makanan yang mengandung vitamin E

Vitamin E adalah vitamin antioksidan yang larut dalam lemak yang membantu mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas.

Beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin E secara alami adalah kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak nabati. 

Nah, agar kamu tahu lebih detail tentang berbagai fakta tentang kebutuhan vitamin E, berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin E, serta apa saja manfaat vitamin E bagi tubuhmu, baca artikel ini yaa!

Kebutuhan vitamin E

makanan yang mengandung vitamin E

Mengonsumsi makanan yang mengandung sumber vitamin E alami merupakan cara untuk mendapatkan kulit yang cantik dan sehat, terutama bagi wanita. Sayangnya, kebanyakan wanita hanya mendapatkan 25% dari sumber alami vitamin E ini per hari.

Menurut studi, wanita dewasa rata-rata membutuhkan sekitar 100-300 IU vitamin E per hari. Asupan vitamin E harian ini akan meningkat seiring bertambahnya usia.

Tentu saja angka ini harus dipenuhi, karena jika tidak, asupan vitamin E yang rendah akan berdampak signifikan pada kecantikan dan kesehatan.

Inilah Vitamin Terbaik untuk Mencerahkan Kulit Kamu!

Makanan yang mengandung vitamin E

Karena vitamin E sangat penting bagi tubuh, kamu sebaiknya mulai mengonsumsi vitamin E dengan jumlah yang cukup, baik melalui sumber vitamin E alami atau suplemen vitamin E. Sekarang, yuk pelajari apa saja makanan yang mengandung vitamin E!

Brokoli

Brokoli mengandung berbagai macam nutrisi, membuat sayuran yang satu ini baik untuk kesehatan.

Faktanya, satu cup brokoli yang dimasak dapat memenuhi kebutuhan vitamin E harianmu. Hal ini karena kandungan vitamin E dari sayuran brokoli yang dimasak mencapai 4%.

Kacang almond

Kacang almond kaya akan vitamin E. 20 buah almond saja mampu memenuhi 37% kebutuhan vitamin E harianmu.

Selain itu, produk makanan atau minuman yang terbuat dari kacang almond seperti susu almond dan minyak almond memiliki manfaat yang sama.

Pasalnya, kulit almond mengandung cukup banyak senyawa polifenol yang bermanfaat bagi tubuh.

12 Manfaat Almond Milk yang Sarat Akan Antioksidan

Minyak zaitun

Minyak zaitun dikenal dengan seribu manfaat kesehatan. Satu sendok makan (15 mililiter) minyak zaitun mengandung sekitar 1,9 miligram vitamin E.

Minyak zaitun mengandung banyak nutrisi, termasuk vitamin K, sodium, kalsium, potasium, bahkan 13,5-14 gram lemak.

Kacang tanah

Mengonsumsi 100 gram kacang tanah dapat memenuhi sekitar 56% kebutuhan vitamin E harianmu.

Manfaat makan kacang tanah sendiri adalah sebagai antioksidan yang membantu menjaga kesehatan jantung, gula darah, dan empedu, serta untuk merawat sel-sel tubuh yang rusak.

Alpukat

Setengah buah alpukat mengandung 2 miligram vitamin E. Itu berarti hanya dengan makan setengah buah alpukat, kamu dapat memenuhi kebutuhan nutrisi vitamin E harian hingga 14%. Kamu juga bisa mengonsumsi minyak alpukat sebagai pengganti buah alpukat. 

Catat, Ini Jumlah Kalori Alpukat untuk Kamu yang Diet

Manfaat vitamin E

Berikut beberapa manfaat mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E untuk kesehatan dan kecantikan:

Meningkatkan kekebalan tubuh

macam macam tes kebugaran jasmani

Vitamin E adalah salah satu dari banyak vitamin yang penting untuk sistem kekebalan tubuh. Fungsi antioksidan yang dimiliki vitamin E berfungsi untuk melawan efek radikal bebas dan melindungi sel agar tetap sehat.

Menurut studi, kekurangan vitamin E dapat mengurangi produksi antibodi dan kemampuan sel darah putih untuk melawan penyakit. Masalah ini dapat diatasi dengan asupan suplemen vitamin E secara teratur.

Memperlambat penuaan

cara menghilangkan kerutan di wajah

Penuaan itu wajar. Namun, paparan radikal bebas yang sering dari asap rokok, polusi udara, bahan kimia, makanan tertentu, atau sumber lain dapat membuat proses ini terjadi lebih cepat, melemahkan dan menghancurkan sel-sel tubuh.

Salah satu manfaat vitamin E yang paling terkenal adalah mencegah penuaan dini karena semua khasiatnya. Vitamin E dapat mengurangi efek radikal bebas pada sel-sel tubuh dan memperlambat proses penuaan.

Meningkatkan peluang kehamilan

tanda tanda kehamilan

Sebuah studi tahun 2017 menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E meningkatkan kemungkinan pembuahan.

Penelitian dilakukan pada 40 wanita yang sebelumnya pernah mengalami kegagalan implantasi (sel telur yang telah dibuahi gagal menempel pada rahim).

Setelah 12 minggu, ketebalan dinding rahim meningkat pada kelompok wanita yang mengonsumsi suplemen vitamin E. Penebalan dinding rahim dapat meningkatkan peluang terjadinya pembuahan.

Membantu menjaga kesehatan paru-paru 

kanker paru-paru

Manfaat lain vitamin E berkaitan dengan saluran pernafasan. Sebuah penelitian dari European Respiratory Journal menunjukkan bahwa vitamin E membantu mencegah peradangan pada pasien dengan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

Hal ini karena sifat anti-inflamasi vitamin E yang telah terbukti membantu mengurangi peradangan, masalah utama pada COPD. Selain itu, peningkatan asupan vitamin E juga memiliki efek positif pada fungsi paru-paru secara umum.

Menyehatkan rambut dan kulit kepala

cara agar rambut cepat panjang

Rambut yang sehat berasal dari kulit kepala yang sehat. Salah satu cara untuk menyehatkan kulit kepala adalah dengan memenuhi kebutuhan vitamin E.

Sebagai senyawa antioksidan, vitamin E melindungi sel-sel kulit kepala dan mencegah kerusakan tersebut. Vitamin ini membantu memperkuat lapisan sel lemak di kulit kepala.

Dengan cara ini ada tempat tetap di mana rambut tumbuh. Rambut menjadi lebih kuat dan risiko kerontokan rambut berkurang.

Vitamin E diperlukan untuk menjaga kesehatan berbagai sel tubuh. Untuk menuai manfaatnya, jangan lupa untuk memasukkan beragam makanan sumber vitamin E dalam menu harianmu yaa!

Share artikel ini
Reference