Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan
Hidup Sehat

Ternyata Ini Segudang Manfaat Minyak Zaitun yang Baik untuk Tubuh

Putri Aprillia | Desember 26, 2021
Share

Minyak zaitun memiliki segudang manfaat yang berguna untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Salah satunya untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu masih banyak lho manfaat yang bisa kamu dapatkan. Tertarik menggunakan minyak zaitun untuk kesehatan?

Di artikel ini kamu akan mempelajari apa saja kandungan dan berbagai manfaat minyak zaitun yang baik untuk tubuh. Yuk baca artikel berikut!

Apa itu Minyak Zaitun

Minyak zaitun atau yang biasa disebut olive oil adalah minyak alami yang dibuat dari ekstrak dari buah zaitun. Buah zaitun umumnya terdiri dari dua warna utama, yaitu hijau dan hitam. Keduanya memiliki tingkat kematangan yang berbeda. Zaitun hijau adalah zaitun yang belum matang, sedangkan hitam berarti buahnya sudah matang. Untuk mendapatkan minyak zaitun, diperlukan buah zaitun yang berwarna hitam atau yang sudah matang.

Manfaat minyak zaitun dalam kehidupan sehari-hari sangatlah banyak. terutama untuk menurunkan tekanan darah dan menjaga berat badan. Hal itu karena kandungan minyak zaitun yang kaya akan nutrisi. Menurut proses ekstraksi dan kandungan asam oleatnya, minyak zaitun dibagi menjadi tiga jenis, yaitu virgin, extra virgin, dan refined (light).

Kandungan Nutrisi di Dalam Minyak Zaitun

Pada 1 sendok makan (setara dengan 15 mililiter minyak zaitun) terkandung 120 kalori dan nutrisi dengan informasi sebagai berikut:

  • 13,5–14 gram lemak
  • 0,1 miligram kalsium
  • 0,1 miligram kalium
  • 0,3 miligram natrium
  • 1,9 miligram vitamin E
  • 8 mikrogram vitamin K

Walaupun minyak zaitun mengandung banyak lemak, namun lemak yang terkandung merupakan lemak sehat, seperti lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda, omega 3. Omega 6, dan asam oleat. Minyak zaitun juga mengandung kolin dan antioksidan, seperti flavonoid, polifenol, dan antioksidan. Dari kandungannya saja kamu mungkin sudah tahu ada banyak sekali manfaat minyak zaitun.

Pembuatan minyak zaitun

Minyak zaitun sendiri merupakan ekstrak lemak pekat yang diperoleh dari perasan buah zaitun berwarna hitam, yakni buah yang telah matang. Untuk digunakan sebagai minyak, buah zaitun yang dipanen harus dicuci dan dihancurkan terlebih dahulu.

Metode tradisional yang paling sering digunakan untuk mendapatkan ekstrak buah zaitun adalah dengan memukul buah menggunakan batu besar. Namun, untuk menghasilkan lebih banyak minyak, pabrik produksi minyak zaitun saat ini sering menggunakan pisau baja untuk menggiling buah dengan sangat halus.

Pasta yang dibuat dari buah zaitun tersebut digiling dalam proses yang disebut maserasi untuk menghilangkan tetesan minyak. Setelah itu, pasta zaitun diperas dalam mesin “blender” khusus yang disebut centrifuge. Fungsinya untuk memisahkan minyak dan air. Setelah air dari ekstrak zaitun dikeringkan, yang tersisa adalah minyak zaitun murni. Minyak hasil ekstraksi inilah yang biasanya dijual di pasar.

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan

Minyak zaitun merupakan minyak alami yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Apa saja sih manfaat-manfaat tersebut?

1. Membantu mengontrol tekanan darah

Salah satu manfaat minyak zaitun yang paling populer adalah untuk membantu tubuh kita mengontrol tekanan darah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi rata-rata 50-60 ml minyak zaitun murni (atau setara dengan sekitar 4 sendok makan setiap hari) akan memiliki kontrol terhadap tekanan darah yang lebih baik.

Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan dan asam lemak sehat yang terdapat dalam minyak zaitun dapat mengendurkan pembuluh darah serta mengurangi peradangan pembuluh darah.

2. Menurunkan risiko penyakit jantung

Apakah kamu pernah mendengar tentang diet Mediterania? Diet ini merupakan diet yang memanfaatkan minyak zaitun. Beberapa studi menunjukkan bahwa pasien jantung yang melakukan diet Mediterania memiliki risiko kematian akibat penyakit jantung yang lebih rendah.

3. Menurunkan kadar kolesterol

Mengganti lemak hewani atau lemak jenuh dengan minyak zaitun dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL. Hal ini tentu menguntungkan bagi penderita kolesterol tinggi. Selain itu, minyak zaitun juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL. Manfaat minyak zaitun ini tentu sangat baik untuk kesehatan jantung.

4. Menurunkan risiko timbulnya kanker

Pola makan sehat yang menggunakan makanan olahan minyak zaitun dapat meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh. Antioksidan adalah zat yang dapat mencegah dan memperbaiki kerusakan sel akibat paparan radikal bebas. Antioksidan juga dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

5. Memelihara fungsi otak

Manfaat minyak zaitun lainnya yang juga sangat penting adalah dapat menjaga fungsi dan kesehatan otak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dan bahan anti-inflamasi dalam minyak zaitun dapat mengurangi risiko penyakit otak, seperti demensia dan stroke.

6. Mengontrol kadar gula darah

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang secara teratur mengikuti diet sehat, termasuk diet minyak zaitun, memiliki kontrol kadar gula darah yang lebih baik. Hal ini juga membuat minyak zaitun dapat membantu mengurangi risiko diabetes.

Manfaat minyak zaitun untuk kulit

Selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, minyak zaitun juga bermanfaat untuk melembabkan kulit. Sehingga kulit kamu bisa tampak lebih sehat dan cantik.

1. Melembabkan kulit kering

Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E berlimpah yang baik untuk melembabkan kulit kering. Jika dipakai secara teratur, kulit kering kamu bisa lebih lembab dan sehat. Untuk penggunaannya, tuangkan 2 sampai 3 sendok teh minyak zaitun pada bak mandi. Kamu bisa menggunakan air dengan minyak zaitun untuk mandi.

2. Menghilangkan bekas jerawat

Memiliki noda bekas jerawat tentu dapat mengganggu penampilan kamu. Nah, kamu bisa memanfaatkan minyak zaitun untuk menyamarkan noda bekas jerawat. Kandungan vitamin E dari olive oil mampu memudarkan noda jerawat secara alami. Nah, untuk menggunakannya, kamu hanya perlu mengoleskan minyak zaitun pada bagian bekas jerawat. Tunggu sampai 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

3. Meremajakan kulit

Ingin terlihat lebih awet muda? Olive oil bisa jadi solusinya. Seiring bertambahnya usia, tingkat produksi kolagen akan menurun sehingga elastisitas kulit pun tidak sekencang saat muda. Nah, kandungan vitamin yang terdapat pada vitamin E mampu menjaga elastisitas kulit sehingga membuat kulit tampak awet muda dan mengurangi tanda penuaan dini.

4. Sebagai penghapus makeup

Buat kamu yang sering menggunakan makeup sehari-hari, kamu bisa menggunakan minyak zaitun sebagai penghapus makeup secara sehat. Minyak zaitun dapat membersihkan dan mengangkat kotoran hingga ke pori-pori. Kandungan minyaknya pun mampu mengangkat riasan yang tebal.

Manfaat minyak zaitun untuk rambut

Minyak zaitun juga dapat bermanfaat untuk rambut kamu supaya lebih sehat dan cantik. Berikut ini beberapa manfaatnya untuk rambut yang bisa kamu coba.

1. Mengurangi ketombe

Walaupun bukan merupakan obat penghilang ketombe, olive oil juga dapat membantu kamu mengurangi masalah ketombe. Minyak zaitun dapat melembabkan kulit kepala yang kering dan mudah mengelupas. Serpihan tersebutlah yang merupakan penyebab munculnya ketombe. Nah, dengan penggunaan minyak zaitun, kulit kepala jadi lebih lembab dan dapat mengurangi ketombe.

2. Menjaga kelembaban rambut

Salah satu manfaat minyak zaitun untuk rambut adalah melembabkan rambut. Menurut penelitian, olive oil memiliki peran penting untuk menjaga merawat rambut dari kerusakan. Hal itu karena, penggunaan minyak zaitun pada rambut, membuat batang rambut lembab, sehingga tidak mudah patah atau kering.

3. Membuat rambut berkilau

Olive oil memiliki kandungan vitamin A dan antioksidan yang mampu melindungi keratin rambut, sehingga rambut kamu bisa tetap berkilau. Selain itu, asam oleat yang terkandung mampu membuat rambut lebih sehat dan lembut.

Manfaat minyak zaitun untuk bibir

Masih ada manfaat minyak zaitun yang baik untuk perawatan tubuh. Salah satunya, yaitu untuk perawatan bibir. Berikut ini beberapa manfaatnya:

1. Mengatasi bibir pecah-pecah

Kandungan vitamin E pada olive oil dapat mengatasi masalah bibir kering dan pecah-pecah. Vitamin E akan menutrisi bibir, sehingga menjadi lembab. Cara pemakaiannya pun cukup mudah, tinggal oleskan minyak zaitun pada bibir, seperti mengoleskan lip balm. Gunakan pada malam hari sebelum tidur untuk semalaman dan bilas esok harinya.

2. Mengurangi warna hitam pada bibir

Warna bibir hitam bisa terjadi karena paparan matahari secara terus menerus, penggunaan produk kosmetik, atau kebiasaan merokok. Nah, untuk mengembalikan rona bibir, kamu bisa memanfaatkan minyak zaitun. Caranya, oleskan minyak zaitun setiap malam sebelum tidur dan bilas keesokan paginya.

3. Mengangkat sel kulit mati pada bibir

Bibir memiliki sel kulit mati yang perlu diangkat secara rutin. Sel kulit mati tersebut bisa membuat bibir kamu kasar dan kering. Kamu bisa memanfaatkan olive oil sebagai bahan scrub bibir. Kamu hanya perlu mencampurkan gula pasir dan minyak zaitun. Lalu, gosok pada bibir selama tiga menit dan bersihkan dengan air hangat.

Nah, itu dia beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang manfaat minyak zaitun. Jangan lupa bagikan artikel ini agar lebih banyak orang tahu ya!

Reference
Share