cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi

Jerawat memang menjadi salah satu masalah kulit umum yang mengganggu. Bukan hanya itu, jerawat juga sering meninggalkan bekas hitam yang mengganggu penampilan.

Namun, tenang saja kamu bisa mencoba beberapa cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi. Simak ulasan ini lebih lanjut untuk mengetahui berbagai caranya.

Mengapa ada jerawat hitam di pipi

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan munculnya jerawat pada wajah. Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang memiliki risiko mengalami jerawat, yakni dari faktor genetik, lingkungan, hormonal dan gaya hidup seperti kurang tidur, asupan makanan, stres dan konsumsi alkohol.

Selain itu, beberapa penyebab lainnya juga dapat dikarenakan penggunaan make up atau kurang menjaga kebersihan kulit wajah. 

Ada beberapa penyebab utama munculnya jerawat pada kulit, yakni:

  • Kulit mati yang menyumbat pori-pori kelenjar pilosebasea
  • Produksi sebum (minyak) berlebih
  • Proses peradangan sebagai reaksi kuman atau bakteri yang muncul di wajah dan penggunaan produk lainnya. 

Berapa lama menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi

Cara menghilangkan bekas jerawat
Cara menghilangkan bekas jerawat

Waktu yang diperlukan untuk menghilangkan bekas jerawat di pipi pada setiap orang mungkin cukup beragam. Namun, bekas hitam tersebut umumnya akan membaik seiring dengan berjalannya waktu.

Selain itu, mungkin bekas jerawat ini tidak membutuhkan terapi khusus untuk menghilangkannya. Umumnya, bekas hitam ini dapat hilang 6-12 bulan dengan sendirinya. 

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi 

Berikut beberapa cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi yang bisa kamu lakukan:

1. Menggunakan asam salisilat

Asam salisilat akan membantu mengatasi sebum dan sel kulit mati yang menjadi penyebab munculnya jerawat. Bukan hanya itu, asam salisilat juga dapat membantu mencegah pembentukan komedo. 

Kamu bisa menggunakan produk perawatan kulit yang menggunakan kandungan asam salisilat di dalamnya. Kandungan ini umumnya digunakan pada pembersih, pelembab, toner dan seru. Namun, pastikan untuk tidak menggunakan secara berlebihan. Penggunaan yang terlalu banyak dapat menyebabkan kulit kering.

2. Lidah buaya

Jika kamu ingin mencoba cara alami untuk menghilangkan bekas jerawat, kamu bisa mencoba menggunakan lidah buaya. Masker lidah buaya dapat membantu menghilangkan bekas jerawat secara alami. Menggunakan lidah buaya secara rutin dapat membantu produksi melanin menjadi lebih stabil sehingga bekas jerawat bisa teratasi. 

3. Kunyit

Selain lidah buaya, kamu juga bisa menggunakan kunyit. Sifat antiradang dan kandungan antioksidan pada kulit dapat membantu penyembuhan jaringan parut yang disebabkan oleh bekas jerawat. 

Kamu bisa buat masker kunyit dengan mencampurkan 2 sendok teh bubuk kunyit dengan sedikit perasan air lemon. Diamkan selama 30 menit dan bilas menggunakan air bersih.

4. Madu

Sifat antiradang dan antiseptik pada madu dipercaya dapat mengatasi kerusakan kulit yang disebabkan jerawat. Kandungan pelembab pada madu dapat membuat jaringan parut melembut dan mempercepat proses perbaikan kulit. 

Oleskan 1 sendok makan madu pada area kulit yang memiliki bekas jerawat. Diamkan selama 3 mulut dan bilas dengan air bersih. 

5. Chemical peeling

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi selanjutnya adalah dengan chemical peeling. Tindakan medis ini dapat mengangkat sel kulit mati sekaligus membantu meremajakan kulit.

Dokter nantinya akan mengoleskan substansi asam tertentu pada area kulit. Setelah itu, lapisan tersebut akan diangkat untuk menghilangkan sel kulit mati terluar. 

6. Mikrodermabrasi

Metode medis selanjutnya adalah mikrodermabrasi. Prosedur yang satu ini dilakukan dengan menyemprotkan partikel kecil pada area kulit.

Selanjutnya, dokter akan mikrodermabrasi guna mengangkat sel kulit mati. Selain untuk menghilangkan bekas jerawat, prosedur ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka. 

7. Laser

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi selanjutnya adalah dengan menggunakan laser.Metode laser skin resurfacing ini umumnya menggunakan beberapa jenis laser. Nantinya laser tersebut akan mengangkat sel kulit mati. Selain itu, dokter juga akan melakukan perawatan dengan tujuan supaya sel baru dapat tumbuh. Prosedur yang satu ini menjadi salah satu cara yang efektif untuk menghilangkan bekas jerawat. 

Efek samping perawatan laser sendiri adalah perubahan warna kulit, kulit terasa gatal, bersisik, dan kemerahan. Bicarakan dengan dokter untuk mengetahui efek samping dan pencegahan efek tersebut.

Share artikel ini
Reference