titik pijat refleksi salah bantal

Posisi tidur yang salah dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada leher. Istilah ini dikenal sebagai titik refleksi salah bantal.

Nyeri leher biasanya terkonsentrasi di satu lokasi di leher, tetapi bisa juga menyebar. Kondisi bantal yang salah bisa membuat otot terasa tegang dan kaku serta nyeri saat bergerak.

Salah satu metode pijat yang banyak digunakan untuk melegakan akibat salah bantal tersebut adalah pijat refleksi atau dikenal juga dengan akupresur. Namun, pijat ini perlu dilakukan pada titik tertentu supaya hasilnya optimal. Yuk simak selengkapnya! 

Area titik salah bantal

Dengan mengetahui area titik salah bantal, kamu bisa meredakan nyeri di lehermu dengan pijatan. Beberapa titik refleks yang bisa kamu pijat untuk membantu meredakan gejala nyeri leher antara lain:

1. Jian Jing

Titik pijat jiang jing

Refleksi pertama dari bantal yang salah adalah jian jing, yang terletak di otot bahu, sekitar setengah jalan di mana leher dan lengan atas dimulai.

Titik ini digunakan untuk meredakan sakit kepala dan ketegangan otot, dan karena itu dianggap efektif dalam pengobatan leher yang pegal atau kaku, seperti yang disebabkan oleh penggunaan bantal yang salah.

Jangan memijat titik ini selama masa kehamilan karena dapat memicu persalinan.

2. He gu

titik pijat he gu

Hegu terletak di lipatan “jaring” kulit antara ibu jari dan jari telunjuk. Ahli pijat refleksi mengklaim bahwa merangsang titik ini dapat membantu menghilangkan rasa sakit di berbagai bagian tubuh, termasuk leher. Sama halnya dengan jian jing, jangan memijat titik ini saat sedang hamil.

Baca juga: Pijat Ibu Hamil, Ketahui Manfaat Tips dan Risikonya! 

3. Feng chi

Area titik pijat untuk feng chi ada di belakang daun telinga, mengarah ke bagian atas leher dan pangkal tengkorak.

Seringkali, ahli pijat refleksi menggunakan area ini untuk mengobati banyak penyakit, mulai dari kelelahan hingga sakit kepala.

Merangsang titik ini dapat mengobati leher yang terasa kaku akibat penggunaan bantal yang salah.

4. Zhong zu

pijat refleksi

Zhong zu merupakan titik refleksi yang terdapat di tangan, lebih tepatnya di antara buku-buku jari di atas jari kelingking dan jari manis.

Saat diaktifkan, tekanan yang diberikan pada titik ini dapat merangsang berbagai bagian otak, meningkatkan sirkulasi darah dan melepaskan ketegangan.

Saat leher terasa nyeri dan tegang, kamu bisa memijat area tersebut untuk meredakan gejalanya.

5. Heaven’s pillar

titik refleksi pijat salah bantal

Titik refleksi yang terakhir ini berada di sisi leher, di dasar tengkorak, sekitar 2 inci dari atas tulang belakang, tepat di atas bahu.

Jika kamu memijat bagian ini, kamu bisa mengatasi pembengkakan kelenjar getah bening dan melepaskan sumbatan yang menyebabkan leher terasa berat dan nyeri.

Tips melakukan pijat refleksi

Selain mengetahui area titik salah bantal, kamu juga perlu tahu teknik pemijatan yang tepat. Lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Biarkan tubuhmu rileks, lalu ambil napas dalam-dalam.
  • Identifikasi titik refleksi salah bantal untuk dipijat.
  • Pijat area tersebut dengan tekanan yang kuat dan dalam. Putar jari-jarimu dalam gerakan melingkar atau ke atas dan ke bawah.
  • Pijat selama 3-4 menit per titik.
  • Fokus pada setiap titik.
  • Jika mengalami peningkatan rasa sakit di bagian tubuh mana pun selama pemijatan, segera hentikan pemijatan.
  • Ulangi pijat refleksi sepanjang hari jika kamu merasa lebih baik. Tidak ada batasan berapa kali kamu dapat melakukan akupresur per hari.

Baca juga: Tips Memilih Bantal Tidur yang Nyaman dan Baik untuk Kesehatan

Pijat lain untuk atasi salah bantal

Selain memberi pijatan pada titik refleksi salah bantal, ada beberapa jenis pijat lain yang bisa kamu coba, yaitu:

1. Pijat Swedia

Pijat Swedia atau Swedish massage adalah jenis pijat yang paling umum dalam budaya Barat.

Pijat ini dirancang untuk meningkatkan relaksasi seluruh tubuh melalui pijatan dengan tekanan yang lama dan stabil. Gerakan ini biasanya dilakukan dengan mengikuti aliran darah ke jantung.

2. Deep tissue massage

Metode pijat yang satu ini adalah metode pijat yang biasanya menggunakan ketukan dan gesekan yang lebih dalam untuk mencapai lapisan otot dan jaringan ikat yang lebih dalam.

Pijat ini juga disebut pijat jaringan ikat. Umumnya, deep tissue massage lebih fokus pada area nyeri kronis dibanding pijat Swedia.

Nah, itulah beberapa fakta tentang titik refleksi salah bantal yang perlu kamu ketahui. Sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi ketika lehermu nyeri karena salah bantal. Kamu bisa mengatasinya sendiri. Jangan lupa lakukan gerakan pijat dengan benar ya!

Share artikel ini
Reference