makanan untuk penderita ISK

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah infeksi yang terjadi pada saluran kemih, yaitu organ yang digunakan untuk mengeluarkan urin. Infeksi ini lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria.

Hal tersebut karena uretra wanita lebih pendek dan lebih dekat dengan anus sehingga memudahkan bakteri masuk ke dalam saluran kemih. 

Yup, ISK disebabkan oleh bakteri yang masuk ke saluran kemih. Bakteri ini dapat masuk melalui uretra dan berjalan ke kandung kemih, ureter, atau ginjal. Bakteri yang paling sering menyebabkan ISK adalah Escherichia coli (E. coli), yang biasanya hidup di usus.

Jika kamu mengalami gejala ISK, kamu harus segera mendapatkan bantuan medis. Dokter akan melakukan tes untuk menentukan jenis infeksi dan meresepkan obat yang sesuai.

Tapi ingatlah bahwa ISK dapat dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat, termasuk dengan menjaga pola makan. Cari tahu apa  saja makanan untuk penderita ISK yang wajib dikonsumsi!

Makanan Sehat untuk penderita ISK

ISK memang tidak bisa langsung sembuh dengan mengonsumsi makanan tertentu. Namun, makanan tertentu dapat membantu mempercepat penyembuhan penyakit ini. Yuk, simak apa saja makanan untuk penderita ISK!

1. Sayur-sayuran hijau

Penelitian dalam Journal of Biological Chemistry menunjukkan bahwa pola makan vegetarian dapat membantu melindungi mereka dari ISK.

Ini karena sayuran mengurangi keasaman urin. Studi ini lebih lanjut menunjukkan bahwa urin yang kurang asam dan lebih netral membantu mencegah pertumbuhan bakteri yang terkait dengan ISK. Sayuran hijau yang dimaksud termasuk brokoli, kol, dan bayam. 

2. Asam lemak omega-3

Ikan laut dalam seperti salmon dan tuna kaya akan asam lemak omega-3. Dari kandungan tersebut, ikan laut juga dianggap dapat membantu  mempercepat penyembuhan infeksi saluran kemih.

Asam lemak omega-3 berperan sebagai senyawa anti radang yang dapat mengurangi inflamasi (peradangan) kandung kemih yang disebabkan oleh infeksi bakteri. 

3. Cranberry 

Selama bertahun-tahun, para peneliti telah menguji manfaat produk olahan cranberry untuk pengobatan ISK.

Cranberry ditemukan bermanfaat untuk mencegah ISK dalam uji laboratorium kultur sel atau jaringan (in vitro) dan hewan (in vivo).

Kandungan fenolik pada buah beri ini bekerja dengan cara menghambat bakteri E. coli penyebab ISK agar tidak masuk ke dalam uretra (tempat keluarnya urine).

Efek ini menghambat pertumbuhan bakteri. Berry lainnya, seperti elderberry, blueberry, stroberi, raspberry, dan blackberry, juga mengandung senyawa yang sama untuk menghambat pertumbuhan bakteri.

Infeksi Saluran Kemih pada Ibu Hamil: Dapat Memicu Berbagai Komplikasi

4. Kacang-kacangan

Makanan untuk penderita ISK selanjutnya adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan seperti almond, kacang mete, chestnut, hazelnut, kacang macadamia, pistachio, dan walnut, mengandung berbagai phytochemical, termasuk proanthocyanidins (PACs) dan senyawa fenolik seperti yang ditemukan dalam cranberry.

5. Probiotik

Rutin mengonsumsi makanan probiotik, seperti yogurt dan produk susu fermentasi lainnya dapat mengurangi risiko infeksi saluran kemih.

Bakteri baik dalam yogurt dapat membantu menjaga saluran kemih tetap sehat dan bebas dari bakteri berbahaya.

Secara khusus, probiotik yang termasuk dalam kelompok Lactobacillus dapat membantu pengobatan dan pencegahan infeksi saluran kemih.

6. Makanan kaya serat

Pergerakan usus yang tidak teratur dapat memberi tekanan pada saluran kemih dan menghalangi aliran urin, memungkinkan bakteri untuk berkembang.

Diet tinggi serat yang dikombinasikan dengan minum cukup air dapat meningkatkan pencernaan yang sehat dan buang air besar secara teratur.

Jadi, secara tidak langsung, makanan berserat tinggi dapat makanan untuk penderita ISK  yang sangat disarankan. Beberapa sumber serat terbaik adalah roti gandum, apel, pisang, dan kacang-kacangan.

Makanan kaya vitamin C

Makanan untuk penderita ISK yang terakhir adalah vitamin C. Makanan kaya vitamin C, seperti, jeruk, lemon, stroberi, dan sayuran berdaun hijau kaya vitamin C, membuat urin lebih asam. Ini dapat membantu mencegah bakteri tumbuh di sistem saluran kemih.

Selain itu, vitamin C juga merupakan antioksidan, membantu meningkatkan fungsi sistem imun dalam tubuh. Vitamin ini juga bereaksi dengan nitrat dalam urine membentuk nitro oksida yang dapat membunuh bakteri.

Ini dapat menurunkan pH urin, mengurangi kemampuan bakteri untuk bertahan hidup. 

Cara Agar Vagina Wangi Dan Terhindar Dari Infeksi Bakteri

Cara untuk mengatasi ISK

infeksi jamur vagina

Untuk mengatasi ISK, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, di antaranya:

  1. Minum cukup air. Ini akan membantu membersihkan saluran kemih dan mencegah infeksi.
  2. Hindari alkohol dan kafein. Kedua zat ini dapat merusak lapisan dinding saluran kemih dan menyebabkan infeksi.
  3. Buang air kecil dengan teratur. Jangan menahan kencing terlalu lama.
  4. Hindari pemakaian celana dalam yang terlalu ketat. Pemakaian pakaian yang ketat dapat menyebabkan iritasi pada saluran kemih dan menyebabkan infeksi.
  5. Konsumsi makanan yang mengandung banyak probiotik. Probiotik dapat membantu menjaga kesehatan saluran kemih dan mencegah infeksi.
  6. Jika kamu mengalami gejala ISK seperti sakit saat buang air kecil, sering buang air kecil, atau darah dalam urine, segera periksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan tes untuk menentukan jenis infeksi dan memberikan obat yang sesuai.

Ingatlah bahwa ISK dapat dicegah dengan cara hidup sehat dan menjaga kesehatan saluran kemih. Jika kamu sering mengalami infeksi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui penyebab dan cara mencegahnya.

Share artikel ini
Reference