kalori alpukat

Jika kamu membutuhkan energy booster, alpukat adalah jawabannya. Hal ini dikarenakan, kalori alpukat utuh cukup besar. Dengan strukturnya yang lunak dan mengandung cukup banyak serat, tubuh akan lebih mudah menyerap nutrisinya dan meningkatkan staminamu.

Selain sebagai energy booster, kalori alpukat serta kandungan lainnya sangat baik untuk kamu penderita kolesterol tinggi. Alpukat juga dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan daya ingat, loh dan banyak manfaat lainnya. 

Berapa banyak kalori dalam 1 alpukat?

manfaat alpukat untuk kesehatan

Menurut The United States Department of Agriculture (USDA), satu alpukat utuh mengandung 322 kalori. Bukan hanya kalori, nutrisi alpukat cukup mengesankan. Lihat saja rincian nutrisinya berikut ini untuk satu alpukat utuh.

  • Kalori 322
  • Lemak 29 g
  • Protein 4 g
  • Karbohidrat 17 g
  • Serat 14 g

Kandungan nutrisi di atas sudah cukup membuktikan bahwa alpukat baik untuk tubuh. Alpukat dapat menjadi sumber pembangkit tenaga. Mereka mengandung hampir 20 vitamin, mineral, dan nutrisi yang berbeda.

Setengah dari buah alpukat menawarkan sekitar tujuh gram serat, hampir 30 persen dari nilai serat harian yang kamu butuhkan. Alpukat juga merupakan sumber vitamin C yang baik, yang berfungsi untuk menjaga kulitmu tetap kenyal dan sehat.

Lebih mengesankannya lagi, buah lembut ini juga mengandung jumlah potasium yang cukup besar. Makan setengah dari alpukat akan memberimu 488 mg potasium. Jumlah ini jauh lebih banyak ketimbang satu pisang sedang, yang memiliki 422 mg.

Kamu juga akan mendapatkan vitamin K pembentuk tulang (7 persen dari AKG-mu), serta folat (8 persen dari AKG-mu), yang sangat penting jika kamu merencanakan hamil. Kamu bisa melihat daftar pemenuhan AKG dari satu buah alpukat

  • Vitamin K: 26 persen dari nilai harian (AKG)
  • Vitamin B9, alias Folat 20 persen dari AKG
  • Vitamin C: 17 persen dari AKG
  • Vitamin B5: 14 persen dari AKG
  • Vitamin B6: 13 persen dari AKG
  • Vitamin E: 10 persen dari AKG
  • Kalium: 14 persen dari AKG

Apakah sehat memakan alpukat setiap hari?

makanan rendah kalori

Kamu mungkin khawatir dengan jumlah kalori dalam alpukat, tetapi penelitian telah menunjukkan bahwa alpukat dapat membantu kamu menurunkan berat badan dengan membuatmu kenyang lebih lama. Menurut penelitian, makan alpukat saat makan siang akan mencegah kamu merasa lapar selama lima jam.

Studi tersebut menyimpulkan bahwa orang yang makan alpukat cenderung makan lebih sedikit sepanjang hari dan mengonsumsi lebih sedikit kalori saat mereka makan alpukat untuk makan siang, yang menghasilkan penurunan berat badan.

Bukan hanya nilai kenyang alpukat atau lemak tak jenuh tunggal, tetapi ada gula dalam alpukat yang disebut mannoheptulose. Gula ini membantu tubuh menggunakan insulin untuk mengurangi resistensi insulin.

Jadi pada dasarnya alpukat adalah kombinasi sempurna dari lemak, serat, dan karbohidrat nabati yang memberi sinyal pada tubuh untuk membakar lebih banyak lemak.

Proses alami ini mencegah tubuh menyimpan lebih banyak lemak sekaligus masuk ke mode pembakaran lemak. Hasilnya adalah kamu kehilangan berat badan. Jadi, makanlah alpukat sekitar waktu makan siang sehingga kamu akan merasa lebih kenyang hingga makan malam dan tidak tergoda untuk ngemil. 

Manfaat dan efek samping makan alpukat

Banyak manfaat alpukat yang sangat baik untuk tubuh kamu!

  • Alpukat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Alpukat adalah sumber vitamin E. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Military Strategies for Sustainment of Nutrition and Immune Function in the Field menunjukkan bahwa vitamin E dalam alpukat dapat membantu meningkatkan respon imun selama penuaan dan menyarankan bahwa hal itu dapat mengurangi kerusakan oksidatif yang mungkin berkontribusi pada kanker. 

Selain itu, studi tersebut mengatakan vitamin E dapat membantu meringankan gejala asma serta membantu tubuhmu pulih setelah sesi latihan yang berat.

Alpukat juga kaya akan nutrisi dan antioksidan yang membantu menjaga kesehatan organ vital dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

  • Alpukat mengandung lebih banyak potasium daripada pisang

Alpukat seberat 3,5 ons mengandung 708 miligram potasium atau 14 persen AKG-mu, dan pisang memiliki 422 miligram atau 10 persen dari tunjangan harian yang direkomendasikan.

Mengonsumsi makanan tinggi kalium membantu menjaga tekanan darah dan retensi air yang melindungi terhadap stroke dan mencegah osteoporosis dan batu ginjal.

  • Alpukat membantu menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan metabolisme

Makanan berserat tinggi membantu mengurangi nafsu makan, menurunkan risiko tekanan darah tinggi, dan berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol. Alpukat meningkatkan metabolisme Anda dan ramah keto meskipun tinggi karbohidrat. 

Satu buah alpukat 3,5 ons memiliki 7 gram serat makanan, jadi dengan makan satu buah alpukat ukuran rata-rata, kamu mengonsumsi 27 persen dari jumlah serat harian yang direkomendasikan (25 gram untuk wanita dan 38 gram untuk pria). Buah ini juga memiliki 12 gram karbohidrat dan 21 gram lemak sehat. 

  • Alpukat mengandung 20 vitamin dan mineral yang berbeda, lebih dari suplemen harian

Alpukat adalah nutrisi dan vitamin all-star dari bagian produk. Dalam satu buah alpukat berukuran rata-rata, yaitu kira-kira 100 gram, terdapat 20 vitamin dan mineral yang berbeda. 

  • Alpukat membantu menurunkan kolesterol 

Dalam sebuah studi baru yang dilakukan oleh Penn State University, para peneliti menjelaskan bahwa alpukat memiliki manfaat tambahan yang membantu menurunkan kolesterol LDL yang terkadang disebut “kolesterol jahat”. 

Karena penuh dengan “lemak baik”, alpukat dapat membantu tubuh menyerap nutrisi tanpa meningkatkan kadar LDL dalam tubuh yang berhubungan dengan makan hewani atau lemak jenuh. Jika kamu menderita kolesterol tinggi, masukkan alpukat ke dalam makanan.

  • Alpukat dapat membantu melindungi mata 

Mengonsumsi alpukat dapat membantu kesehatan mata karena mengandung antioksidan kuat seperti karotenoid lutein dan zeaxanthin, yang menyaring panjang gelombang cahaya biru berenergi tinggi yang berbahaya dan membantu melindungi dan memelihara sel-sel sehat di mata.

Ini sangat penting ketika menghabiskan sepanjang hari menatap layar komputer.

Nah, dari kandungan di atas, apakah alpukat benar-benar baik untuk tubuh? Tidak ada informasi yang cukup dapat dipercaya untuk mengetahui apakah alpukat aman digunakan sebagai makanan atau obat.

Alpukat juga kadang diolah untuk mendapatkan minyaknya. Beberapa orang mungkin mengalami gatal-gatal setelah menggunakan krim yang mengandung minyak alpukat dan vitamin B12. Jadi, berhati-hati ya.

Share artikel ini
Reference