ciri ciri ekstrovert

Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) merupakan salah satu alat psikotest yang dirancang untuk dapat mengukur preferensi seseorang dalam membuat keputusan dan menjadi dasar murni psikologis seseorang.

Dikembangkan oleh Isabel Briggs Myers sejak 1940, tes psikologi ini sering menjadi cara untuk mengukur kepribadian, bakat dan kecerdasan seseorang. Salah satu dari 16 tipe MBTI adalah pribadi ENFP. Apa itu ENFP? Yuk simak pembahasan lengkapnya, yoonies!

Apa itu ENFP?

ENFP merupakan satu dari 16 kepribadin yang dikembangkan oleh MBTI, tes psikologi yang dirancang untuk mengukur bakat, kecerdasan dan kepribadian seseorang. ENFP sendiri merupakan singkatan dari extraverted, intuitive, feeling, dan perceiving. Banyak yang menjuluki kepribadian ini sebagai pribadi yang energik, karismatik hingga mandiri.

Tak kurang dari 7% populasi di dunia memiliki jenis kepribadian ini dan sebagai pribadi yang memiliki energi positif untuk orang di sekitarnya, tak jarang banyak yang menjuluki kepribadian ini dengan sebutan motivator. Bagaimana tipe kepribadian yang serba kreatif dan mandiri itu?

Memahami Karakter Seorang INTJ, Si Ahli Perencanaan Yang Rasional!

Karakteristik kepribadian ENFP

ekstrovert adalah kepribadian berbeda dengan introvert-min

Karakter dalam MBTI memang mencari jenis karakter yang paling menonjol sehingga diklasifikan dalam suatu tipe kepribadian. ENFP sendiri mempunyai bebrapa karakter yang menonjol seperti:

1. Kepedulian yang tinggi

Rasa peduli yang tinggi dimiliki oleh pribadi ini sehingga pribadi ini dikenal sangat suka menolong. Dapat memahami apa yang orang lain rasakan juga menjadikannya pribadi yang lembut dan dekat dengan orang lain.

2. Jiwa pemimpin

Jiwa pemimpin dalam diri kepribadian ini memang sangat tinggi. Mereka mampu membantu dan mendorong orang lain agar dapat merealisasikan ide positif. Mereka mempunyai kemampuan lisan dan tulisan yang baik. Dorongan dan semangatnya mampu membuat orang lain bergerak dan mewujudkan hal yang dipikirkannya.

3. Mengutamakan perasaan

Sebagai seorang ENFP, kepribadian ini memang kurang memperhatikan sifat objektif atau logika dan lebih mengikuti perasaannya meskipun tengah membuat keputusan.

4. Kemampuan sosialisasi mumpuni

Pribadi ENFP dikenal ekstrovert dan suka menghabiskan waktu bersama orang lain. Orang lain akan menjadi sumber energi dan semangat yang dapat memberinya kekuatan lebih. Pribadi ini sangat suka berada dalam situasi sosial namun tetap akan membutuhkan waktu berpikir dan merenung untuk dirinya sendiri.

5. Fleksibel

Jenis kepribadian ini memang sangat fleksibel dan mampu beradaptasi dengan segala perubahan. Banyak opso akan suatu hal sehingga hidupnya cenderung sangat bervariasi. Perubahan bukanlah suatu masalah bagi pribadi ENFP karena mereka dapat memilih banyak hal yang disukai.

6. Meriah

Pribadi ENFP adalah seroang yang sangat meriah, spontan dan sangat ringan. Mereka dapat menemukan kegembiraan dan kesenangan dengan cepat dan senang akan percakapan yang bermakna dan dalam bersama dengan orang lain.

7. Penasaran

Salah satu karakter ENFP yang snagat menonjol adalah tidak takut dengan pengalaman, petualangan dan ide baru. Mereka dapat menemukan banyak daya tarik akan suatu hal yang terkadang menurut orang lain itu membosankan. 

Imanajais yang liar, cara berpikir yang terbuka dan senang menjelajah menyebabkan mereka punya banyak kesenangan dan ketertarikan dalam hidup.

INFP Adalah Introvert yang Idealis, Apa Ciri-Ciri Lainnya?

Kelebihan dan kelemahan ENFP

Sama seperti jenis kepribadian yang lainnya, ENFP juga memiliki kekurangan dan kelebihan yang dimliki. Kelebihan yang dimiliki pribadi ENFP antara lain:

  • Pribadi yang ramah
  • Spontan
  • Selalu hangat
  • Semangat dan antusias
  • Memiliki sikap fleksibel
  • Ceria
  • Keterampilan komunikasi baik
  • Empati terhadap orang lain

Sedang kelemahan dari pribadi ENFP antara lain:

  • Terlalu mengepankan perasaan atau emosional
  • Mudah mengalami stress
  • Tidak terorganisir
  • Terkadang membutuhkan pengakuan
  • Sulit untuk mengikuti aturan

Pasangan yang cocok dengan ENFP

cara mencari topik pembicaraan

Memiliki kepribadian ENFP memang cenderung dapat menemukan pasangan yang mudah karena kesukaan mereka akan interaksi sosial dan mudah berempati dengan sesama. Akan tetapi pribadi ENFP cenderung kurang cocok dengan kepribadian yang sama, namun lebih cocok dengan INFJ atau INTJ dimana karakter mereka akan lebih menenangkan apabila ENFP sedan dalam kondisi yang tidak tenang. 

Karakter ENFP yang terkadang kekanakan juga memungkinkan INFJ (Introvert, Intuition, Feeling, Judging) atau INTJ (Introvert, Intuition, Thinking, Judging) dapat menjadi jalan untuk meraih sikap yang lebih dewasa.

Impian dan tujuan ENFP yang banyak juga dapat dibantu dan didukung oleh kebalikan dari sifat riang mereka dan cenderung membutuhkan pasangan yang lebih mandiri, dewasa serta dapat berpikir lebih rasional agar membantu ENFP yang kurang berpikir matang akan suatu hal.

Punya Kepribadian ENFP? Ini Fakta Mengenai Kepribadian Ini!

Pekerjaan yang cocok dengan ENFP

Seseorang dengan pribadi ENFP memang cocok dengan pekerjaan yang tidak ketat dengan tugas rutin, terjadwal dan padat. Ada kalanya pribadi ini menantang dan menginginkan lingkungan kerja fleksibel yang akan memberikan inovasi, pengalaman baru dan juga peluang yang membuat mereka semakin maju

Jenis pekerjaan yang cocok dengan kepribadian ini yaitu konselor, perawat, penyiar tv, wartawan, psikolog, politikus, dan pekerja sosial.

Pekerjaan jenis ini akan memberikan banyak peluang baru bagi pribadi ENFP agar semakin berkembang dan dapat menyalurkan apa yang menjadi bakat dan kesukaannya. Mereka akan tetap bertemu dengan banyak orang sehingga tetap memiliki energi yang penuh dalam melakukan segala pekerjaan. 

Kepribadian ENFP dan jenis pribadi yang lain masing-masing memiliki potensi yang besar terhadap kemajuan diri sendiri. Namun jika kamu belum menyadari apa jenis kepribadian dan potensi besar yang terdapat dalam diri sendiri, berkonsultasi dengan psikolog dapat memberikan pandangan akan jenis kepribadian apa yang kamu miliki.


Penulis: Nur Azizah

Share artikel ini
Reference