Jerawat dapat muncul kapan saja, apalagi jika hormon sedang kacau saat waktunya menstruasi atau sedang dalam masa kehamilan. Jerawat bisa dihilangkan asal tau apa yang menjadi penyebabnya, lho. 

Berbagai obat telah diciptakan khusus untuk meredakan dan menghilangkan jerawat, namun terkadang obat tersebut menimbulkan alergi seperti iritasi kulit sehingga perlu waspada dalam menggunakannya, terlebih bagi ibu hamil yang sedang rentan kondisinya. Perlukah memakai obat alami menghilangkan jerawat? Yuk simak penjelasan lengkapnya!

Apa itu jerawat? 

Jerawat merupakan gangguan kulit yang berhubungan dengan produksi minyak berlebih. Minyak dapat menyumbat pori-pori dimana setiap pori-pori terdiri atas folikel yang memuat kelenjar rambut dan minyak. Jerawat dapat tumbuh jika folikel tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak.

Gangguan jerawat yakni benjolan kecil dengan isi nanah yang dapat terjadi pada area wajah, dada, leher, hingga punggung. Beberapa penyebab jerawat antara lain produksi sebum yang berlebih, sumbatan pada folikel rambut, faktor genetik, hotomon, penggunaan skincare yang tidak cocok hingga gaya hidup yang kurang sehat. 

Untuk mengatasi jerawat, terdapat banyak obat jerawat yang bisa kamu gunakan dan banyak dijual di pasaran, namun ada juga lho obat alami menghilangkan jerawat yang bisa kamu temukan di rumah. Apakah obat alami ini aman digunakan?

20 obat alami menghilangkan jerawat

Obat alami menghilangkan jerawat umumnya aman digunakan karena tidak menggunakan bahan kimia untuk menghilangkan jerawatnya. Namun perlu diingat bahwa tidak semua obat alami ini efektif dan berkhasiat dalam meredakan jerawat dengan cepat. Obat alami masih memerlukan banyak penelitian untuk lebih mendukung manfaatnya.

Obat alami untuk jerawat antara lain:

Cuka sari apel

Cuka sari apel diketahui sering menjadi obat jerawat yang ampuh. Gunakan 1 sendok cuka yang dicampur dengan air matang dna digunakan sebagai toner alami. Enzim alami dan asam alfa hidroksi-nya dapat menjadi obat jerawat yang juga aman digunakan oleh ibu hamil. Hindari memakai cuka murni karena dapat membuat iritasi kulit.

Baking soda

Bahan pembuat kue ini bisa dijadikan obat jerawat yang cukup aman digunakan. Baking soda dapat membantu mengeringkan minyak sehingga jerawat akan berangsur-angsur pulih. Segera bilas wajah setelah memakai masker baking soda yang dicampur dengan air.

Sitrus

Buah sitrus seperti limau dan lemon dapat membantu sel kulit mati terangkat dan mempunyai sifat anti bakteri. Oleskan sedikit demi sedikit ke jerawat dengan menggunakan kapas dan jika kering, bilas menggunakan air dingin. Hindari menggunakan sitrus pada wajah yang luka agar tidak memicu rasa perih.

Madu

manfaat madu hitam

Bahan herbal serbaguna ini memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang berfungsi menenangkan kulit meradang. Madu dapat langsung dioleskan pada jerawat dan diamkan hingga 30 menit, bilas dan pakai secara rutin.

Baca juga: 10 Manfaat Madu Hitam untuk Kesehatan!

Oatmeal

Bersifat mendinginkan kulit, oatmeal yang dicampur dengan timun dapat mencegah jerawat dengan ampuh. Campuran oatmeal dan timun hingga memiliki tekstur kental dan oleskan pada wajah, diamkan 15 menit dan bilas hingga bersih.

Lidah buaya

Produksi gel bening lidah buaya mengandung asam salisilat, sulur dan kandungan lain yang menyembuhkan jerawat. Cara penggunaannya sangat mudah, oleskan gel lidah buaya pada area wajah atau kulit dan ulangi sesuai kebutuhan untuk membantu menghilangkan jerawat.

Baca juga: 5+ Manfaat Lidah Buaya untuk Tubuh

Kayu manis

Rekomendasi obat bahan alami untuk menghilangkan jerawat adalah kayu manis. Menurut beberapa penelitian akan kayu manis, bahan ini kaya akan antioksidan yang dapat meredakan jerawat meradang. Gunakan kayu manis bubuk dengan campuran madu untuk membuat masker kayu manis.

Bawang putih

Kemampuan bawang putih dalam melawan infeksi memang tidak perlu diragukan lagi. Konsumsi bawang putih dalam asupan harian untuk membantu melawan bakteri dan mencegah jerawat. Hindari mengoleskan langsung ke area jerawat untuk mencegah iritasi kulit.

Baca juga: 12 Manfaat Bawah Putih untuk Kesehatan, Catat Lengkapnya!

Es batu

Tidak hanya meredakan peradangan, es batu dapat menyembuhkan jerawat dengan tuntas. Cukup compress jerawat dengan es batu yang dibalut kain bersih. Es batu membantu meredakan jerawat dan mengencangkan pembuluh darah pada kulit untuk mencegah kulit kemerahan.

Minyak kelapa

Dengan kandungan antijamur dan antibakteri, minyak kepala kerap dijadikan obat jerawat untuk ibu hamil yang cenderung aman. Minyak kelapa murni bisa langsung dioleskan ke wajah sebagai pelembab sebelum tidur yang berfungsi meredakan jerawat.

Tea tree oil

Manfaat tea tree oil, obat alami untuk menghilangkan jerawat

Tea tree sering menjadi bahan campuran skincare penghilang jerawat. Bahan ini memiliki sifat anti bakteri dan anti radang yang dapat membantu mengempeskan jerawat. Gunakan dengan hati-hati dan tidak berlebihan agar menghindari iritasi dan efek samping ke kulit.

Putih telur

Protein dalam putih telur dapat mencegah penyumbatan pori-pori dan meredakan radang pada kulit. Dengan penggunaan masker putih telur untuk olesan jerawat, bintik kecil ini dapat mengempes dan meredakan jerawat pada wajah.

Baca juga: Manfaat Putih Telur, dari Kesehatan sampai Meremajakan Kulit

Teh hijau

Teh hijau mengandung polifenol yang berfungsi menggilangkang kotoran pada wajah. Jerawat akan berangsur membaik dengan masker teh hijau yang rutin digunakan.

Selain bahan-bahan alami diatas, ada beberapa perawatan alami yang dapat kamu lakukan di rumah saat jerawat sering datang, aktif dan meradang, yuk coba lakukan ini:

Cuci muka rutin

Melakukan pembersihan wajah secara rutin dan teratur akan mencegah sebum menumpuk dan menyumbat pori-pori. Cuci muka rutin pada pagi dan malam hari. Gunakan pembersih wajah dengan kandungan ringan dan cocok pada kulit.

Eksfoliasi rutin

Eksfoliasi untuk Kulit Berminyak dan obat alami menghilangakan jerat

Obat alami untuk menghilangkan jerawat selanjutnya adalah dengan eksfoliasi. Melakukan eksfoliasi atau pengelupasan kulit dapat membantu jerawat lebih cepat sembuh. Perbaiki kondisi kulit dan bersihkan sel kulit mati agar kulit baru tumbuh dan lebih sehat.

Olahraga teratur

Olahraga teratur dapat membantu sirkulasi dan aliran darah lancar sehingga kulit sehat. Dengan mempunyai kulit sehat, maka jerawat akan sulit muncul bukan?

Hindari stres

Saat stress, produksi sebum akan meningkat, kulit meradang dan jerawat semakin parah. Hidari stress sehingga wajah dan tubuh akan sehat serta proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat.

Cukup air

minum banyak air putih

Langkah yang sederhana, seperti minum cukup air juga bisa menjadi obat alami menghilangkan jerawat. Cukup air akan membantu proses penyembuhan kulit. Kekurangan cairan akan membuat kondisi kulit semakin kering, iritasi dan masalah wajah bermunculan seperti jerawat.

Perhatikan produk skincare yang dipakai

Jangan sembarangan untuk memakai skincare untuk tipe wajah berjerawat. Pilih yang benar-benar aman dan konsultasikan dengan dokter kulit agar mendapat rekomendasikan skincare terbaik untuk kulit berjerawat.

Konsumsi makanan sehat bergizi

Penting untuk menjaga kesehatan wajah dan tubuh dengan konsumsi makanan sehat bergizi. Perbanyak makanan mengandung zinc yang baik untuk pertumbuhan sel, kekebalan tubuh dan metabolisme. Konsumsi makanan dengan lemak omega 3 serta makanan dengan rendah glikemik untuk menurunkan proses pembentukan jerawat.

Baca juga: Sedang Jerawatan? Ini Cara Ampuh Mengatasi Breakout!

Apakah ibu hamil boleh menggunakan bahan alami sebagai obat jerawat

obat alami menghilangkan jerawat untuk ibu hamil

Disamping menggunakan bahan alami, kesehatan dan kebersihan wajah tentu dibutuhkan agar kulit tetap terjaga dan bebas dari jerawat. Beberapa bahan juga memerlukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum digunakan ya. Apakah obat alami aman digunakan oleh hamil?

Ibu hamil terutama pada kehamilan trimester pertama hingga kedua cukup rentan mengalami jerawat karena meningkatnya hormon androgen yang akan memicu minyak di kulit muncul lebih banyak. Jerawat dapat hilang dengan sendirinya usai melahirkan, namun ibu hamil tentu ingin tetap cantik tanpa jerawat selama kehamilan bukan?

Sejumlah bahan alami masih aman dan dapat menggunakan obat alami menghilangkan jerawat. Beberapa obat jerawat yang mengandung eritromisin, benzoil peroksida, azelaic acid, clindamycin, hingga glycolic acid juga masih cukup aman digunakan. Bahan yang perlu dihindari ialah asam salisilat, tetrasiklin, isotretinoin, dan retinoid.

Agar lebih aman, ibu hamil dapat berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat jerawat baik alami atau bukan apakah bisa digunakan selama kehamilan, ya!

Tips memakai obat alami menghilangkan jerawat

Obat alami menghilangkan jerawat kebanyakan digunakan sebagai masker, namun ada juga beberapa cara yang bisa dilakukan seperti menyeduh bahan alami atau mengonsumsinya secara langsung. 

Hasil jerawat yang memudar akan lebih efektif dan berhasil jika digunakan bersamaan dengan obat jerawat dari dokter. Konsultasikan terlebih dahulu bahan alami apa yang aman digunakan sehingga jerawat dapat segera menghilang.

Share artikel ini
Reference