kalori kecap manis

Kecap manis merupakan penyedap yang banyak digunakan dalam masakan Indonesia. Namun, sebenarnya berapa sih kalori kecap manis dan apakah mengkonsumsi kecap manis ini ada manfaatnya untuk tubuh? Yuk, ketahui jawabannya dalam ulasan berikut.

Berapa kalori kecap manis dan kandungannya?

Menurut US Department of Agriculture dalam setiap 1 sendok makan kecap manis memiliki kandungan kalori sebesar 10 kkal. Bukan hanya mengandung kalori, kecap manis juga mengandung:

 2 gram protein

0.1 gram lemak

0 gram karbohidrat

920 mg natrium

Manfaat kecap manis

Ternyata, kecap manis juga memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk tubuh. Berikut beberapa manfaat mengkonsumsi kecap manis.

1. Antialergi

Penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Molecular Medicine, mengungkapkan bahwa kecap memiliki efek yang dapat mengurangi respon pada alergi. Bahkan, disebutkan efek anti alergi ini seampuh obat alergi. 

2. Baik untuk pencernaan 

Manfaat kecap manis selanjutnya adalah dapat meningkatkan sekresi lambung yang dapat membuat pencernaan menjadi terjaga. Bukan hanya itu, mengkonsumsi kecap manis juga dapat melawan bakteri Salmonella enteritidis, E. coli dan bakteri patogen dalam usus lainnya.

4 Jenis Makanan Untuk Penderita Melena, Hentikan Gangguan Pencernaan Dengan Segera

3. Menjaga kadar kolesterol jahat 

Menurut FDA kecap dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, kecap juga dapat membantu menurunkan kadar trigliserida serta membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. 

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kecap diketahui dapat meningkatkan produksi imunoglobulin A pada tubuh. Ini merupakan antibodi yang berguna untuk melawan virus dan patogen dengan lebih baik. Selain itu, kecap juga memiliki kandungan jenis karbohidrat yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, loh. 

5. Menurunkan tekanan darah 

Pada penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Food Science tahun 2010, menyebutkan jika kecap mempunyai potensi antihipertensi. Dengan begitu, kecap manis dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi dengan cukup efektif.

6. Sumber natrium yang penting untuk tubuh

Kecap manis memiliki kandungan natrium yang penting untuk tubuh. Bahkan, dalam setiap satu sendoknya, kecap maning memiliki kandungan natrium hampir 40 persen yang dibutuhkan tubuh tiap harinya. 

Selain pada kecap, natrium umumnya ditemukan pada garam. Manfaatnya adalah untuk menjaga elektrolit dan cairan tetap seimbang, menjaga kestabilan tekanan darah hingga menjaga kinerja saraf dan otot. 

7. Kaya antioksidan 

Kecap manis memiliki kandungan antioksidan alami yang disebut dengan shoyufalvones. Ini adalah antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung, serta memperlambat tanda penuaan dini.

Bukan hanya itu, kecap manis juga diketahui dapat menurunkan produksi asam lambung, baik untuk pencernaan hingga mengurangi efek peradangan.

15+ Makanan yang Mengandung Antioksidan Tinggi, Lezat dan Bergizi!

8. Tinggi protein 

Kecap manis terbuat dari kedelai yang memiliki kandungan protein nabati yang banyak. Kandungan yang satu ini memiliki banyak manfaat dari mulai menjaga berat badan tubuh agar tetap stabil, menurunkan risiko diabetes tipe 2, hingga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. 

9. Kaya akan zat besi

Kecap manis juga memiliki kandungan zat besi yang merupakan mineral penting untuk tubuh. Kandungan zat besi sendiri berguna untuk mencegah gejala anemia, melancarkan peredarah darah hingga membantu tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan. 

 Zat besi adalah mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kecap mengandung cukup banyak zat besi yang bisa membantu melancarkan peredaran darah, mencegah gejala anemia, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Alternatif kecap manis

diabetes kering

Setelah mengetahui kalori kecap manis dan manfaatnya bagi kesehatan, kamu juga perlu tahu berbagai alternatif pengganti kecap manis. Pasalnya, mengkonsumsi kecap manis tidak boleh lebih dari 203 sendok makan per hari. Ini karena jika mengkonsumsi kecap manis berlebih dapat menyebabkan risiko diabetes.

Selain itu, kecap manis juga memiliki kandungan gula dan sodium yang buruk untuk program penurunan berat badan. Namun, sayangnya sebagian besar makanan indonesia menggunakan kecap manis sebagai komponennya.

Ini sebabnya, kamu perlu mengganti kecap manis dengan berbagai alternatif lain seperti kecap inggris, saus tiram, kecap kalapa, coconut aminos, hingga kecap ikan.

Kamu bisa gunakan alternatif kecap ini pada makanan yang kamu buat sehingga lebih sehat dan berat badan lebih terjaga. Hal yang terpenting adalah tidak mengkonsumsi kecap manis secara berlebih, ya supaya kamu bisa mendapatkan manfaatnya.

Penulis: Intan Dwiyanti

Share artikel ini
Reference