Vitamin B6 — mulai dari pisang hingga gandum — triptofan diubah menjadi serotonin di dalam tubuh.

Oleh karena itu, serotonin-lah yang bekerja sebagai penguat suasana hati instan, membuatmu merasa lebih bahagia dan tidak terlalu cemas. Taburkan segenggam almond di mangkuk oatmeal atau semangkuk irisan pisang untuk camilan sederhana.

2. Menurunkan risiko penyakit

Satu porsi almond mengandung 48% dari kebutuhan harian Vitamin E kamu. Ini menjadikan almond salah satu makanan tertinggi vitamin E di dunia. Satu studi menunjukkan dampak langsung dari konsumsi Vitamin E dalam menurunkan kemungkinan diagnosis penyakit Alzheimer. Sementara itu, mengonsumsi vitamin E dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan kanker.

3. Meningkatkan kesehatan tulang

Tulang yang kuat adalah bagian penting dari kesehatan secara keseluruhan dan sering diabaikan ketika orang berpikir tentang vitamin dan suplemen yang dibutuhkan tubuh mereka. Dengan segenggam almond, kamu akan mendapatkan kalsium, magnesium, mangan, zink, vitamin K, protein, dan seng, yang semuanya berkontribusi untuk meningkatkan kesehatan tulang secara keseluruhan.

4. Menurunkan kolesterol

Setiap kita harus pandai menyeimbangkan antara kolesterol “baik” (HDL) dan kolesterol “jahat” (LDL). Berkat kandungan lemak dalam kacang ini, makan segenggam almond membantu menyeimbangkan kadar kolesterol “baik” (HDL) dan kolesterol “jahat” (LDL). 

5. Mengelola kadar gula darah

Penderita diabetes sering kali berjuang meningkatkan kadar magnesium yang rendah. Satu studi menemukan bahwa mereka dengan Diabetes 2 yang mengonsumsi 60 gram almond sehari selama 12 minggu mengalami peningkatan gula darah yang signifikan.

Oleh karena itu, makan satu porsi almond setiap hari dan meningkatkan kadar magnesium dapat membantu mengelola kadar gula darahmu lebih efektif.

6. Menurunkan berat badan

Makan almond setiap hari dapat membantu menurunkan berat badan dan mencapai tujuan ideal. Karena almond dikemas dengan serat dan protein, ngemil permata ini kemungkinan akan membuatmu kenyang lebih lama. Satu studi menemukan bahwa makan 1,5 ons almond setiap hari, mengurangi rasa lapar dan keinginan untuk terus makan. Dan meskipun pasti ada kacang lain yang membantu menurunkan berat badan, almond adalah salah satu yang terbaik.

Apa efek samping makan kacang almond?

1. Alergi

Orang dengan alergi kacang harus menghindari almond. Jika mengalami gatal-gatal, bengkak, dan kesulitan bernafas setelah makan almond, kamu harus segera mencari bantuan medis. Suatu kondisi yang dikenal sebagai anafilaksis dapat berkembang dengan cepat dan dapat mengancam jiwa.

Periksalah kemasan makanan yang sudah jadi dan pastikan juga bahwa hidangan di restoran tidak mengandung kacang. Almond juga sering dicampur dalam makanan seperti kue, permen, nasi gurih, dan coklat.

2. Tersedak dan aspirasi

Almond bertekstur kasar dan agak keras, karenanya anak kecil, beberapa orang tua, dan siapa saja yang mengalami kesulitan menelan harus menghindari menelan almond dalam bentuk utuh, untuk menghindari risiko tersedak.

Orang dengan demensia, penyakit Parkinson, dan penurunan mobilitas mungkin memiliki risiko peradangan yang lebih tinggi, yang dapat menyebabkan makanan masuk ke paru-paru dan menyebabkan aspirasi pneumonia.

Manfaat kacang almond untuk kesehatan memang benar-benar nyata, jadi tak ada salahnya untuk mengambil manfaat tersebut dengan konsumsi yang teratur. Selamat mencoba!

Share artikel ini
Reference