self care

Self care adalah hal penting yang perlu dilakukan oleh setiap orang di tengah kesibukannya. Hal ini membantu wanita meredakan dan mengelola stres dengan baik agar kesehatan mental terjaga.

Tidak hanya wanita karir, para ibu rumah tangga pun wajib melakukan self care agar tidak mudah stress.

Mental yang sehat tidak selalu ditandai dengan perasaan yang bahagia sepanjang waktu. Tetapi, mental sehat adalah yang mengalami dan bisa merasakan berbagai emosi seperti marah, sedih, kecewa termasuk bahagia.

Manfaat Self Care bagi Kesehatan Mental Wanita

Dalam kehidupan sehari-hari adakalanya wanita menghadapi berbagai masalah. Tidak hanya pria saja yang merasakan atau mengalami masalah mengenai pekerjaan, rumah tangga atau ekonomi. Bahkan mungkin beberapa wanita cenderung lebih sensitif terhadap masalah sehingga pikirannya terganggu.

Terkadang wanita bisa jadi menghadapi masalah yang lebih besar dan lebih berat, mengingat tanggung jawabnya untuk memenuhi segala keperluan rumah tangga termasuk keperluan suami dan anak.

Sehingga wanita akan merasa kelelahan dan kewalahan karena kegiatan sehari-hari.

Dengan adanya masalah tersebut, self care menjadi penting untuk dilakukan setiap orang terutama wanita. self care ini dapat membantu kamu berpikir lebih mudah ketika menghadapi masalah, membuat tubuh rileks, serta meningkatkan kesehatan fisik dan psikis.

Self care bisa dilakukan secara mudah yaitu dengan meluang waktu dan terlepas sejenak dari aktivitas sehari-hari. Selain itu, self care juga sudah terbukti secara klinis dapat membantu menghilangkan kecemasan, stres dan meningkatkan konsentrasi dan taraf kebahagiaan.

Contoh Self Care bagi Kesehatan Wanita

batas pertumbuhan tinggi wanita

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan self care. Tidak perlu menyiapkan uang yang banyak dan persiapan yang matang untuk melakukan self care, kamu bisa mencoba hal-hal berikut dengan mudah:

1. Membaca buku

Membaca buku bisa menjadi salah satu cara kamu untuk menenangkan pikiran. Jika dirasa terlalu mahal untuk membeli buku yang akan dibaca kamu bisa meminjamnya dari perpustakaan terdekat atau dengan menggunakan e-book.

2. Jalan-jalan

Jalan-jalan tidak harus ke suatu tempat yang jauh dan mahal. Kamu bisa melakukannya secara sederhana sambil lari pagi atau sekedar jalan santai dengan jarak tertentu untuk membantu kamu merilekskan pikiran dan mengistirahatkan mata dengan pemandangan sepanjang jalan. 

3. Peluk seseorang

Memeluk seseorang merupakan cara lain yang bisa kamu lakukan sebagai self care. Apalagi jika pelukan ini kamu dapatkan dari orang-orang yang disayangi seperti pasangan, orangtua, anak, atau teman yang peduli terhadap kamu.

4. Melakukan hobi

Mengingat hobi setiap orang berbeda-beda dan kamu juga bisa melakukannya dengan perasaan yang senang serta memuaskan hati. Jika kamu belum memiliki hobi, cobalah beberapa kegiatan seperti merajut, memotret, melukis, dan lain-lain, lalu rasakan mana yang paling menyenangkan untukmu.

Tips Melakukan Self Care

manfaat prp wajah

Melakukan self care bukanlah suatu hal yang sulit dilakukan. Kamu bisa melakukannya dengan mudah untuk latihan menghilangkan stress dan menenangkan pikiran serta menyeimbangkan hormon dalam tubuh.

Dengan meluangkan waktu untuk self care kamu juga bisa meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan tubuh kamu. Menghindari stress dan depresi berlebihan akibat kegiatan yang membosankan dan melepas sejenak beban pekerjaan yang ditanggung setiap harinya.

Berikut ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan dengan mudah:

  1. Menghabiskan waktu di alam terbuka seperti hutan atau pegunungan sambil menghirup udara segar alam terbuka.
  2. Jika merasa sangat lelah, istirahatlah lebih awal dari biasanya.
  3. Meluangkan waktu 10-15 menit saja untuk melakukan peregangan otot.
  4. Mandi atau berendam dengan air garam dan wewangian dengan lilin aromaterapi.
  5. Mengunduh aplikasi panduan melakukan meditasi .
  6. Membaca buku sebelum tidur atau ketika waktu senggang.
  7. Berjalan-jalan santai pagi atau sore hari di sekitaran rumah untuk menghirup udara segar.
  8. Mendengarkan musik favorit, menonton film atau drama favorit, menggambar atau bernyanyi.

Jangan salah self care memang merupakan hal yang terlihat sederhana dan sering disepelekan. Tetapi, aktivitas sederhana yang bisa merilekskan pikiran walau hanya sebentar bisa berpengaruh besar terhadap setiap kegiatan yang kamu lakukan setiap harinya.

Melakukan self care melalui hal-hal yang baik akan membantu kamu menjalani kehidupan yang lebih baik dan lebih bahagia. Sehingga kualitas hidup kamu tinggi dengan mental dan fisik yang sehat.

Share artikel ini
Reference