Cara melembabkan kulit kering
Hidup Sehat Perawatan Tubuh

10 Cara Melembabkan Kulit Wajah yang Kering

Putri Aprillia | Februari 18, 2022
Share

Kulit wajah bisa menjadi kering jika tidak dapat mempertahankan kelembabannya. Hal ini bisa terjadi akibat dari cuaca, penggunaan sabun tertentu, penuaan, atau kondisi medis tertentu.

Namun, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kulit kering. Bagaimana cara melembabkan kulit wajah? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Kondisi kelembaban wajah yang normal

Setiap jenis kulit mempunyai kandungan air dan minyak. Kedua kandungan ini erat kaitannya dengan kelembaban kulit. Kulit wajah yang normal memiliki kandungan air dan minyaknya cukup dan seimbang. Sehingga, kulit wajah yang normal biasanya tidak terlalu kering dan tidak terlalu berminyak.

Jenis kulit wajah yang normal memiliki kelembaban yang cukup karena mengandung minyak alami yang tidak berlebihan. Jenis kulit ini biasanya juga tidak memiliki banyak masalah, seperti kusam, pori-pori yang besar atau warna kulit yang tidak merata. Kulit wajah yang normal juga tidak gampang terkena iritasi.

Jenis-jenis kulit dengan kelembabannya

Sebelum mengetahui cara melembabkan kulit wajah dan tips memilih pelembab, ada baiknya kamu mengetahui jenis-jenis kulit. Berikut ini adalah beberapa jenis kulit.

  • Kulit normal. Kulit jenis ini memiliki kandungan air dan minyak yang seimbang, tidak berlebihan dan tidak kekurangan. Sehingga, kulit ini memiliki kelembaban yang cukup.
  • Kulit kering atau xerosis. Kulit kering adalah kulit yang kekurangan kelembapan pada lapisan luarnya. Jika tidak ditangani, kulit kering bisa pecah-pecah dan mengalami infeksi. Kulit kering memiliki kandungan air dan minyak yang lebih sedikit dibandingkan dengan kulit normal. Jenis kulit ini tidak cukup terhidrasi dan memerlukan kelembapan ekstra.
  • Kulit berminyak. Kulit ini memiliki kandungan air yang lebih sedikit dari minyak. Kandungan minyaknya lebih banyak dibandingkan dengan kulit normal.
  • Kulit kombinasi. Kulit jenis ini memiliki kandungan air dan minyak yang lebih banyak di area tertentu. Pada area lainnya, kulit ini memiliki lebih sedikit kandungan air dan minyak dibandingkan kulit normal.

Cara melembabkan kulit wajah

Jika kamu merasa wajahmu kurang lembab, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasinya. Beberapa cara untuk melembabkan kulit wajah antara lain:

  1. Perlakukan kulit wajah dengan lembut. Jangan gunakan spons mandi dan sikat untuk menggosok wajah. Ketika mengeringkan kulit dengan handuk, lakukan dengan menepuk-nepuk bukan menggosok.
  2. Gunakan pelembab kulit setelah mencuci wajah. Pakailah dua kali sehari secara teratur.
  3. Pakailah pembersih wajah yang bebas sabun. Misalnya, Cetaphil, Oilatum-AD, dan Aquanil. Pembersih wajah yang mengandung sabun bisa menghilangkan minyak alami.
  4. Menggunakan gel lidah buaya atau susu untuk diaplikasikan ke wajah. Sebuah studi tahun 2006 mengungkapkan bahwa ekstrak lidah buaya dapat meningkatkan hidrasi kulit.
  5. Menggunakan minyak alami, seperti minyak biji bunga matahari dapat meningkatkan hidrasi kulit.
  6. Memakai petroleum jelly sebagai pelembab. Para peneliti menemukan bahwa penggunaan petroleum jelly dapat merawat kulit kering, terutama yang disebabkan oleh penuaan.
  7. Sering melakukan olahraga. Olahraga akan membantu tubuh menyuplai oksigen dan nutrisi yang cukup untuk kulit sehingga terlihat lebih cerah dan lembab.
  8. Membatasi konsumsi alkohol. Kebiasaan mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan dehidrasi karena alkohol bisa menarik cairan dari dalam kulit.
  9. Mengurangi konsumsi garam. Garam dapat menyebabkan kulit mengalami dehidrasi.
    Makan makanan yang tinggi kandungan airnya, seperti selada, timun, dan tomat.

Cara memilih pelembab kulit wajah

Salah satu cara terbaik untuk merawat kulit wajah adalah menggunakan pelembab. Pelembab dapat melawan tanda-tanda penuaan dan membuat kulit terlihat lebih sehat. Tetapi, banyaknya pilihan pelembab yang beredar di pasaran, mungkin membuat kamu kesulitan memilih yang tepat.

Berikut ini adalah beberapa cara memilih pelembab kulit wajah:

  • Gunakan pelembab yang mengandung asam hialuronat, gliserin, dan ceramide.
  • Pilihlah pelembab yang mengandung oklusif, seperti lanolin, silikon, dimetikon, minyak mineral, dan petrolatum.
  • Pastikan pelembab yang kamu gunakan mencantumkan kata non-comedogenic pada labelnya.
  • Pakailah pelembab dengan SPF agar kulit wajah terlindung dari sinar matahari.
  • Pilihlah pelembab sesuai dengan jenis kulit kamu.

Penting untuk menjaga agar kulit tetap lembab dan merawat kulit kering sesegera mungkin. Jika kulit kering tidak segera ditangani, hal ini dapat menyebabkan kemerahan, bengkak, dan nanah. Apabila terjadi hal seperti ini, segera temui dokter ya!

Reference
Share