manfaat yoghurt

Kamu mungkin sering menemukan yoghurt sebagai salah satu menu diet. Kandungan di dalamnya memang sangat baik untuk pencernaan dan membantu menjaga berat badan. Namun, manfaat yoghurt tak hanya itu saja, loh. Yoghurt terutama sangat baik untuk tubuh wanita, bahkan untuk ibu hamil.

Apa saja manfaatnya bagi tubuh dan kecantikan wanita, serta bagi ibu hamil? Yuk, baca lebih lanjut bahasannya di bawah ini.

Manfaat yoghurt untuk kesehatan tubuh dan kecantikan wanita

Terbuat dari susu, ini dia berbagai macam manfaat yoghurt. Yuk, cek dulu apa manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

1. Kesehatan gigi dan tulang

Yoghurt mengandung banyak kalsium, sebuah mineral yang diperlukan untuk kesehatan gigi dan tulang.

2. Sumber protein

Makanan ini menyediakan jumlah protein yang mengesankan, dengan sekitar 12 gram per 8 ons. Tak heran, jika makanan ini cukup populer bagi mereka yang suka ke gym dan membangun otot-otot mereka.

3. Membuat kenyang lebih lama

Mendapatkan protein yang cukup juga penting untuk pengaturan nafsu makan, karena meningkatkan produksi hormon yang menandakan rasa kenyang. Yoghurt dapat membantu mengurangi jumlah kalori yang kamu konsumsi secara keseluruhan, yang bermanfaat untuk manajemen berat badan

4. Mengatasi masalah pencernaan

Selain membuat kenyang lebih lama, yoghurt juga sering menjadi kunci dari mengatasi sembelit. Dalam sebuah studi yang rilis di jurnal Nutrients, menemukan bahwa yoghurt dengan Bifidobacteria meningkatkan gejala pencernaan dan kualitas hidup terkait kesehatan di antara wanita yang mengalami gejala pencernaan ringan.

5. Memperkuat sistem imun

Mengkonsumsi yoghurt, terutama jika mengandung probiotik, secara teratur dapat memperkuat sistem kekebalan dan mengurangi kemungkinanmu tertular penyakit. Probiotik diketahui berpotensi mengurangi peradangan, yang terkait dengan beberapa kondisi kesehatan mulai dari infeksi virus hingga gangguan usus.

Nah, selain baik untuk kesehatan, banyak juga manfaat yoghurt untuk kecantikan wanita. Yuk, simak apa saja.

6. Melembapkan kulit

Jika kulit kamu membutuhkan peningkatan kelembapan, kamu dapat mencoba menggunakan masker wajah untuk meremajakan kulit. Ketika dioleskan, yoghurt meningkatkan kadar air di area yang dirawa. Ini membuat kulit lebih elastis dan meningkatkan kecerahan.

Kamu bisa membuat masker dari 4 sendok makan yoghurt, 1 sendok makan kakao, 1 sendok teh madu. Campurkan semua bahan ke dalam mangkuk, dan aduk sampai merata. Oleskan masker ke wajah dan lehermu, dan diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air dingin dan keringkan kulit kamu.

7. Mengurangi kerutan dan garis halus

Seiring berjalannya waktu, kulit kamu mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan. kamu dapat memerangi kerutan dan garis halus dengan menggunakan scrub yoghurt setiap minggu. Makanan ini memiliki asam laktat, yang bekerja dengan baik sebagai eksfoliator. Asam ini membantu menghilangkan lapisan paling atas dari sel-sel mati, memperlihatkan kulit yang lebih cerah dan lebih muda.

Tambahkan 1 sendok makan oat ke dalam 2 sendok makan yoghurt, dan tunggu hingga menjadi lembek. Aduk untuk mendapatkan konsistensi yang merata. Oleskan ke seluruh wajah dan leher kamu, dan pijat dengan gerakan melingkar yang lembut. Biarkan scrub selama 15 menit, lalu bilas dengan air dingin.

8. Melawan jerawat

Menggunakannya secara teratur dapat membantu kamu menghilangkan jerawat. Tingginya jumlah zink dan asam laktat yang ada dalamnya membuatnya menjadi obat ampuh untuk jerawat.

Celupkan bola kapas ke dalam yoghurt dan oleskan ke area yang terkena. Setelah kamu menggunakan bola kapas pada jerawat, buanglah. Jangan menggunakannya untuk aplikasi di area lain. Hal ini dapat menyebabkan jerawat kamu menyebar. Diamkan semalaman dan cuci muka dengan air dingin di pagi hari.

9. Memudarkan noda dan pigmentasi

Alasan yoghurt membantu memudarkan noda dan memperbaiki pigmentasi yang tidak merata adalah karena kandungan asam laktatnya. Asam laktat menghilangkan lapisan paling atas kulit, yang mendorong pertumbuhan sel-sel kulit baru. Ini secara efektif mengurangi munculnya pigmentasi.

Campurkan 1 sendok makan yoghurt dan 1 sendok teh jus lemon dalam mangkuk. Oleskan campuran tersebut ke area yang diinginkan. Hindari terkena mata, karena bisa menyengat. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin.

10. Mengurangi lingkaran hitam

Yoghurt membantu mengurangi lingkaran hitam karena memiliki sifat anti-inflamasi, yang mengurangi bengkak. Asam laktat di dalamnya juga mengurangi lingkaran hitam yang persisten.

Celupkan bola kapas ke dalam yoghurt. Oleskan dengan lembut di bawah mata kamu dan diamkan selama 10 menit dan bilas.

11. Mengobati infeksi kulit

Infeksi kulit seperti kurap atau kaki atlet menjangkiti sejumlah orang. Jika kamu mencari obat alami, maka kamu bisa mencoba bahan ini. Yoghurt memiliki probiotik yang membantu menyingkirkan infeksi kulit yang disebabkan oleh patogen seperti ragi.

Cukup oleskan yoghurt di atas area yang terinfeksi dan bungkus dengan kain kasa. Ulangi prosedur ini dua kali sehari sampai infeksi hilang.

12. Menenangkan kulit terbakar matahari

Sunburns disebabkan oleh sinar UV matahari. Ini merusak kulit, mengakibatkan kemerahan dan kadang-kadang lecet. Menggunakan yoghurt secara topikal dapat membantu menyembuhkan area yang terbakar sinar matahari.

Menerapkan yoghurt ke area yang terbakar matahari akan mendinginkannya. Ini karena kaya akan seng dan memiliki sifat anti-inflamasi.

13. Kondisi rambut

Jika kamu bosan dengan bahan kimia yang ditemukan di kondisioner yang dibeli di toko dan mencari alternatif alami, yoghurt dapat membantu mengkondisikan rambut kamu dan membuatnya lebih mudah diatur.

Campurkan 4 sendok makan yoghurt, 2 sendok makan gel lidah buaya, 2 sendok makan minyak kelapa dalam mangkuk. Oleskan paket rambut ke helai rambut kamu, dan biarkan selama satu jam. Bilas secara menyeluruh menggunakan sampo ringan.

Manfaat yoghurt untuk ibu hamil

Konsumsi yoghurt probiotik selama kehamilan memiliki banyak manfaat kesehatan yang positif baik bagi ibu maupun bayi. Ini dapat mengurangi peradangan, meningkatkan metabolisme, meningkatkan hasil kehamilan dan mengurangi kelahiran prematur.

Selain itu, mengonsumsi yoghurt probiotik selama kehamilan dapat mencegah komplikasi yang berhubungan dengan kekurangan kalsium seperti kelainan janin, hipokalsemia, dan preeklamsia.

Penelitian menunjukkan bahwa probiotik seperti yoghurt probiotik dapat menjadi alternatif yang cocok untuk antibiotik untuk vaginosis bakteri pada kehamilan, karena efeknya pada pemindahan patogen dan mengganggu kaskade kekebalan inflamasi.

Disarankan untuk mengonsumsi tiga porsi 200 gram yoghurt tanpa pemanis, alami, rendah lemak per hari. Dengan kata lain, jika kamu ingin mendapatkan manfaat kesehatan dari yoghurt selama kehamilan, kamu bisa makan 600 gram yoghurt setiap hari untuk mendapatkan semua nutrisi yang diperlukan.

Kamu dapat menambahkannya ke makanan seperti topping salad atau smoothie. Juga, adalah ide yang baik untuk menyajikan yoghurt dengan buah atau sedikit madu untuk membuatnya enak.

Tips konsumsi yoghurt

Sama seperti saat kamu menyantap makanan lain, ada batasan khusus dan tips agar yoghurt aman kamu konsumsi.

1. Selalu baca label

Membaca label adalah langkah pertama yang penting ketika memutuskan makanan apa yang akan dibeli. Ini karena memahami label sangat penting untuk mengetahui apa yang sebenarnya ada dalam makanan kamu. Jika memungkinkan, pilih yoghurt dengan sedikit bahan.

2. Batasi gula dalam produk

Banyak jenis yoghurt mengandung gula tambahan dalam jumlah tinggi, terutama yang berlabel rendah lemak. Asupan gula berlebih dikaitkan dengan beberapa masalah kesehatan, termasuk diabetes dan obesitas.

Share artikel ini
Reference