Kartini

Kartini Day, R A Kartini the heroes of women and human right in Indonesia. banner template design background – Vector

Peringatan hari Kartini dilakukan untuk mengenang jasa Kartini dalam memperjuangkan hak perempuan. Hari Kartini ini biasanya dirayakan setiap tahun pada tanggal 21 April.

Setiap tahunnya, para perempuan Indonesia melakukan perayaan hari Kartini dengan berbagai kegiatan. Mulai dari lomba memasak tumpeng, lomba peragaan busana, cerdas cermat, lomba menyanyi, dan masih banyak lagi.

Mengenal peringatan hari Kartini

Kartini adalah perempuan kelahiran Jepara, lahir pada 21 April 1879. Beliau merupakan putri sulung dari keturunan ningrat Jawa atau istilahnya keluarga priyayi bangsawan. Ayah Kartini adalah seorang Bupati Jepara bernama Raden Mas Sosroningrat.

Ibu dari Kartini adalah putri dari seorang guru agama di Teluk Awur Jepara bernama M.A Ngasirah. Keluarga Kartini termasuk keluarga yang terpandang dan terkenal dengan kecerdasannya, termasuk kakeknya yang menjadi Bupati di usia 25 tahun.

Sejarah peringatan hari Kartini

Hari Kartini diperingati setiap 21 April dengan persetujuan pemerintahan pada keputusan Presiden RI No. 108 Tahun 1964 pada 2 Mei 1964. Pada masa Soekarno, inilah RA Kartini menjadi pahlawan Indonesia.

Atas perjuangannya, Kartini berhasil mengangkat derajat perempuan dengan hadirnya emansipasi perempuan di Indonesia. Beliau menjadi tokoh aktif dan inspiratif yang memperjuangkan hak perempuan di mata sosial.

Peran Kartini untuk wanita modern

Perjuangan Kartini menjadi hal yang sangat penting dan berpengaruh dalam kehidupan sosial setiap perempuan di Indonesia. Berikut makna perjuangan R.A Kartini:

Mendapatkan kesetaraan dalam hak pendidikan

Perjuangan seorang Kartini menjadikan para perempuan modern berani untuk menghilangkan diskriminasi dan stereotip bahwa perempuan hanya bisa menjadi ibu rumah tangga. Atas jasanya, kini perempuan Indonesia bisa bersekolah setinggi mungkin dan merasakan keseteraan pendidikan. Sesuatu yang sungguh jarang terjadi di masa hidupnya.

Membuka lebar kesempatan perempuan untuk berkarya

Keinginan Kartini untuk menjadikan perempuan tidak lagi dicap hanya akan berakhir dengan pekerjaan dapur dan rumah tangga. Membuka ruang penyetaraan bagi setiap perempuan untuk bisa berkarya dengan bebas dalam mengekspresikan idenya dan mimpinya.

Mendorong percaya diri perempuan dalam berkarier

Di zaman modern ini, perempuan mampu untuk bekerja dengan berbagai cara. Stereotip negatif terhadap perempuan terjawab melalui berbagai prestasi tinggi, yang  banyak tokoh perempuan dengan pekerjaan professional mulai meraihnya.

Pekerjaan tidak hanya soal meningkatkan ekonomi, tetapi juga menjadi jalan untuk setiap orang mendapatkan haknya dalam berkarier. Kini perempuan berhak memiliki jiwa bebas dengan semangat juang tinggi dan kepercayaan diri.

Membangkitkan kualitas hidup perempuan

Kini semakin banyak peluang untuk perempuan bisa meningkatkan kualitas hidupnya, seperti membangung sektor pembangunan dan ikut ambil peran dalam mengambil keputusan di pemerintahan.

Tips menjadi Kartini modern bagi setiap wanita

Wanita modern memiliki pola pikir maju dan mampu membawa diri menuju kesuksesan. Setiap wanita mampu menginspirasi setiap orang dengan caranya sendiri. Berikut ciri yang mendefinisikan wanita itu kuat dan mandiri layaknya Kartini modern:

  • Stabil dalam hal finansial, baik memenuhi kebutuhan diri sendiri maupun kebutuhan keluarganya.
  • Mampu membawa perubahan ke arah yang lebih baik. Sebagai perempuan tidak takut akan perubahan dan akan menerimanya dengan baik, bahkan menjadikannya sebuah kesempatan untuk meningkatkan kualitas diri.
  • Siap dengan segala tantangan yang ada di hadapannya tanpa rasa takut. Artinya bisa menghadapi segala kesulitan secara langsung dengan kerja keras untuk mencapai kemenangan.
  • Memiliki rasa percaya diri terhadap penampilan diri sendiri, kelebihan, maupun kekurangannya.
  • Merasa nyaman dengan diri sendiri dan bahagia dengan caranya sendiri tanpa harus berpura-pura menjadi orang lain.
  • Bisa bertanggung jawab atas kebahagiaannya diri sendiri tanpa harus mengandalkan orang lain.
  • Cenderung tidak membutuhkan pasangan hidup untuk merasakan kelengkapan. Kisah cinta tidak menjadi sebuah prioritas dalam hidupnya.
  • Memiliki harga diri yang tinggi.
  • Selalu condong pada apa yang diyakini terlepas dari pengaruh orang sekitar. Menjadikan perempuan modern memiliki keyakinannya sendiri.
  • Mengatur hidupnya dengan mudah baik dalam kehidupan pribadi ataupun professional. Keduanya memiliki keseimbangan yang baik dan sederhana.
  • Bangga pada diri sendiri dan menghargai setiap usaha dan prestasi.
  • Memiliki caranya sendiri untuk mencapai sesuatu.

Peringatan hari Kartini merupakan peringatan akan jasa pahlawan perempuan yang berhasil memperjuangkan segala hak dan kesetaraan dengan laki-laki. Perjuangannya patut dikenang dan dihargai karena memiliki pengaruh besar pada kehidupan sosial perempuan masa kini.

Share artikel ini
Reference