kalori kerupuk

Kerupuk merupakan camilan yang juga kerap disantap dengan nasi dan lauk pauk lainnya untuk menambah tekstur makanan. Teksturnya yang renyah dan rasanya yang gurih membuat makanan yang satu ini sangat digemari banyak orang. 

Namun, sebenarnya berapa ,sih, kalori kerupuk? Meskipun enak, kamu juga perlu tahu kalori di dalamnya supaya tidak mengkonsumsi makanan ini secara berlebihan.

Berapa kalori kerupuk?

Bukan hanya orang yang tengah diet saja yang perlu memperhatikan kalori makanan yang dikonsumsi, namun kamu yang tengah menjalani hidup sehat juga perlu melakukannya. Salah satu makanan yang sulit dipisahkan dari masyarakat Indonesia adalah kerupuk.

Makanan ini juga cocok dipadukan dengan berbagai lauk pauk maupun dijadikan cemilan yang lezat. Namun berapa sih tinggi kalorinya, dan apa saja kandungan yang ada di dalamnya? Berikut ulasannya. 

kalori berikut ini juga bergantung pada jenis kerupuk yang kamu santap.  Rata-rata kalori setiap 100 gram kerupuk memiliki kalori sebesar:

  • 500 kalori
  • 20 gram lemak.
  • 1200 miligram garam.
  • 70 gram karbohidrat.
  • 100 miligram kolesterol.

Namun, perlu diingat kandungan kerupuk tersebut bisa sangat bervariasi tergantung pada jumlah kerupuk dan jenis kerupuk yang kamu konsumsi. Untuk kerupuk yang menggunakan campuran udang dan ikan, biasanya memiliki kandungan protein yang lebih tinggi. 

Makanan Tinggi Protein untuk Diet, Ini Daftarnya!

Namun, sayangnya kerupuk sendiri hampir tidak mempunyai kandungan serat dan vitamin di dalamnya. Bahkan kalori kerupuk sendiri memang terbilang cukup tinggi. Dalam kerupuk putih memiliki kandungan 100-150 kalori atau setara dengan mengkonsumsi setengah piring nasi. 

Apa lagi jika kerupuk dikonsumsi bersama dengan nasi, maka jumlah kalorinya akan semakin tinggi tentunya. 

Apakah kerupuk sehat?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kalori dari kerupuk memang cukup tinggi, namun kerupuk juga memiliki kandungan nutrisi lainnya. Mengkonsumsi kerupuk tidak masalah namun jangan dikonsumsi secara berlebihan. Apalagi, jumlah kalorinya juga terbilang cukup tinggi. 

Jika ingin mengkonsumsi kerupuk dengan lebih sehat, pastikan untuk rutin berolahraga. Dengan begitu, jumlah kalori yang kamu konsumsi bisa dibakar kembali lewat olahraga yang kamu lakukan. 

Untuk membakar kalori kerupuk yang telah kamu santap membutuhkan waktu 10 menit berlari atau 15 menit bersepeda. Ini akan membantu membakar 100 kalori dalam tubuh. 

Selain itu, pastikan pula untuk memeriksa kandungan gizi pada kerupuk yang kamu konsumsi. Jika kamu mengkonsumsi kerupuk kemasan, kamu dapat melihat kandungan gizi dibelakang kemasan produk. 

Batasi pula jumlah kerupuk yang kamu makan. Selain itu, pilihlah kerupuk dengan kandungan rendah garam dan lemak, serta konsumsi kerupuk dalam kemasan kecil supaya kamu bisa mengendalikan jumlah kerupuk yang kamu makan. 

Sedangkan, untuk kamu yang membeli kerupuk mentah di pasaran, kamu bisa menggorengnya dengan menggunakan minyak jagung. Selain itu, makan pula makanan sehat seperti sayur dan buah yang kaya akan serat dan baik untuk tubuh. 

Fakta tentang kerupuk

Selain kalori kerupuk, ternyata ada pula beberapa fakta menarik lainnya tentang cemilan yang satu ini. Berikut beberapa fakta menarik tentang kerupuk. 

1. Terdapat banyak jenis kerupuk

Buat kamu penyuka kerupuk, ternyata ada berbagai macam kerupuk dengan rasa yang beraneka ragam dan tekstur yang variatif. Beberapa diantaranya adalah kerupuk putih bulat yang kerap dimakan bersama dengan bakso, nasi, atau hidangan berkuah untuk menambahkan tekstur.

Gurih nan Kenyal, Berapa Kalori Semangkuk Bakso?

Ada pula kerupuk bawang yang gurih, kerupuk udang yang lezat dan bercita rasa khas, ada pula emping yang memiliki rasa sedikit pahit hingga slodok dan kerupuk beras. 

2. Jika dikonsumsi terlalu sering dapat sebabkan kegemukan

Kandungan kalori kerupuk dan karbohidrat yang cukup tinggi membuat makanan yang satu ini dapat menyebabkan kegemukan jika dikonsumsi berlebih. Apalagi, kerupuk memiliki tekstur yang cukup ringan sehingga membuat tidak sadar jika kamu sudah mengkonsumsinya cukup banyak.

Bukan hanya itu, kerupuk juga memiliki kandungan garam tinggi yang bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi. Bahkan, makanan ringan ini juga mengandung lemak yang dapat membuat tubuh gemuk serta menyebabkan risiko penyakit jantung yang lebih tinggi.

Jadi, pastikan untuk membatasi mengkonsumsi kerupuk, untuk menghindari berbagai risiko tersebut, ya!

Share artikel ini
Reference