Kacang goreng merupakan camilan tradisional yang cukup popular di masyarakat. Selain jadi camilan, kacang goreng juga seringkali dijadikan bumbu dapur atau bahan saus kacang.

Semua jenis kacang kaya akan vitamin, mineral, dan serat, yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pencernaan.

Kacang mengandung banyak magnesium, yang dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah, menambah zat besi yang mendukung produksi darah dan kesehatan kekebalan tubuh. Cek kalori kacang goreng berikut ini!

kalori kacang goreng

manfaat kacang tanah untuk ibu hamil

Satu cangkir (260 gram) kacang goreng mengandung:

  • Kalori: 234 kkal
  • Protein: 13 gram
  • Lemak: 5 gram
  • Karbohidrat: 35 gram
  • Serat: 10 gram

kalori kacang panggang

Sementara itu, satu porsi 1/2 cangkir (130 gram) kacang panggang mengandung:

  • Kalori: 119
  • Lemak total: 0,5 gram
  • Total karbohidrat: 27 gram
  • Serat: 5 gram
  • Protein: 6 gram

Kacang panggang menyediakan serat dan protein nabati. Kacang panjang juga merupakan sumber tiamin, seng, dan selenium yang baik, yang masing-masing mendukung produksi energi, fungsi kekebalan, dan kesehatan tiroid.

Kacang panggang juga menawarkan senyawa tanaman yang bermanfaat, termasuk polifenol. Kandungan ini dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas dan menghambat peradangan.

Kerusakan dan peradangan akibat radikal bebas telah dikaitkan dengan penyakit jantung, kanker, dan penyakit kronis lainnya 

Ketahui Kalori Kacang Rebus, Cocok Jadi Camilan Sehat!

Manfaat kacang untuk kesehatan

25 tips menjaga kesehatan jantung

Melihat beberapa kandungan dan kalori kacang di atas, ada beberapa manfaat kacang untuk kesehatan, lho. Berikut ini ulasannya!

1. Kesehatan jantung

Penelitian menunjukkan bahwa kacang tanah baik bagi kesehatan jantung. Kacang membantu mencegah penyakit jantung dengan menurunkan kadar kolesterol.

Kacang juga dapat menghentikan pembentukan gumpalan darah kecil dan mengurangi risiko terkena serangan jantung atau stroke.

2. Penurunan Berat Badan

Makanan dengan banyak protein dapat membantu kamu merasa kenyang dengan lebih sedikit kalori yang masuk ke dalam tubuh. Dan di antara kacang-kacangan, kacang tanah adalah yang kedua setelah kacang almond dalam hal jumlah protein tinggi.

Ladies, Rupanya Manfaat Kacang Panjang Sangat Bagus Untuk Reproduksi Wanita

3. Menurunkan Risiko Diabetes

Kacang adalah makanan rendah glisemik, yang berarti jika kamu memakannya tidak akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Penelitian telah menunjukkan bahwa makan kacang dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 pada wanita.

4. Mengurangi Peradangan

Kacang adalah sumber serat yang baik, yang membantu mengurangi peradangan di seluruh tubuh serta membantu sistem pencernaan pada tubuh kamu.

5. Pencegahan Kanker

Penelitian telah menunjukkan bahwa untuk orang tua, makan selai kacang dapat membantu menurunkan risiko mengembangkan jenis kanker perut tertentu yang disebut adenokarsinoma non kardia lambung.

Suka Makan Peyek Kacang? Ternyata Segini Kalori Peyek Kacang!

Mana yang lebih baik, kacang goreng atau kacang panggang?

Mengonsumsi kacang dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh jika dikonsumi sewajarnya, dengan bijak tanpa berlebihan.

Meski begitu, mengonsumsi kalori kacang dalam jumlah besar tidak dianjurkan setiap hari karena bisa menyebabkan penambahan berat badan jika dikonsumsi dalam porsi besar.

Jika kamu ingin mendapatkan manfaat kacang secara optimal, konsumsilah yang masih mentah dan bersih tanpa ditambah garam atau bumbu lainnya.

Jika kamu ingin memilih mana yang lebih baik antara kacang groaning dan kacang panjang, yang kamu perlu ketahui adalah bahwa kandungan lemak dan kalori kacang goreng maupun kacang panggang cukup tinggi.

Mengonsumsi keduanya cukup seperlunya sebagai camilan rekreasi terutama bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan maupun mempertahankan berat badan ideal.


Penulis: Ratih Latifah Murniarti

Share artikel ini
Reference