Manfaat mandi air hangat

Mandi dengan air hangat terkadang menjadi salah satu cara saat tubuh tidak fit dan menunjukkan tanda sakit. Manfaat mandi air hangat juga dipercaya mampu meredakan berbagai gejala penyakit dan sebagai salah satu treatment kesehatan.

Apa yang menjadi manfaat mandi dengan air hangat dan bagaimana tips mandi air hangat yang benar agar bisa mendapatkan manfaatnya? Yuk simak disini.

Mandi air hangat untuk kesehatan

Manfaat mandi air hangat tentunya berkaitan erat dengan kesehatan. Menurut dr. Bobby Buka yang merupakan ahli Dermatologis New York menerangkan bahwa mandi air hangat memiliki dampak terapeutik. Efek ini dapat membuat kulit menjadi jauh lebih segar dan aliran darah meningkat sehingga lebih menyehatkan.

Mandi dengan air hangat dapat merilis hormon endorphin di mana perasaan lega dan bahagia akan terlepas saat mandi, secara tidak langsung tubuh akan merasa fit dan lebih segar kembali.

Manfaat mandi air hangat

Mandi dengan air hangat sejak dulu dipercaya sebagai salah satu cara menjaga kesehatan dan menjauhkan tubuh dari berbagai serangan penyakit. Manfaat tersembunyi saat kamu mandi dengan air hangat antara lain:

1. Menurunkan gula darah

Gula darah dan kalori tinggi dapat diturunkan dengan mandi air hangat secara teratur. Menurut Loughborough University, mandi air hangat dapat mengontrol gula darah dan memaksimalkan energi untuk membakar kalori sebanyak 140 kkal.

2. Membantu tidur nyenyak

Kamu punya masalah tidur? Ternyata, mandi dengan air hangat dapat membuat tidur semakin nyenyak. Otot dan tubuh menjadi rileks dan lemas sehingga tingkat kualitas tidur juga menjadi lebih baik.

3. Melemaskan otot

Mandi air hangat tidak berbeda dengan kegiatan pijat seluruh badan yang membantu otot menjadi rileks. Manfaat mandi air hangat yaitu dapat meredakan pegal pada otot bahu, punggung dan leher.

4. Menurunkan tekanan darah

Mandi air hangat dapat menurunkan tekanan darah sehingga berefek baik untuk memperbaiki kondisi jantung dan penyakit lain yang dapat timbul karena tekanan darah tinggi. Untuk pasien dengan darah tinggi dapat berkonsultasi dengan dokter agar mendapat rekomendasi yang tepat untuk mandi air hangat.

5. Kulit jauh lebih sehat

Mandi dengan air hangat dapat membuat pori kulit melebar. Racun dan zat berbahaya dalam tubuh akan keluar dengan sendirinya saat kamu mandi dengan air hangat.

6. Melembabkan kulit

Hayoo, siapa yang ingin kulit lebih lembut dan sehat? Mandi air hangat bisa jadi solusinya! Mandi air hangat memiliki efek baik untuk kulit yaitu dapat melembabkan kulit dengan efektif, alami, dan kulit akan terasa lebih lembut dan sehat.

7. Meringakan sakit kepala

Sakit kepala biasanya disebabkan karena pembuluh darah yang menegang, dengan manfaat mandi air hangat, sakit kepala menjadi jauh lebih reda dan ringan. Cara ini bisa jadi alternatif untuk meredakan sakit kepala tanpa obat.

8. Melancarkan sirkulasi darah

Dengan mandi air hangat, sirkulasi darah menjadi lebih lancar karena adanya tekanan jantung yang lebih kuat. Ini sama halnya dengan latihan ringan sehingga sirkulasi darah menjadi normal.

9. Meredakan gejala flu

Uap pada air hangat dapat digunakan sebagai penyembuh alami untuk gejala flu dan pilek. Berendam dengan air hangat selama 10-15 menit dapat membantu tubuh menjadi lebih fit.

Apakah aman mandi air hangat setiap hari?

Mandi dengan air hangat memang dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk dapat menjaga kesehatan, namun tentunya kamu harus membatasi untuk tidak terlalu sering mandi dengan air hangat. Kenapa? Berikut penjelasannya!

  • Suhu tubuh tidak seimbang. Mandi air hangat setiap hari dapat memperlebar pembuluh darah sehingga resisten pembuluh menjadi turun. Hal ini juga dapat menyebabkan tekanan darah turun dan jantung memompa darah lebih cepat, akibatnya seseorang dapat mengalami pusing atau kepala berputar.
  • Mual dan muntah. Kebiasaan mandi air hangat setelah makan dapat memicu mual dan muntah karena aliran darah terganggu dan langsung mengalirkan ke pembuluh darah, untuk itu disarankan tidak makan sebelum mandi air hangat.
  • Kulit kering. Meskipun bisa melembabkan, namun mandi dengan air hangat setiap hari dan terlalu sering dapat membuat fungsi kelenjar minyak menurun dan kulit kering sehingga dapat mengalami kerusakan.
  • Kesehatan janin. Paparan air hangat yang terlalu sering dapat mengakibatkan kecacatan janin pada usia kehamilan 4-6 minggu sehingga ibu hamil harus membatasi diri atau berkonsultasi dulu dengan dokter kandungan.

Tentunya mandi air hangat bisa direkomendasikan asal tidak terlalu sering sehingga dapat merasakan manfaat mandi air hangat dengan lebih maksimal untuk kesehatan. Bagaimana tips mandi air hangat yang baik?

Tips sebelum mandi air hangat

Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mandi dengan air hangat antara lain:

  • Bersihkan tempat mandi, apalagi jika ingin menggunakan bath tub.
  • Hindari memakai suhu air terlalu tinggi. Suhu terbaik air hangat untuk mandi adalah 40 derajat celcius.
  • Suhu yang terlalu tinggi dapat menjadi sebab kulit kering dan rusak.
  • Tidak perlu menggosok atau eksfoliasi kulit secara berlebihan untuk menghilangkan minyak dan kotoran.
  • Berendam selama 10-15 menit dan jika kulit menunjukkan tanda kemerahan, sesak nafas, pusing atau mual segera bilas dan selesaikan aktivitas mandi.
  • Keringkan tubuh dengan handuk yang lembut, memakai pakaian dengan bahan yang juga aman untuk kulit.

Begitu banyak manfaat mandi air hangat untuk kesehatan, namun untuk penderita jantung sebaiknya tidak terlalu lama ketika mandi dengan air hangat. Cukupi kebutuhan cairan dan mandi air hangat dengan intensitas sewajarnya agar tetap berkhasiat untuk tubuh, ya.

Share artikel ini
Reference