manfaat air cucian beras untuk wajah

Apakah kamu pernah menggunakan manfaat air cucian beras untuk membasuh wajah? Cara ini sudah banyak dilakukan oleh perempuan di jepang dan cina sejak berabad lalu.

Air cucian beras memang belum dapat pastikan manfaatnya melalui penelitian namun cara ini dipandang sebagai salah satu cara tradisional mempertahankan kecantikan.

Perawatan dari air cucian beras dianggap mudah dan murah serta memiliki beragam manfaat untuk kulit wajah. Yuk simak apa saja manfaat air cucian beras untuk wajah dan bagaimana cara membuat air cucian beras yang tepat!

Apakah air cucian beras bagus untuk kulit

Air beras memang sering digunakan untuk membasuh wajah dan dipercaya mempunyai banyak manfaat.

Memang belum ada penelitian khusus terkait air cucian beras namun cara ini dipandang mudah dilakukan dan dapat digunakan sebagai salah satu rutinitas sehari-hari.  

Manfaat air cucian beras untuk kulit antara lain:

1. Menenangkan kulit

Senyawa yang terdapat dalam beras seperti fenolik, vitamin c, flavonoid dapat mencegah kerusakan akibat radikal bebas.

Air cucian beras juga diketahui dapat menenangkan kulit yang terkena iritasi atau gatal. Caranya cukup mudah, hanya berendam atau mandi dengan air cucian beras secara rutin dan teratur.

2. Mencerahkan kulit

Bercak atau bintik hitam dapat dihilangkan dengan air cucian beras. Banyak produk kecantikan yang juga menggunakan beras sebagai bahan aktifnya sehingga cara ini diketahui mampu digunakan untuk mencerahkan kulit dengan cepat.

3. Memberi perlindungan kulit

Air cucian beras dapat membantu melindungi kulit dari berbagai kerusakan seperti penyakit kulit dermatitis atopic, kerusakan akibat polusi, radikal bebas dan banyak lagi.

Air cucian beras dapat dimanfaatkan sebagai pelindung alami kulit dari berbagai kerusakan kulit.

4. Mengatasi kulit kering

Manfaat air cucian beras ternyata tak main-main. Air ini dapat membantu iritasi akibat sodium lauryl sulfate dimana kulit dapat menjadi lebih kering akibat paparan ini.

Perlindungan dari air cucian beras akan membuat kulit lebih lembab dan jauh dari kerusakan.

5. Mengatasi minyak berlebih

Kulit yang berminyak juga dapat diatasi dengan rutin membasuh atau mengoleskan air cucian beras pada wajah. Cara ini cukup mudah dilakukan untuk menghilangkan noda pada kulit yang sering berminyak.

7 Manfaat Vitamin C Untuk Wajah, Cari Tahu Cara Pakainya!

Manfaat air cucian beras untuk wajah

Selain bermanfaat untuk melindungi kulit dari berbagai masalah, air cucian beras juga dapat digunakan sebagai pencuci wajah dan memiliki banyak manfaat untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit wajah. Adapun manfaat air cucian beras untuk wajah antara lain:

1. Membuat wajah bercahaya dan lembut

Jika digunakan secara rutin dan teratur, air cucian beras dapat dimanfaatkan untuk membantu wajah lebih lembut dan bercahaya.

Cara ini sangat baik untuk mengatasi wajah yang terlihat kusam dan kurang merona. Cukup pijat wajah dengan lembut menggunakan air cucian beras beberapa kali dalam waktu seminggu.

2. Mengencangkan wajah

Dengan dimanfaatkan sebagai toner, air cucian beras dapat digunakan untuk mengencangkan wajah dan membantu mengatasi masalah pori-pori kulit yang besar. Air cucian beras dapat dioleskan di wajah secara rutin untuk mengatasi masalah wajah ini.

3. Mencegah jerawat

Air cucian beras ternyata diketahui dapat mencegah munculnya jerawat baru dan mengurangi kemerahan yang sering muncul pada wajah.

Menggunakan air cucian beras secara rutin dapat bertindak sebagai astringent dimana sifatnya dapat mencegah jerawat baru muncul.

4. Mengatasi kulit wajah terbakar

Peradangan pada kulit wajah akibat paparan sinar matahari dapat mengakibatkan kulit terbakar dan kemerahan.

Menggunakan air cucian beras untuk diaplikasikan sedikit demi sedikit menggunakan kapas dapat memperbaiki kulit wajah yang terbakar.

5. Mengobati eksim

Menggunakan air cucian beras untuk mengobati eksim kerap dilakukan untuk mengatasi masalah wajah ini. Eksim dapat dibantu redakan dengan rutin mengoleskan air cucian beras pada kulit yang terkena eksim.

6. Cegah penuaan dini

Tanda penuaan dini dapat disamarkan dengan rutin membasuh wajah dengan air cucian beras. Cara ini sudah lama digunakan dan banyak perubahan yang terlihat seperti mengurangi kerutan, mengencangkan wajah hingga mencerahkannya.

Manfaat Jamu Beras Kencur, Kandungan, dan Tips Mengonsumsinya

Cara membuat air cucian beras untuk wajah

Manfaat air cucian beras untuk wajah bisa didapatkan dengan membuat air cucian beras terlebih dahulu.

Ada beberapa cara dapat mendapatkan manfaat air cucian beras, yaitu dengan cara merendam beras, merebus dan fermentasi beras. Adapun cara membuatnya yaitu sebagai berikut:

Merendam beras

Cara membuat air cucian beras dari metode merendam yaitu:

  • Siapkan beras sebanyak 100 gram, cuci bersih
  • Tuangkan air ke dalam baskom sebanyak 500-700 ml
  • Rendam beras selama 30 menit
  • Saring beras dan pisahkan beras dari air rendamannya
  • Air cucian beras dapat disimpan di kulkas agar dapat digunakan sewaktu-waktu hanya maksimal 1 minggu.

Fermentasi beras

Selain merenda beras, fermentasi beras juga dapat dilakukan dengan cara:

  • Siapkan 100 gram beras dan cuci bersih
  • Siapkan wajah berisi air 500-700 ml
  • Rendam selama 2 hari beras bersama dengan air
  • Aduk dan saring
  • Simpan dalam lemari pendingin

Merebus beras

Membuat air cucian beras dari rebusan beras dapat digunakan untuk mencuci wajah. Cara membuatnya yaitu dengan:

  • Rebus beras seperti menanak nasi
  • Saring airnya
  • Simpan air rebusan
  • Biarkan dingin dan masukkan dalam botol serta simpan dalam lemari pendingin

Manfaat air cucian beras untuk wajah ini cukup banyak dan relatif mudah dibuat. Jika ragu jangan segan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit atau kecantikan jika ada efek samping dari pemakaian.

Share artikel ini
Reference