kalori shirataki

Shirataki atau “air terjun putih” adalah nama yang digunakan untuk sejenis nasi atau mie yang dikenal memiliki serat tinggi dan dapat membantu menjaga kadar gula dan kolesterol rendah. Wah, kira-kira berapa ya kalori shirataki?

Mie atau nasi ini juga dikenal sebagai nasi konjak atau mie konjak. Konjak adalah tanaman Asia yang biasa ditemukan di Asia Tenggara termasuk Jepang dan Cina. Serat dari akar yang disebut glukomanan diekstraksi dan digunakan untuk membuat mie shirataki atau nasi.

Apakah shirataki bagus untuk diet?

Hal yang membuat mi shirataki unik adalah fakta bahwa sebagian besar terdiri dari air—sekitar 97% air. Bahan lainnya yang terkandung dalam sirataki adalah glukomanan, serat makanan yang larut dalam air dari tanaman konjak.

Suplemen glukomanan menurunkan kadar kolesterol untuk peserta dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition. Ini adalah serat yang sangat kental yang dapat menyerap air hingga 50 kali beratnya, yang juga menjelaskan kandungan air mie shirataki yang tinggi.

Jadi suplemen dan mie bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Berkat glukomanan, ketika kamu makan mie shirataki, mereka akan bergerak melalui sistem pencernaanmu secara perlahan. 

Dan ada satu lagi manfaat dari mi ajaib ini: Serat kental berfungsi sebagai prebiotik. Prebiotik membantu merangsang mikrobioma usus untuk meningkatkan kesehatan usus secara keseluruhan. Dan usus yang sehat dapat melawan peradangan, memperbaiki suasana hati, membantu menurunkan berat badan, dan banyak lagi.

Karena kandungan seratnya yang tinggi, ada potensi efek samping jangka pendek saat makan mie shirataki, seperti kembung dan ketidaknyamanan pencernaan. Jadi jika kamu memiliki masalah pencernaan, akan lebih baik untuk memperkenalkan bahan ini secara bertahap dan dengan banyak air, atau melewatkannya sama sekali.

Kalori shirataki

Kalori Shirataki

Mie Shirataki terbuat dari ubi Asia yang disebut konjak. Ubi ini super rendah kalori dan mengandung serat larut yang disebut glukomanan. Satu porsi atau setara empat ons makanan shirataki mengandung sekitar 20 kalori dan enam gram karbohidrat, yang jauh lebih sedikit dari 84 gram karbohidrat pasta tradisional dan 400 kalori per porsi empat ons.

Glukomanan sebenarnya adalah prebiotik, yang membantu memberi makan bakteri probiotik di usus untuk menjaga sistem pencernaan berjalan lancar, katanya. Sampai jumpa, kembung.

Di samping prebiotik yang ramah perut itu, jumlah karbohidrat yang rendah dari mie ini dapat membantu mengurangi asupan karbohidrat. Menghilangkan karbohidrat yang tidak dibutuhkan tubuh adalah cara yang baik untuk menurunkan berat badan, tetapi memotong karbohidrat sepenuhnya dapat membuatmu kelelahan.

Manfaat shirataki untuk kesehatan

Karena mie shirataki rendah kalori dan karbohidrat yang dapat dicerna, itu berarti mie shirataki diperbolehkan dalam banyak bentuk makan. Ada alasan mengapa mereka kadang-kadang disebut “mie ajaib”.

1. Bagus untuk diabetes

Shirataki membantu menstabilkan fluktuasi kadar gula darah. Dengan adanya serat glukomanan dalam mie, pencernaan melambat dan mengontrol pelepasan glukosa. Kontrol ini dapat mencegah kemungkinan lonjakan kadar glukosa darah. Serat glukomanan dalam mie Shirataki juga larut dalam air. Hal ini membuat mereka penting dalam menstabilkan gula darah.

2. Kesehatan usus

Serat makanan dalam mie Shirataki berfungsi sebagai prebiotik. Ini mendorong pertumbuhan bakteri baik, dan ini akan mendukung kesehatan usus yang lebih baik. Prebiotik juga mengurangi pembengkakan dan menghilangkan stres.

3. Mencegah terjadinya kanker usus besar

Mie Shirataki tidak sepenuhnya dicerna. Mereka hanya melewati panjang saluran pencernaan. Saat mereka bergerak, mereka merangsang otot-otot di usus. Mereka membersihkan saluran pencernaan dan meningkatkan konsistensi feses lunak saat melewatinya. 

Selama perjalanannya, mie menciptakan asam lemak rantai pendek yang sehat di dalam tubuh. Ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mereka juga dapat membersihkan usus besar, yang membantu penyerapan mineral. Semua tindakan ini sangat penting untuk kesehatan secara umum dan bahkan dapat membantumu mencegah terjadinya kanker usus besar.

4. Menurunkan kadar kolesterol

Serat dalam mie shirataki juga membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Serat tampaknya memiliki beberapa efek menguntungkan pada kolesterol total. Ini termasuk trigliserida, kolesterol low-density lipoprotein (LDL), berat badan, dan banyak lagi.

5. Membantu pasien dengan penyakit ovarium polikistik (PCOD)

Kandungan serat glukomanan yang tinggi dalam mie shirataki dapat membantu menurunkan lonjakan insulin dalam tubuh. Glukomanan juga dapat menurunkan kadar fruktosamin, penanda yang digunakan untuk mengukur kadar gula darah yang sehat. Semua ini sangat membantu pada orang yang menderita PCOD.

6. Manfaat umum lainnya termasuk:

7. Membantu meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan dan mencegah jerawat

8. Mendorong penyembuhan luka lebih cepat

9. Menghilangkan sembelit dengan mendorong buang air besar lebih cepat

10. Mengurangi risiko kanker dan penyakit serius lainnya dengan memperkuat aktivitas antioksidan dalam tubuh

11. Mengurangi kadar hormon tiroid pada orang yang menderita hipotiroidisme

Cara masak shirataki

Langkah-langkah untuk membuat mie shirataki, nasi atau penne yang sempurna.

  • Bilas mie shirataki dengan baik.
  • Isi panci dengan air, didihkan dan masak mie selama sekitar 3 menit. Menambahkan sedikit cuka akan cukup membantu!
  • Tiriskan mie, masukkan ke dalam panci kering yang panas dan masak dengan suhu tinggi selama sekitar 10 menit.
  • Kemudian, kamu bisa mengolahnya dengan cara menumis dengan saus, panggang dengan keju, dan jangan lupa tentang rasa dengan menggunakan bumbu dan rempah-rempah. Karena mie shirataki tidak memiliki nutrisi, gunakan dalam jumlah kecil dan campur dengan bahan lain seperti sayuran, daging, saus dan/atau keju. Menambahkan rempah-rempah, bawang putih, jahe, dan bahan-bahan lainnya akan menambah rasa yang fantastis dan membuatnya terasa sangat lezat!
Share artikel ini
Reference