manfaat mencuci wajah dengan air hangat

Mencuci wajah sangat penting untuk menjaganya dari bakteri dan kotoran. Banyak orang yang masih bingung apakah cukup mencuci wajah sebaiknya dengan air dingin atau hangat.

Manfaat keduanya memang terkadang tidak dapat dipisahkan dimana air hangat dapat membantu membuka pori-pori kulit dan air dingin menutupnya.

Namun ternyata untuk mencuci wajah banyak direkomendasikan menggunakan air hangat. Apa saja manfaat air hangat untuk wajah? Yuk coba simak di sini!

Mencuci muka pakai air hangat atau air dingin?

mencuci muka

Mencuci wajah merupakan kebiasaan yang baik agar wajah senantiasa bersih, bebas dari kotoran dan bakteri.

Namun menurut American Academy of Dermatology, mencuci wajah lebih direkomendasikan menggunakan air hangat.

Tidak hanya membantu membuka pori-pori kulit, namun air hangat juga dapat mengecilkan pori-pori yang terlalu lebar. 

Air hangat juga menjadi titik tengah yang dapat digunakan oleh semua jenis kulit dan aman dilakukan setiap hari.

Mencuci wajah juga disarankan setiap hari agar kotoran, make up, minyak, sel kulit mati, polusi dan benda kotor dapat diangkat agar wajah terbebas dari masalah.

Manfaat air hangat untuk wajah dapat membuka pori-pori kulit sehingga Ketika kamu memakai produk perawatan tertentu.

Bahan aktifnya dapat bekerja dengan maksimal dan manfaatnya untuk wajah juga akan lebih terasa. Apa saja manfaat air hangat untuk wajah?

Manfaat Mandi Air Hangat Untuk Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

Manfaat mencuci wajah menggunakan air hangat

Banyak cara untuk membuat wajah senantiasa bersih dan sehat, salah satunya yaitu mencucinya dengan air hangat. Berikut manfaat air hangat untuk wajah yang dapat kamu rasakan:

1. Melancarkan sirkulasi darah

Sirkulasi darah yang lancar pada kulit akan membantu menangani berbagai masalah kulit. Air hangat dapat secara ampuh melancarkan sirkulasi darah yang terhambat sehingga membantu kulit lebih tenang, bercahaya hingga berbebas dari masalah wajah.

2. Mengatasi jerawat

Jerawat banyak terbentuk dari kotoran, minyak dan sebum yang menghambat pori-pori kulit.

Air hangat dapat membuka pori lebih besar dan mengangkat semua kotoran sehingga wajah akan lebih bersih, mengatasi banyak masalah wajah seperti jerawat, bintik hitam hingga komedo.

3. Bersihkan pori-pori

Untuk menjaga Kesehatan kulit wajah, semuanya dapat diawali dari Kesehatan pori-pori. Air hangat dapat membantu membuka pori lebih lebar sehingga segala kotoran, sel kulit mati dapat terangkat dengan sempurna.

Membersihkan wajah dengan cara ini juga lebih hemat karena tidak perlu menggunakan produk mahal untuk membersihkan pori-pori kulit.

11 Manfaat Air Cucian Beras Untuk Wajah, Mudah dibuat dari Rumah!

4. Menenangkan kulit

Wajah yang dicuci dengan air hangat akan lebih tenang dan rileks karena air hangat dapat mengeluarkan uap yang membantu kulit menjadi lebih tenang.

Kulit wajah yang sering dicuci dengan air hangat juga dapat berdampak pada pikiran yang tenang dan tidur yang nyaman.

5. Menyerap skincare

Penggunaan air hangat untuk mencuci wajah sebelum menggunakan skincare rupanya sangat berdampak pada penyerapan skincare yang maksimal. Banyak masalah jerawat dapat mudah teratasi apabila skincare dapat terserap dengan maksimal.

6. Melembabkan kulit

Kulit yang kering tentu akan mudah rusak dan rapuh. Air hangat mampu melembabkan kulit dengan kebiasaan mencuci wajah dengan air hangat.

Cara ini juga sangat mana dilakukan dimana menghidrasi kulit dapat dilakukan dari luar dan dalam.

Cari Tahu Manfaat Timun Untuk Wajah, Hilangkan Jerawat!

7. Menghilangkan komedo

Komedo yang bersarang pada wajah terkadang sulit diangkat dan dilembutkan. Dengan menggunakan air hangat, komedo pada wajah dapat menjadi lebih lembut dan terangkat dari wajah.

Produksi minyak dapat dikontrol sehingga sel kulit mati dan komedo dapat dibersihkan hingga tuntas. 

8. Mencegah penuaan dini

Mencuci wajah dengan air hangat dapat mengencangkan kulit wajah secara alami. Produksi kolagen akan semakin banyak dan masuk lewat pori-pori yang terbuka lebar.

Tanda penuaan seperti kerutan, wajah kendur dan kerusakan kulit wajah dapat diatasi dengan cara ini.

Untuk membantu wajah terasa lebih bersih dan segar, kamu perlu mengetahui tips mencuci wajah yang benar. Yuk simak!

Deretan Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi, Wajib Coba!

Tips mencuci wajah

rutin mencuci wajah

Manfaat air hangat untuk wajah sangat baik untuk menjaga kulit dari berbagai masalah wajah. Namun ada juga tips untuk mencuci wajah yang benar, yaitu:

  • Sebelum mencuci wajah dengan air hangat, pastikan kamu melakukan double cleansing dengan menggunakan make up remover atau sabun cuci wajah. Cara ini sangat efektif untuk membantu mengaktifkan sisa riasan dan kotoran yang menempel pada wajah.
  • Hindari menggunakan pembersih wajah yang mengandung pewangi dan alkohol. Pakailah produk yang aman dan lembut sesuai dengan tipe kulit yang kamu miliki. Sabun khusus juga dapat membantu menjaga ph kulit menjadi lebih seimbang.
  • Hindari menggosok wajah dengan kasar dan basuhlah dengan lembut agar tidak merusak lapisan kulit. Tidak perlu berlama-lama dalam membilas dan membasuh wajah, yang penting kamu rutin melakukannya.
  • Gunakan handuk wajah atau tisu setelah selesai mencuci wajah. Membiarkan wajah kering sendiri dapat menyebabkan kulit kering karena sisa air pada wajah. Gunakan handuk bersih dan ganti secara berkala.
  • Cuci dan basuh wajah secara berkala namun jangan terlalu sering karena dapat menyebabkan kulit semakin kering. Cuci wajah pada pagi dan malam hari atau saat berkeringat. Selalu gunakan pelembab setelah mencuci wajah agar tetap terhidrasi dengan baik.

Manfaat air hangat untuk wajah ini dapat diaplikasikan untuk semua jenis kulit. Cuci wajah dengan rutin namun tidak perlu terlalu sering agar tetap bersih, terhidrasi dan menghindari kulit kering.

Share artikel ini
Reference