Khasiat telur bebek untuk wanita

Telur bebek memang tidak sepopuler telur ayam yang dikonsumsi banyak orang hampir setiap hari. Padahal, telur bebek juga mengandung banyak khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh, lho. Bahkan, ada banyak juga khasiat telur bebek untuk wanita. Memang telur bebek memiliki lebih banyak lemak yang mungkin kamu hindari, tetapi ada banyak nutrisi lain yang bisa kamu dapatkan.

Penasaran apa saja itu? Simak juga tips mengonsumsi telur bebek yang tepat untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal. Yuk, check it out~

Kandungan dalam telur bebek

Telur bebek mengandung semua jenis vitamin, kecuali vitamin C. Telur bebek juga mengandung semua elemen penting, termasuk zat besi, tembaga, dan mangan. Nah, satu telur bebek mengandung:

  • Kalori: 130
  • Protein: 9 gram
  • Lemak: 10 gram
  • Karbohidrat: 1 gram
  • Serat: 0 gram
  • Gula: 1 gram

Pada telur bebek, kandungan kuning telurnya juga lebih besar daripada telur ayam. Oleh sebab itu, telur bebek mengandung banyak lemak dan kolesterol daripada telur ayam. Sehingga, jika kamu memiliki penyakit jantung atau diabetes, pertimbangkan untuk membatasi jumlah kuning telur bebek yang kamu makan.

Manfaat dari telur bebek bagi kesehatan

Bagaimanapun kamu menyajikannya, telur bebek adalah sumber nutrisi yang sangat baik. Kuning telurnya yang kuning gelap menunjukkan bahwa mereka mengandung lebih banyak antioksidan, lebih banyak asam lemak omega-3, dan 50% lebih banyak vitamin A daripada telur ayam. Berikut ini khasiat telur bebek yang bisa kamu dapatkan:

Membentuk otot

Telur bebek menawarkan lebih banyak protein daripada telur ayam. Protein dapat membantu tubuhmu membangun otot tanpa lemak, mempertahankan berat badan yang sehat, dan memulihkan diri setelah berolahraga atau cedera.

Meningkatkan kesehatan mental

Kekurangan seng, magnesium, dan selenium berhubungan dengan dengan depresi dan kelelahan. Untungnya, telur bebek mengandung ketiga mineral ini. Telur bebek adalah sumber selenium yang sangat baik di mana menyediakan hampir setengah dari nilai gizi harian dalam satu telur.

Telur bebek juga menyediakan vitamin D, di mana kekurangan vitamin D dalam tubuh dapat berefek pada depresi dan gangguan afektif musiman.

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Studi terbaru menunjukkan bahwa vitamin B dapat meningkatkan kesehatan kulit. Setidaknya ada delapan vitamin B, masing-masing dengan manfaat uniknya sendiri untuk kulit. Menariknya, telur bebek mengandung semua vitamin tersebut.

  • Vitamin B1, “vitamin anti-stres,” dapat membantu mencegah jerawat terkait stres.
  • Vitamin B2, membantu menjaga kolagen dan mengurangi peradangan.
  • Vitamin B3, dapat membantu mengatasi jerawat, eksim, dan dermatitis.
  • Vitamin B5, menjaga kelembapan di kulit.
  • Vitamin B6, membantu tubuh dalam mengatasi stres, dan cukup tidur, mencegah peradangan dan kulit kering.
  • Vitamin B7, melindungi kulit dari infeksi dan menjaga kelembapan kulit.
  • Vitamin B9, mempromosikan regenerasi sel, proses di mana tubuh terus menerus mengganti sel kulit mati dengan yang baru.
  • Vitamin B12, mengurangi jerawat, kekeringan, dan peradangan.

Khasiat telur bebek untuk wanita

Ada khasiat khusus yang diberikan telur bebek pada wanita, terutama pada masa kehamilan, di antaranya:

Mendukung perkembangan otak janin yang sehat

Kuning telur bebek kaya akan kandungan lesitin dan kolin. Kolin adalah nutrisi seperti vitamin yang penting untuk membran sel yang sehat, serta otak, neurotransmitter, dan sistem saraf. Sebuah penelitian pada hampir 2.200 orang dewasa yang lebih tua menunjukkan bahwa kadar kolin yang lebih tinggi dalam darah dikaitkan dengan fungsi otak yang lebih baik.

Nah, dengan mengonsumsi telur bebek saat masa kehamilan, hal ini dapat berkhasiat untuk menutrisi dan mendukung perkembangan otak janin selama masa kehamilan.

Mendukung perkembangan sistem saraf janin

Khasiat telur bebek untuk wanita selanjutnya adalah dapat mendukung perkembangan sistem saraf janin selama masa kehamilan. Kuning telur bebek mengandung vitamin B12. Vitamin B12 juga diperlukan untuk sintesis DNA dan bermanfaat bagi kesehatan sel darah merah. Vitamin ini juga penting untuk sistem saraf.

Kadar vitamin B12 yang rendah dapat menyebabkan masalah dengan keseimbangan dan memori janin dalam masa pertumbuhannya. Sehingga, mengonsumsi telur bebek dapat sangat bermanfaat saat masa kehamilan.

Meningkatkan kesuburan wanita

Telur bebek memiliki kandungan selenium yang diperlukan untuk sintesis dan perbaikan DNA. Di samping itu, selenium juga membantu mengatur hormon metabolisme dan berperan dalam meningkatkan kesuburan.

Kandungan selenium bekerja sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Selenium juga dapat menurunkan risiko terjadinya kerusakan kromosom, sehingga dapat mencegah terjadinya keguguran pada janin.

Keseimbangan hormone

Telur bebek mengandung zat besi yang mampu membantu tubuh jamu untuk tetap memprooduksi hormone yang cukup dan seimbang antara hormone estrogen dan progesterone. Di samping itu, kandungan ini juga dapat membuat siklus haid kamu lebih lancar.

Tips mengonsumsi telur bebek untuk wanita

Telur bebek dapat dimasak dengan berbagai cara dan mudah dipadukan dengan makanan sehat lainnya, seperti sayuran. Memasak telur bebek juga berarti menghancurkan bakteri berbahaya, sehingga membuatnya lebih aman untuk dikonsumsi. Berikut ini beberapa metode memasak telur bebek yang sehat adalah:

  • Direbus. Rebus telur bebek pada air mendidih selama 6-10 menit, bergantung tingkat kematangan kuning telur yang kamu inginkan.
  • Dipanggang. Telur panggang dalam oven panas di piring datar sampai telur matang.
  • Orak-arik. Kocok telur dalam mangkuk lalu dituangkan ke dalam wajan panas, dan diaduk dengan api kecil hingga matang.
  • Telur dadar. Kocok telur, lalu dituangkan ke dalam wajan panas dan dimasak perlahan dengan api kecil hingga matang.
Share artikel ini
Reference