penyebab badan terasa pegal

Hampir semua orang pernah mengalami badan pegal-pegal bukan? Banyak aktivitas yang dapat membuat badan menjadi pegal hingga perlu penanganan secara medis. 

Gejala pegal dapat terasa di seluruh area tubuh mulai dari leher, tangan, kaki dan anggota badan lainnya. Selain itu, kondisi ini juga dapat diikuti gejala lain seperti merasa lelah, lemah, kenaikan suhu tubuh hingga gejala umum lainnya.

Apa saja penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk simak selengkapnya dalam ulasan ini.

Penyebab badan pegal

Berbagai macam penyebab kondisi ini bisa memicu sakit di seluruh tubuh. Pegal-pegal biasanya disebabkan karena terlalu banyak aktivitas berat sehingga muncul kelelahan ekstrim tanpa istirahat yang cukup. Berikut ulasannya!

Olahraga berlebihan

Olahraga mengecilkan lengan

Olahraga berlebihan membawa dampak yang cukup serius untuk badan pegal-pegal. Sendi, otot dan tulang akan bekerja lebih keras sehingga tubuh menjadi mudah nyeri, sakit hingga terasa pegal.

Olahraga terlalu keras dapat memicu penumpukan asam laktat yang diketahui menyebabkan otot kram dan nyeri.

Mengangat beban terlalu berat

Umumnya angkat bebas menyebabkan otot tegang, apalagi postur tubuh cenderung kurang tepat karena beban yang sangat berat. Hal ini rawan menimbulkan pegal.

Duduk atau berdiri terlalu lama

Duduk terlalu lama dapat menyebabkan tubuh kaku dan otot tegang. Jika kamu harus duduk saat bekerja selama waktu tertentu, lakukan peregangan singkat untuk menghindari sakit di seluruh badan saat selesai bekerja.

Cedera

cedera acl

Cedera pada otot atau keseleo menyebabkan ligamen atau tendon terganggu hingga membuat pegal-pegal pada area tubuh, khususnya cedera kaki.

Tingkat keparahan dari cedera otot mulai dari otot meregang hingga otot robek sebagian atau sepenuhnya.

Baca juga: Cedera ACL: Penyebab, Gejala, Diagnosis, Pengobatan, dan Operasinya!

Postur tubuh buruk

Postur tubuh buruk akan mempengaruhi aktivitas sehari-hari. Kebiasaan ini akan memberikan tekanan yang berlebihan pada otot tertentu.

Sehingga tubuh mengalami pegal-pegal dan linu, kebiasaan duduk dengan punggung bungkuk dapat menyebabkan sakit pada leher atau tumpuan badan seperti punggung dan kaki.

Stres

alkalosis respiratorik

Stres menjadi salah satu penyebab karena sistem imun mengalami penurunan saat melawan peradangan. Tubuh akan rentan infeksi hingga badan terasa sangat pegal.

Bila pegal diikuti dengan gejala lain seperti keringat dingin, gemetar, sesak nafas hebat hingga naiknya tekanan darah, segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui sebab pastinya.

Posisi kurang tepat saat berhubungan seksual

Penyebab lain dari kondisi ini yaitu posisi yang kurang tepat saat berhubungan seksual. Otot dapat menekan bagian tubuh tertentu sehingga badan harus menekuk, menggantung atau mengangkat dengan tidak tepat.

Baca juga: 6 Tips Melakukan Posisi Cowgirl yang Aman dan Menggairahkan

Kurang tidur

Tidur merupakan cara tubuh untuk beristirahat dari aktivitas yang panjang dan banyak. Sel tubuh juga akan meregenerasi dirinya pada saat tidur. Jika kurang tidur, maka energi dapat berkurang yang menyebabkan pegal tak dapat terhindarkan.

Dehidrasi

Kekurangan cairan pada tubuh menyebabkan kerja tubuh menjadi tidak optimal, akibatnya tubuh akan mengalami kelelahan, pegal, sakit kepala hingga nyeri di seluruh tubuh.

Kekurangan nutrisi

Kurang nutrisi seperti vitamin D dan kalium dapat menyebabkan tubuh pegal meskipun tidak sedang beraktivitas fisik yang berat.

Vitamin D bermanfaat dalam memastikan otot berfungsi dan membantu penyerapan kalsium menjadi optimal.

Masalah kesehatan

Beberapa masalah kesehatan yang dapat menimbulkan kondisi ini seperti sindrom kelelahan kronis, artritis, anemia, klaudisio, influenza, lupus dan lain sebagainya.

Penyakit yang memicu pegal tersebut harus segera ditangani oleh dokter apabila telah menunjukkan gejala dan perlu penanganan segera.

Bagaimana cara mengatasi pegal di seluruh tubuh?

Baca juga: Lelah Pegal Akibat Salah Bantal? Ini Titik Refleksi untuk Pijat

Cara menghilangkan pegal-pegal diseluruh tubuh

tidur yang cukup

Salah satu cara untuk mengatasi pegal-pegal adalah mengetahui apa yang menjadi penyebabnya dan melakukan penanganan yang tepat.

Jika pegal dipicu oleh aktivitas fisik yang berlebihan, ada beberapa cara mudah untuk mengatasinya, yaitu:

kompres hangat atau dingin

Pegal-pegal dapat diatasi dengan cepat menggunakan kompres baik hangat atau dingin. Air dingin untuk meredakan nyeri dan air hangat untuk mempermudah aliran darah sehingga pegal segera mereda.

Istirahat sejenak

Istirahat adalah cara terbaik mengatasi pegal-pegal pada tubuh. Ciptakan ruang berbaring yang nyaman, cahaya redup, kamar sejuk dan tenang agar istirahat menjadi maksimal.

Baca juga: 5+ Penyebab Susah Tidur yang Jarang Kamu Ketahui

Mandi air hangat

Mandi air hangat dapat mengatasi pegal di seluruh tubuh, membantu otot menjadi lebih rileks dan lebih nyaman.

Konsumsi obat pereda nyeri dan pegal linu

Obat pereda nyeri banyak dijual di pasaran seperti aspirin, ibuprofen, naproxen, acetaminophen. Gunakan dan konsumsi sesuai dengan petunjuk agar membantu meredakan nyeri dan pegal.

Sedangkan obat lain bisa menggunakan gel, kri, atau koyo yang meredakan nyeri dengan lebih cepat.

Peregangan otot

Lakukan peregangan otot dengan hati-hati dan lembut agar otot tidak terlalu tegang. Bila perlu minta bantuan ahli peregangan agar tidak semakin nyeri atau pegal.

Pijatan

Pijatan menjadi alternatif saat badan pegal linu. Pijat bagian yang nyeri dengan lembut. Jika otot rileks, maka pegal akan berkurang dan tubuh menjadi lebih nyaman.

Mengendalikan stres

Kendalikan stres agar tubuh tidak semakin merasakan kelelahan. Relaksasi tubuh bisa dilakukan dengan yoga atau meditasi untuk mengatasi ketegangan. 

Banyak minum air

Air merupakan komponen yang sangat penting untuk membantu meningkatkan asupan cairan. Perbanyak minum air agar nyeri dan pegal-pegal dapat segera diredakan.

Selain melakukan pengobatan pada pegal linu, adakah cara untuk melakukan pencegahan agar pegal tidak terasa pada tubuh?

Baca juga: 10 Penyebab Sakit Punggung pada Wanita, Yuk Cermati Tandanya!

Pencegahan pegal linu di tubuh

olahraga saat pms

Pegal umumnya disebabkan karena aktivitas fisik yang berlebihan, ada baiknya kamu melakukan beberapa pencegahan berikut ini agar pegal-pegal tidak perlu dirasakan, yaitu:

  • Lakukan peregangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan fisik yang berat, apalagi jika kamu tidak terbiasa melakukan aktivitas seberat itu. Peregangan akan membuat otot bersiap-siap dan tidak terlalu kaget dengan aktivitas yang akan kamu lakukan.
  • Lakukan pemanasan dan pendinginan selama 5 menit secara rutin.
  • Perbanyak minum air dan jaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik.
  • Rajin berolahraga akan membuat otot kencang lebih optimal.
  • Jika otot menjadi kaku saat terlalu lama duduk, lakukan peregangan pada waktu-waktu tertentu untuk membuat otot lebih rileks.

Pegal pada badan memang dapat dirasakan siapapun dan dimanapun. Tetap lakukan peregangan ringan agar otot tidak terlalu tegang.

Jika pada kondisi tertentu pegal-pegal tetap dirasakan dan semakin parah, jangan segan untuk memeriksakan diri untuk mendapatkan penanganan yang tepat, ya!

Share artikel ini
Reference