Penyebab sakit punggung pada wanita
Kesehatan Umum

10 Penyebab Sakit Punggung pada Wanita, Yuk Cermati Tandanya!

Putri Aprillia | Maret 18, 2022
Share

Hai ladies, apakah kamu sering mengalami sakit punggung? Sakit punggung terkadang membuat semua aktivitas menjadi tidak nyaman dilakukan. Bahkan mungkin sampai mengganggu aktivitasmu sehari-hari. Kira-kira apa penyebab sakit punggung pada wanita? Apakah sakit punggung bisa mengindikasikan keluhan atau penyakit tertentu?

Untuk mengetahui detailnya, yuk simak apa saja penyebab sakit punggung dan bagaimana meredakannya agar tidak mengganggu aktivitas.

Pengertian sakit punggung pada wanita

Sakit punggung pada wanita adalah suatu perasaan nyeri di punggung yang bisa terasa sampai tulang belakang. Keluhan ini sangat umum terjadi dan bisa dialami oleh siapa saja lho. Terkadang rasa sakit ini bisa merambat dan terasa sampai ke bokong, bagian belakang paha sampai lutut.

Sakit punggung biasanya merupakan gangguan dari sistem muskuloskeletal. Sistem ini meliputi fungsi sendi, otot, ligament, tendon dan saraf serta tulang belakang. Gangguan pada sistem ini akan mempengaruhi struktur anggota badan, leher hingga punggung.

Ada beberapa kondisi serius yang ditandai dengan sakit punggung. Untuk dapat mengatasinya, kamu perlu mengetahui penyebab sakit punggung pada wanita agar segera dapat diketahui penyebab dan bagaimana cara tepat meredakannya.

Penyebab sakit punggung pada wanita

Sakit punggung pada wanita bisa disebabkan karena beberapa kondisi berikut ini:

  • Fibromyalgia. Suatu kondisi nyeri pada otot dan kekakuan yang menyebabkan nyeri pada punggung dan terkadang meluas.
  • Kehamilan. Sakit punggung dapat disebabkan karena perubahan hormonal dan tekanan yang diberikan pada area punggung karena janin sedang tumbuh, termasuk pada tulang ekor. Jadi, kehamilan menjadi penyebab sakit punggung pada wanita yang paling utama.
  • Spondylolisthesis degenerative. Punggung bawah mengalami masalah dan terhelincir sehingga mengganggu akar saraf tulang belakang
  • Disfungsi sendi sakroiliaka. Penyebab sakit punggung pada wanita yang selanjutnya adalah karena kehamilan, pola jalan, cedera dan beberapa penyakit pada punggung belakang.
  • Osteoarthritis di tulang punggung. Sakit punggung ini disebabkan karena kerusakan tulang rawan pada sendi facet. Sakit ini menjadi kerusakan dan penipisan tulang.
  • Gangguan medis. Gangguan medis dapat menyebabkan nyeri pada punggung seperti infeksi kandung kemih atau gangguan ginjal, fibroid rahim, infeksi panggul dan gangguan ovarium.
  • Sindrom piriformis. Gangguan punggung ini disebabkan karena kejang pada otot piriformis. Otot ini terletak jauh di dalam bokong sehingga disebut dengan sindrom piriformis.
  • Nyeri tulang ekor. Sakit punggung pada wanita dapat disebabkan karena nyeri di ujung tulang ekor belakang. Kondisi ini bisa terjadi karena trauma.
  • Endometriosis. Sakit punggung ini disebabkan karena kelainan ginekologi yang menyerang wanita sehingga menyebabkan jaringan rahim yang tumbuh di luar rahim.
  • Fraktur tulang belakang osteoporosis. Saat kepadatan tulang menurun, maka tulang bisa rapuh dan rentan patah sehingga disebut dengan osteoporosis.

Berbagai jenis sakit punggung ini mempunyai gejala umumnya yang hampir sama, bagaimana gejala dan tandanya?

Gejala sakit punggung pada wanita

Sakit punggung pada wanita mempunyai gejala umum tergantung dari tingkat keparahan dari sakitnya, gejala yang umum terjadi antara lain:

  • Sensasi sakit atau terbakar di area punggung
  • Muncul nyeri tiba-tiba dan bertambah parah
  • Rasa sakit punggung bisa disertai dengan otot kaku dan kejang
  • Rasa sakit dapat bertahan atau muncul
  • Sakit dapat menjadi parah saat bergerak atau aktivitas

Terkadang rasa sakit punggung bisa disebabkan karena kebiasaan atau aktivitas yang tanpa sengaja membuat sakit pada area punggung dan menjadi penyebab sakit punggung pada wanita seperti:

  • Postur tubuh kurang baik
  • Jarang olahraga
  • Keseleo
  • Duduk terlalu lama
  • Kebiasaan saat mengenakan sepatu yang tidak sesuai dengan ukuran
  • Sering membawa tas ransel dengan beban terlalu berat

Kondisi sakit punggung pada wanita harus segera ditangani apabila menunjukkan gejala seperti berikut ini:

  • Tangan, dada, kaki atau perut mati rasa
  • Kaki dan tangan terasa lemah
  • Kehilangan control untuk buang air dan tidak dapat menahan diri

Bahayakah sakit punggung yang sering dialami oleh wanita?

Apakah sakit punggung pada wanita berbahaya

Sakit punggung sama dengan jenis keluhan lainnya seperti sakit pinggang, sakit leher, pegal linu dan keluhan yang berkaitan dengan sistem gerak lainnya. Sakit di area punggung memang tidak digolongkan dalam kondisi yang berbahaya dan biasanya akan dapat pulih dengan sendirinya.

Namun, memang penyebab sakit punggung pada wanita yang beragam bisa menjadi tanda akan datangnya semua penyakit lain. Jika sakit punggung sudah menjadi serius dan tidak tertahankan, maka diperlukan praktik beberapa pengobatan dan perawatan sesuai dengan nyeri yang dialami ya, ladies.

Lalu bagaimana cara mengobat sakit punggung?

Cara mengobati sakit punggung pada wanita

Sakit punggung yang sering datang dan pergi bisa menjadi tanda keluhan lain dalam tubuh. Ada beberapa rekomendasi untuk meringankan rasa sakit pada punggung dengan cara dibawah ini:

Aktif berkegiatan

Salah satu cara untuk dapat meminimalisir rasa nyeri pada punggung adalah tetap melakukan aktivitas seperti biasa. Tetap lakukan aktivitas dan rasa sakit akan pelan-pelan mereda.

Penggunan obat

Sakit punggung yang tidak kunjung hilang bisa coba diredakan dengan penggunaan obat seperti naproxen atau ibuprofen yang bisa mengurangi rasa nyeri atau sakit di punggung. Terkadang dokter akan menyarankan untuk penggunaan relaksan pereda nyeri namun memiliki efek pusing dan mengantuk.

Terapi fisik

Latihan fisik dapat dilakukan secara mandiri seperti latihan aerobic, latihan untuk perbaikan postur, peregangan dan tes toleransi terhadap rasa sakit.

Prosedur operasi

Prosedur operasi bisa menjadi salah satu cara yang mungkin dilakukan menyesuaikan dengan tingkat keparahan, kondisi dan gejala yang dialami.

Kompres

Melakukan kompres dingin bisa dilakukan agar mengurangi efek bengkak pada kulit. Lapisi es batu dengan handuk dan aplikasikan 10-20 menit pada bagian yang sakit.

Penyebab sakit punggung pada wanita bisa menjadi tanda penyakit lain yang perlu diwaspadai. Segera konsultasi dengan dokter jika sakit punggung datang terus menerus disertai dengan gejala lain yang menyakitkan agar segera dilakukan penanganan yang tepat ya, ladies.

Reference
Share