berapa kalori roti tawar

Apakah kamu sering makan roti saat sarapan? Roti jenis apa yang paling kamu suka? Ada berbagai jenis roti yang bisa ditemukan di pasaran. Tidak hanya roti gandum saja, mereka biasanya juga menjual roti manis dan roti tawar. 

Roti tawar merupakan jenis roti yang paling umum dikonsumsi saat sarapan karena mudah disajikan dan cukup mengenyangkan. Kamu tinggal mengolesnya dengan selai atau mentega dan roti pun siap untuk disantap.

Ada yang berkata bahwa sering makan roti tawar bisa membuat tubuh menjadi gemuk. Lantas, apakah roti tawar cocok dikonsumsi saat sedang diet?

Artikel ini akan membahas berapa kalori roti tawar dan tips sehat untuk mengonsumsinya. Jadi, silakan kamu baca artikelnya sampai akhir, ya!

Kalori roti tawar

kalori roti tawar

Apabila dibandingkan dengan buah-buahan dan sayuran, sebenarnya roti relatif rendah kandungan nutrisinya. Kandungan kalori dan karbohidratnya cukup tinggi, tetapi roti rendah akan protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral. Padahal, semua nutrisi penting ini sangat diperlukan oleh tubuh.

Berbeda jenisnya, berbeda juga jumlah kalori yang terdapat pada roti tawar. Namun, menurut situs Fat Secret, secara umum 100 gram atau sekitar 3 lembar roti tawar mengandung sekitar 285 kalori.

Rincian kalorinya terdiri atas 18% lemak, 70% karbohidrat, dan 11% protein. Kandungan seratnya lebih sedikit apabila dibandingkan dengan roti gandum.

Menurut Health Line, roti tawar dapat dinikmati saat kamu sedang diet asalkan dikonsumsi dalam jumlah sedang. Mengonsumsinya dalam porsi yang banyak akan menyebabkan kelebihan asupan gula yang akan disimpan sebagai lemak di dalam tubuh.

Hal ini dapat mengakibatkan menumpuknya lemak dan mendorong penambahan berat badan. Namun, akan lebih sehat lagi jika roti tawar diganti dengan roti gandum yang kandungan seratnya lebih tinggi.

Baca juga: Berapa Kalori 1 Lembar Roti Gandum? Ternyata Segini! 

Nutrisi roti tawar

kandungan roti tawar

Roti tawar mengandung beberapa nutrisi berikut ini.

  • Vitamin B
  • Zat besi
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Kolesterol
  • Sodium
  • Kalium
  • Serat
  • Tiamin
  • Folat
  • Natrium
  • Mangan
  • Selenium
  • Riboflavin
  • Niasin

Dari berbagai kandungan nutrisi yang terdapat pada roti, yang menjadi kandungan utama adalah karbohidrat. Karbohidrat yang terkandung dalam roti tawar tergolong sederhana dan telah diproses sedemikian rupa sehingga gampang dicerna oleh tubuh.

Namun, sayangnya kandungan gizinya masih tergolong sedikit. Jadi, perlu dikonsumsi bersama dengan makanan lain yang kandungan gizinya lebih tinggi.

Baca juga: Berapa Kalori Mentega? Sehatkah untuk Tubuh? 

Tips sehat makan roti tawar

Agar lebih sehat, coba ikuti tips sehat makan roti tawar berikut ini.

Jangan konsumsi secara berlebihan

Sebaiknya, jangan mengonsumsi terlalu banyak roti tawar, konsumsi secukupnya saja. Sebab, mengonsumsinya secara berlebihan ternyata bisa meningkatkan risiko terkena penyakit obesitas, jantung, dan diabetes.

Bagi penderita celiac, hindari gluten

kandungan roti gandum

Kalau kamu alergi terhadap gluten atau sedang menderita penyakit celiac, sebaiknya hindari mengonsumsi roti tawar yang mengandung gluten. Carilah roti tawar yang gluten free.

Pilih roti yang tidak mengandung gula tambahan

Hindari roti tawar yang mengandung tambahan gula atau pengganti gula, seperti sirup jagung atau bahan-bahan lainnya yang diakhiri dengan “-osa”, seperti fruktosa, glukosa, dan sukrosa.

Pilih roti yang kaya serat

Pilihlah kalori roti tawar yang tinggi kandungan seratnya supaya asupan nutrisi tubuh bisa tercukupi dengan baik. Misalnya, roti tawar gandum yang mengandung lebih banyak serat. 

Tambahkan topping yang rendah lemak

manfaat telur rebus untuk ibu hamil

Ketika makan roti tawar, tambahkan topping yang kandungan lemaknya rendah namun tinggi nutrisinya. Contohnya, sayuran, tomat, telur, dan sebagainya. Hindari bahan pelengkap yang terlalu banyak mengandung lemak.

Pilih roti yang terbuat dari biji-bijian atau gandum utuh

Roti tawar yang terbuat dari gandum atau biji-bijian utuh memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak daripada roti tawar putih. Kalori roti tawar ini kaya akan mineral, vitamin, serat, protein, dan antioksidan, dan rendah kandungan lemaknya.

Dampingi dengan minuman sehat

Dampingi konsumsi roti tawar dengan meminum minuman yang bergizi, contohnya jus dan susu. Minuman seperti ini dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Itulah informasi mengenai kalori roti tawar dan kandungan nutrisinya. Roti tawar memiliki kandungan kalori dan karbohidrat yang cukup tinggi. Jadi, sebaiknya konsumsi secukupnya saja. Selain itu, jangan lupa untuk selalu mengonsumsi vitamin agar kesehatan tubuh kamu tetap terjaga, ya.

Share artikel ini
Reference