makanan untuk meningkatkan imun tubuh

Cheerful beautiful Asian woman in white sweater covered in apron and hijab holding spoon and bowl while doing housework isolated over purple background. Housekeeping concept

Konsumsi makanan untuk meningkatkan imun tubuh bisa membantu kamu menjalani puasa dengan lebih baik. Dengan memiliki daya tahan tubuh yang sehat, kamu juga bisa terhindar dari berbagai penyakit.

Apa saja makanannya? Berikut makanan untuk meningkatkan imun tubuh saat puasa yang bisa kamu coba.

Imun tubuh saat puasa

Menjaga imun tubuh saat puasa menjadi lebih penting dari hari-hari sebelumnya. Di luar bulan puasa, kamu akan menerima minuman dan makanan penguat imun kapan saja, tapi saat puasa seseorang menahan lapar dan haus dalam waktu tertentu.

Asupan imun yang mungkin terhenti dan keluar dari jadwal yang biasanya, dikhawatirkan dapat memicu penurunan kekebalan tubuh. Jika itu yang terjadi, risiko penyakit dan serangan virus bisa meningkat. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu coba untuk menjaga daya tahan tubuh saat berpuasa.

Salah satu cara untuk memenuhinya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat saat sahur dan berbuka puasa.

Cara meningkatkan imun tubuh saat puasa

Bagi yang sedang berpuasa, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi. Cara-cara sederhana di bawah ini juga bisa kamu ikuti untuk meningkatkan imun, loh.

1. Istirahat cukup

Saat berpuasa, biasanya ada pergeseran waktu tidur, karena harus bangun untuk sahur. Hal ini dapat membuat kamu kekurangan waktu tidur, karena yang tadinya tidak bangun untuk sahur, jadi harus bangun di dini hari.

Untuk itu diperlukan perubahan waktu istirahat. Kamu bisa saja tidur lebih dulu daripada waktu sebelum puasa. Ini untuk menjaga agar kamu tetap memiliki waktu 6-8 jam istirahat. Jika tidak memungkinkan, kamu bisa pintar-pintar mengatur waktu untuk beristirahat di siang atau sore hari jelang berbuka puasa.

2. Hindari stres

Stres berlebihan atau stres kronis yang terjadi berulang kali dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Jadi, selalu tenangkan diri kamu dan kelola stres dengan baik agar serangan penyakit tidak semakin parah.

3. Makan sehat dan seimbang

Jenis makanan untuk meningkatkan imun tubuh adalah sayur-sayuran, buah-buahan, probiotik, dan makanan tinggi vitamin, seperti vitamin C, D, K, serta mineral lainnya. Malnutrisi akibat pola makan yang tidak sehat dan tidak teratur dapat menyebabkan melemahnya sistem kekebalan tubuh dan penyakit.

Jadi, pastikan kamu selalu memenuhi asupan harian seimbang makanan sehat untuk menjaga kesehatan dan menangkal radikal bebas.

Makanan untuk meningkatkan imun tubuh

Menjaga kekebalan tubuh saat berpuasa harus menjadi prioritas kamu. Berikut minuman dan makanan untuk meningkatkan imun tubuh:

1. Jeruk

Buah jeruk kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan kadar sel darah putih dalam tubuh. Dengan begitu, daya tahan tubuh kamu juga bisa meningkat.

2. Brokoli

Brokoli yang sudah terkenal sebagai makanan sehat, mengandung berbagai mineral, vitamin, dan serat pangan yang baik untuk kesehatan. Vitamin yang bisa kamu dapatkan dalam brokoli adalah vitamin A, C, dan E, yang juga berperan sebagai molekul antioksidan.

Kamu bisa mengolah sayuran brokoli dengan berbagai cara, termasuk mengukus atau merebus. Pilih cara terbaik untuk menjaga kadar nutrisinya.

3. Bayam

Bayam kaya akan vitamin, beberapa di antaranya juga bertindak sebagai molekul antioksidan. Selain itu, sayuran sehat ini juga mengandung beta-karoten, pigmen yang berubah menjadi vitamin A ketika dicerna oleh tubuh.

Nutrisi dalam bayam dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu, serta kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.

4. Teh hijau

Teh hijau kaya akan senyawa kimia tanaman yang disebut flavonoid. Senyawa flavonoid ini dapat menjaga kesehatan kamu, karena memiliki sifat antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Selain flavonoid, teh hijau dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Nutrisi teh hijau tidak berakhir di situ. Kamu juga bisa mendapatkan asam amino L-theanine, yang dilaporkan dapat meningkatkan produksi senyawa pelawan kuman, dalam sel T (sekelompok sel darah putih yang juga berperan dalam kekebalan).

5. Kerang

Kerang mungkin bukan makanan yang kamu pikirkan saat ingin meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tetapi beberapa jenis kerang mengandung seng.

Meski tidak sepopuler vitamin dan mineral lainnya, seng berperan penting dalam membantu sel-sel kekebalan tubuh agar berfungsi dengan baik. Beberapa jenis kerang kaya akan seng, antara lain tiram, kerang, kepiting, dan lobster.

Tips menjaga imun tubuh saat puasa

Berikut tips menjaga daya tahan tubuh agar tetap stabil agar puasa berjalan lancar:

1. Kebutuhan air tercukupi

Saat berpuasa, kamu juga harus memastikan konsumsi air putih yang cukup saat sahur dan buka puasa. Air yang cukup selama puasa akan menjaga daya tahan tubuh kamu tetap kuat karena akan mencegah kamu dari dehidrasi.

Untuk mengaturnya, kamu membutuhkan air putih minimal delapan gelas per hari. Terapkan pola 2-4-2 yaitu minum air putih dua gelas saat sahur, empat gelas saat berbuka puasa, dan dua gelas sebelum tidur malam.

2. Konsumsi protein yang cukup

Salah satu cara untuk meminimalkan kehilangan otot kamu saat berpuasa adalah memastikan kamu makan cukup protein. Baik hewani maupun nabati. Keduanya merupakan makanan untuk meningkatkan imun tubuh.

Selain itu, jika kamu makan dalam jumlah kecil pada hari-hari puasa, termasuk beberapa protein dapat menawarkan manfaat lain, termasuk mengelola rasa lapar kamu.

3. Jalan-jalan atau meditasi

Menghindari makan pada hari-hari puasa bisa jadi sulit, terutama jika kamu merasa bosan dan lapar. Jalan-jalan dan meditasi bisa jadi solusi sebagai aktivitas, yang dapat mengalihkan perhatian kamu dari rasa lapar. Asyiknya, kamu juga tidak menghabiskan terlalu banyak energi.

Makanan untuk meningkatkan imun tubuh penting saat kamu berpuasa. Daya tahan tubuh yang lemah bisa mengundang banyak penyakit sehingga mengganggu ibadah.

Share artikel ini
Reference