berapa kalori kentang rebus

Kentang adalah jenis umbi-umbian yang sering dimanfaatkan sebagai sumber karbohidrat. Kentang menjadi makanan yang cukup popular baik itu direbus, goreng atau panggang.

Banyak nutrisi yang tersimpan dalam kentang rebus. Tidak heran jika pengolahan kentang ini sering menjadi menu pilihan untuk penurunan berat badan. Lantas, berapa kalori kentang rebus? Yuk cek berapa banyak kalori yang terdapat dalam kentang rebus.

Kentang rebus adalah

Kentang rebus kerap dimanfaatkan sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi. Kentang rebus sangat mudah diolah menjadi berbagai makanan seperti mashed potato, pendamping steak, atau jenis olahan kentang rebus yang lain.

Berapa kalori kentang rebus sehingga makanan ini kerap dipilih sebagai makanan diet?

Secara keseluruhan, kentang rebus masih menjadi pilihan karena pengolahan kentang ini akan menjadi lebih rendah kalori dibandingkan dengan pengolahan kentang yang digoreng.

Untuk menurunkan berat badan, tentunya kamu dapat memilih jenis pengolahan rebus daripada goreng agar kalorinya lebih rendah.

Apakah kentang rebus baik untuk diet?

Sayuran bertepung ini dianjurkan diolah dengan cara yang tepat. Melansir dari berapa kalori kentang rebus laman Azcentral, departemen pertanian as mengungkapkan bahwa kentang sebaiknya direbus dan bukan di goreng.

Kentang rebus dapat memberikan manfaat yang lebih baik daripada diolah dengan minyak. Kentang rebus juga dapat meningkatkan asupan vitamin dan mineral yang sangat baik sehingga mempunyai kontribusi besar pada kesehatan tubuh.

Kalori kentang rebus juga relatif lebih sedikit sehingga cocok dimanfaatkan sebagai sumber makanan bagi kamu yang ingin berdiet. Ketahui berapa kalori kentang rebus dalam ulasan berikut ini.

Baca juga: Berapa Kalori Ubi Rebus? Amankah untuk Diet? 

Berapa kalori kentang rebus

kalori kentang rebus

Menurut fat secret, kalori kentang rebus dalam 100 gr yaitu 87 kal, dengan 0,1 gr lemak, 20,13g karbohidrat dab 1,87 gr protein. Dalam perhitungan lain, yaitu:

  • 87 kalori dalam 100 gr
  • 140 kalori dalam 1 mangkok
  • 178 kalori dalam 205 gr kentang rebus

Dalam kentang goreng, setidaknya ada 274 kalori per 100 gr kentang goreng dan akan semakin besar saat porsinya juga bertambah.

Meskipun lebih nikmat, namun jika kamu ingin mengurangi berat badan, lebih baik konsumsi kentang rebus dengan jumlah kalori lebih sedikit ya! 

Apa saja manfaat kentang rebus untuk kesehatan?

Baca Juga: Berapa Kalori Nasi Putih Sekali Makan? 

Manfaat kentang rebus untuk kesehatan tubuh

Nutrisi dan kandungan dalam kentang rebus ternyata cukup kompleks seperti kalori, lemak, karbohidrat hingga protein. Tidak heran kentang rebus menjadi salah satu makanan sumber karbohidat yang sehat karena rendah lemak dan kalori. Apa saja manfaat lain dari kentang rebus?

1. Membantu menurunkan tekanan darah

Cara Menurunkan Hipertensi di Usia Muda

Manfaat kentang rebus yang pertama yaitu menurunkan tekanan darah. Kentang rebus tinggi akan kalium yang dapat menurunkan tekanan darah.

Bahan makanan ini merangsang kerja pembuluh darah sehingga melebar, melancarkan aliran darah dan tekanan akan tetap terjaga. Kentang rebus juga tinggi akan magnesium dan kalsium yang mempunyai peran dalam menjaga darah tetap normal.

2. Menjaga kesehatan tulang

Menurut Medical News Today, kentang merupakan makanan tinggi fosfor, zat besi, magnesium, kalsium dan zinc yang dapat menguatkan tulang dan memelihara kesehatan jantung.

Produksi dan pematangan kolagen menjadi mudah dilakukan. Kandungan dalam kentang rebus penting dalam struktur tulang dan menyeimbangkan kedua mineral serta menjadi mineralisasi tulang yang tepat

3. Menjaga kesehatan jantung

25 tips menjaga kesehatan jantung

Kentang sering dimanfaatkan sebagai pencegahan berbagai penyakit, seperti jantung. Kentang mengandung banyak serat, vitamin c, kalium, vitamin b6 dan berbagai kandungan lain yang dapat mengurangi kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.

4. Menjaga metabolisme tubuh

Sebagai sumber vitamin b6, kalori kentang rebus dikenal mempunyai peran dalam metabolisme energi. Kentang dapat memecah karbohidrat dan mengubah protein menjadi glukosa dan asam amino. Tentunya metabolisme tubuh akan lebih terjaga dengan baik.

5. Makanan bebas gluten

Gluten merupakan salah satu jenis protein yang sering ditemukan dalam biji-bijian, contohnya gandum. Gluten dapat memicu berbagai penyakit pada orang yang alergi gluten.

Namun umbi kentang merupakan umbi bebas gluten sehingga aman dan sehat sebagai alternatif makanan gluten free.

6. Menjaga kesehatan pencernaan

Jika pencernaan kamu sering bermasalah, cobalah konsumsi kentang rebus. Kentang rebus diketahui mengandung pati resisten dan dapat memperbaiki sistem pencernaan.

Pasti menjadi asupan nutrisi yang baik untuk usus. Kentang rebus dikenal sebagai penjaga kesehatan pencernaan yang sarat manfaat dan khasiat.

7. Mengontrol gula darah

kadar gula darah normal

Tingginya gula darah darah bisa menjadi penyebab diabetes melitus. Tidak heran jika penderita diabetes dianjurkan makan kentang rebus karena makanan ini dapat membantu mengatur gula dalam darah.

Kandungan pati dalam kentang bisa diserap tubuh atau pati resisten. Pasti resisten menjadikan insulin dapat bekerja maksimal mengontrol gula darah.

8. Mengurangi risiko penyakit

Penyakit kronis dapat dipicu karena radikal bebas akibat berkurangnya peran senyawa seperti karotenoid, asam fenol dan flavonoid. Dengan mengonsumsi kalori kentang rebus, maka penyakit kronis seperti kanker usus atau hati dapat dicegah risikonya.

9. Memelihara fungsi otak dan saraf

Kentang rebus nyatanya sangat bermanfaat untuk kesehatan saraf dan otak. Kandungan dalam kentang rebus yaitu vitamin b6 yang dapat menjaga neuron atau saraf.

Kandungan dalam kentang bahkan dipercaya dapat menghasilkan bahan kimia seperti norepinefrin, dopamine dan serotonin. Mengonsumsi kentang rebus dapat mencegah gangguan cemas, depresi dan stress.

10. Makanan anti inflamasi

Kentang rebus menjadi makanan anti radang yang membantu berbagai kondisi dan gangguan penyakit. Kolin dalam kentang menjadi serbaguna dan nutrisi penting yang dapat membantu gerakan otot, perbaikan suasana hati, pembelajaran dan ingatan yang kuat.

Tidak hanya kalori kentang rebus yang rendah, ternyata manfaatnya untuk kesehatan sungguh luar biasa, ya!

Share artikel ini
Reference