cara membersihkan leher hitam

Cara membersihkan leher hitam ternyata dapat dilakukan dengan cara alami sampai dengan medis. Beberapa cara alami dinilai cukup efektif untuk membersihkan leher dari sisa kotoran dan sel kulit mati sehingga kulit menjadi lebih bersih. Sedangkan, cara medis juga cukup banyak dipilih karena hasilnya yang lebih cepat untuk mengatasi leher hitam. 

Ketahui berbagai cara mengatasi leher hitam melalui ulasan yang satu ini. 

Penyebab leher hitam

Leher yang berada di bagian belakang tubuh kerap luput untuk dibersihkan. Dengan begitu, kotoran menjadi menumpuk dan membuat leher menjadi menghitam. Apalagi, leher juga kerap terpapar sinar matahari yang membuat kulit leher menjadi lebih gelap. 

Sebagian besar leher hitam tidak berbahaya dan tidak perlu diwaspadai, namun bagi sebagian orang mungkin dinilai dapat mengganggu penampilan. Namun, jika kulit leher yang menggelap dan disertai dengan gejala lain seperti gatal, kulit menebal dan gejala lainnya, kamu perlu mewaspadainya. 

Berikut beberapa penyebab umum leher hitam:

  1. Paparan sinar matahari
  2. Dermatitis neglecta
  3. Akantosis nigrikans
  4. Hiperpigmentasi akibat obat
  5. Kadar insulin darah tinggi
  6. Panu
  7. Lichen planus pigmentosus
  8. Erythema nodosum

Cara membersihkan leher hitam

Berikut beberapa cara membersihkan leher hitam yang bisa kamu coba di rumah:

1. Bersihkan leher saat mandi

Bersihkan area leher secara menyeluruh ketika kamu mandi. Dengan begitu, sisa kotoran dan sel kulit mati pada area leher dapat dibersihkan dengan maksimal. Sisa-sisa kotoran inilah yang kerap menyebabkan warna leher menjadi lebih hitam. 

2. Mengontrol berat badan dan gula darah

Pada orang yang memiliki berat badan berlebih cenderung memiliki leher yang menggelap atau menghitam. Ini karena kadar insulin yang tidak normal dalam tubuh menyebabkan hiperpigmentasi. 

Jika, kamu memiliki kondisi berat badan berlebih atau diabetes, pastikan untuk menjalani gaya hidup sehat, rutin berolahraga dan atur pola makan dengan baik. 

3. Melakukan eksfoliasi

Selain membersihkan diri ketika mandi, kamu juga bisa membersihkan kotoran pada leher dengan melakukan eksfoliasi. Pengelupasan sel kulit mati ini dapat membantu leher menjadi lebih cerah. 

Kamu bisa gunakan scrub alami dari bubuk kopi dan minyak kelapa lalu gosokan pada permukaan kulit leher. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan scrub yang dijual di pasaran jika ingin lebih simpel. Pastikan untuk tidak menggosok terlalu keras karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit. 

4. Gel lidah buaya

Cara membersihkan leher hitam selanjutnya adalah dengan menggunakan gel lidah buaya. Lidah buaya sendiri sejak dulu memang sudah dikenal memiliki banyak manfaat untuk kulit, termasuk untuk mencerahkan warna kulit secara alami. 

Pasalnya, lidah buaya mengandung flavonoid yang berguna untuk mencerahkan kulit dengan cara menghambat aktivitas enzim yang dapat menyebabkan pigmentasi kulit. Bukan hanya itu, lidah buaya juga bermanfaat untuk menjaga kulit supaya tetap terhidrasi dengan baik. 

Cara penggunaannya juga sangat mudah, kamu hanya perlu oleskan gel lidah buaya pada area leher. Setelah itu, diamkan kurang lebih selama 10 menit. Jika sudah, bilas dengan menggunakan air hangat. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa melakukan perawatan kulit alami ini setiap hari. 

5. Baking soda

Cara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan baking soda. Pasalnya, baking soda dipercaya dapat membantu lapisan kulit mati serta kusam pada area leher. Cara penggunaannya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan 2-3 sendok makan baking soda dengan sedikit air. Aduk sampai berbentuk pasta yang halus. 

Oleskan pasta tersebut pada area leher yang menghitam. Diamkan sampai mengering lalu gosok perlahan dengan jari tangan. Jika sudah, bilas menggunakan air bersih. 

Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa menggunakan cara ini setiap hari selama seminggu. 

Cara menghilangkan hitam di leher secara medis 

Selain menggunakan cara alami, kamu juga bisa menggunakan cara membersihkan leher hitam secara medis. Beberapa perawatan medis dapat membantu mengatasi kulit leher yang gelap. Berikut beberapa perawatan medis yang umum diberikan dokter untuk mengatasi leher hitam:

  • Obat resep
  • Produk topikal resep
  • Pengelupasan kimia
  • Mikrodermabrasi
  • Laser

Perawatan medis lainnya juga mungkin diberikan berdasarkan penyebab yang menyadari kulit leher menjadi hitam.

Share artikel ini
Reference