manfaat timun untuk wajah

Manfaat timun untuk wajah memang tak perlu diragukan lagi. Banyak sekali penelitian menunjukkan bahwa aplikasi timun pada wajah memberikan efek positif. Terlebih untuk kita, orang-orang Indonesia, yang umumnya memiliki kulit sawo matang.

Manfaat timun untuk wajah beberapa di antaranya ialah mengatasi jerawat dan menenangkan kulit. Selain itu, timun ternyata juga dapat digunakan untuk memutihkan kulit dan kompres mata bengkak. Bagaimana penjelasannya? Yuk simak penjelasan di bawah ini.

Manfaat timun untuk wajah

1. Menghilangkan jerawat di wajah

Menurut sebuah penelitian, mentimun dapat menurunkan kadar sebum secara signifikan. Sebum adalah zat berminyak yang dikumpulkan oleh kelenjar sebaceous di kulit, dan dengan sel kulit mati yang menyumbat folikel kulit, akhirnya menyebabkan letusan dalam bentuk jerawat.

Dalam penelitian lainnya, formulasi dengan mentimun di dalam produk kesehatan dapat menurunkan kadar air kulit dan meningkatkan kehilangan air tubuh melalui kulit, sebuah fenomena yang dikenal sebagai kehilangan air trans-epidermal (TEWL), yang memperkuat efek anti jerawat.

5+ Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah di Pipi

2. Menghilangkan keriput

Timun dapat membuatmu tetap awet muda. Karena kandungan air dan antioksidannya yang tinggi, mentimun membantu menghidrasi kulit dan membuatnya kenyal.

Menurut sebuah penelitian, jus mentimun memiliki aktivitas anti-hyaluronidase yang kuat. Ini berarti menjaga enzim hyaluronidase dari menurunkan asam hialuronat, zat alami dalam tubuh yang membantu menarik kelembapan pada kulit.

Kulitmu juga memiliki protein yang disebut elastis, yang seperti namanya menjaga elastisitas kulit. Mentimun menghambat pemecahan elastin yang disebabkan oleh enzim elastase, sehingga mengencangkan kulit dan mendukung pembaharuan sel bersama dengan pembentukan kolagen.

3. Melindungi dari sinar matahari

tips memilih sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat

Mentimun adalah tabir surya alami, bahkan krim dan losion pelindung matahari yang mengandung mentimun memiliki hasil yang positif. Hal ini disebabkan oleh flavonoid, tanin, dan vitamin C dalam mentimun yang memberikan sifat antioksidan yang membantu melawan radikal bebas yang merusak sel yang dihasilkan oleh sinar UV. 

Mentimun juga memiliki efek menghilangkan rasa sakit. Dan kedua sifat ini menjelaskan mengapa mentimun digemari dalam tabir surya dan losion pelindung matahari serta sebagai pereda sengatan matahari.

4. Menenangkan kulit dan menyembuhkan bekas luka

Jika kamu memiliki kulit sensitif, mentimun bisa menjadi sahabatmu. Memakannya tidak hanya mendinginkan tubuh saat merkuri naik, tetapi mengoleskannya secara topikal juga menenangkan kulit. Menurut data penelitian, mentimun menenangkan iritasi kulit dan mengurangi peradangan.

Sebuah penelitian juga mengungkapkan mentimun menjadi pereda nyeri yang ampuh dan penenang untuk kulit yang terbakar sinar matahari. Menjadi agen hemostatik alami atau yang mempercepat pembekuan darah, membantu menyembuhkan bekas luka kulit.

5. Menyembuhkan mata bengkak, luka bakar, dan dermatitis

Asam askorbat (vitamin C) dan asam caffeic dalam mentimun mampu mencegah retensi air, menjadikannya pilihan tepat untuk mata bengkak. Ekstrak mentimun yang dioleskan sangat membantu untuk luka bakar dan dermatitis, atau peradangan kulit.

6. Menyegarkan Kulit Dan Mengencangkannya

Efek mentimun yang menyegarkan dan mengencangkan kulit menjadikannya toner kulit alami yang sangat baik. Kamu bisa menggunakan jus mentimun atau mengencerkannya dengan air untuk digunakan sebagai toner untuk menghilangkan minyak atau sisa riasan. Pada saat yang sama, kandungan airnya yang tinggi akan membuat kulit tetap lembab dan kenyal.

Benarkah timun bisa memutihkan wajah?

berapa kalori timun

Mentimun adalah salah satu sayuran yang sangat populer dan digunakan dalam salad. Timun juga sangat bermanfaat untuk menutrisi kulit terutama untuk kulit sawo matang. Menurut banyak penelitian, manfaat timun untuk kulit sawo matang sangat berlipat ganda, karena:

  • Mentimun mengandung vitamin C, yang bermanfaat bagi kulit dan membatasi pembentukan melanin, yang memberi warna cokelat pada kulit.
  • Mentimun juga mengandung banyak air, yang membantu melembabkan kulit dengan baik dan mencegahnya mengering.
  • Penggunaan mentimun pada kulit sebagai bagian dari masker mentimun mengurangi produksi melanin.
  • Membantu memperbaharui sel-sel kulit dan membuat kulit lebih cantik.

Efek timun untuk masker mata

Ada banyak manfaat dari menaruh mentimun di mata. Timun memiliki sifat antioksidan, dan juga memiliki sifat pembersih yang membantu menghilangkan racun kimia dari tubuh dan kulit. Timun juga memiliki sifat menenangkan dan melindungi kulit dari iritasi, serta mengurangi pembengkakan.

20 Obat Alami Menghilangkan Jerawat, Bye Jerawat!

Karena kandungan air mentimun yang tinggi, sifat antioksidan, dan senyawa bioaktif yang terisolasi termasuk cucumeris A dan B dan cucurbitacins, buah-buahan ini sangat bagus untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan, menghidrasi, mencerahkan dengan lembut, dan menyejukkan kulit.

Sifat menghidrasi membantu menjaga kulit tetap sehat dan kencang, yang dapat membuat kulit tampak lebih muda dan segar. Kulit kelopak mata yang kering, dan garis-garis halus yang terkait, dapat berkontribusi pada penampilan yang menua.

Selain kaya akan air, mentimun juga memiliki vitamin C dan asam folat untuk membantu meningkatkan kesehatan kulit, vitamin K untuk membantu mengurangi lingkaran hitam, dan sifat menyejukkan untuk membantu mengatasi kulit terbakar dan keriput.

Cara memakainya sebagai masker mata, maka timun harus diletakkan di atas mata dalam bentuk irisan, bukan sebagai buah utuh. Yang terbaik adalah menggunakan irisan dengan bijinya dan meletakkannya di atas mata. Usahakan agar ukurannya dapat menutupi kelopak mata atas dan bawah.

Kamu juga bisa menggunakan mentimun dingin untuk mengobati mata bengkak. Mentimun dingin bekerja lebih baik daripada yang bersuhu ruangan. Ini karena suhu dingin menyempitkan pembuluh superfisial di kulit yang menyebabkan pembengkakan.

Cukup aplikasikan selama beberapa menit saja. Untuk hasil lebih baik, gunakan di pagi hari diikuti dengan serum, pelembab, dan SPF.

Share artikel ini
Reference