Memiliki wajah yang cerah, halus, lembab dan tampak awet muda merupakan impian banyak orang. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa usia yang semakin menua akan membuat elastisitas kulit menjadi berkurang sehingga semakin kering dan tipis. 

Banyak cara yang bisa kamu lakukan agar awet muda dan terhindar dari penuaan dini, lho. Cara dan perawatan agar awet muda bisa kamu temukan dalam ulasan ini. Yuk simak!

Penyebab Wajah Terlihat Lebih Tua

Penampilan wajah yang muda ternyata memiliki beberapa faktor yang dapat memengaruhi seseorang akan terlihat lebih tua atau muda.

Mendapatkan tubuh dan wajah yang layaknya usia remaja pada usia 30-40 tahunan memang gampang-gampang susah. Beberapa faktor yang menyebabkan orang dapat terlihat awet muda antara lain:

Warisan/riwayat keluarga

Beberapa ilmuwan mengatakan bahwa genetik dapat menjadi salah satu faktor seseorang bisa terlihat awet muda.

Beberapa kelompok atau etnis tertentu dianggap mempunyai kulit yang luar biasa sehingga tetap terlihat awet muda dibandingkan usia sebenarnya.

Ditemukan gen khusus yang juga berpengaruh pada penuaan seseorang seperti reseptor protein yang disebut melanocortin.

Pola istirahat

Kurang tidur atau istirahat dapat membuat kulit memberontak. Tidur sendiri sering dikaitkan dengan waktu tubuh untuk menghilangkan racun dalam kulit sehingga kebiasaan begadang menjadi salah satu penyebab kulit lebih cepat terlihat tua.

Olahraga

Aktivitas olahraga disebut sebagai salah satu cara agar nutrisi kulit lebih lancar hingga mencapai permukaan kulit. Kebiasaan olahraga dapat membantu seseorang terlihat lebih muda.

Konsumsi makanan

Makanan yang dikonsumsi setiap hari sangat berpengaruh pada kesehatan kulit. Ada makanan yang dapat mempertahankan kulit awet muda, namun ada juga yang malah memperburuk kulit kulit seseorang.

Dengan faktor-faktor tersebut, bagaimana perawatan wajah agar awet muda dengan cara alami dan aman?

Baca juga: Penuaan Dini Bisa Pada Wajah Bisa Terjadi di Usia 35 Tahun? ini 9 Caranya! 

Cara agar wajah awet muda

Selain factor genetik, pola makan dan kebiasaan hidup, kamu bisa tetap dapat mempertahankan kulit wajah yang awet muda dengan beberapa perawatan berikut ini:

Lindungi sinar dari sinar matahari langsung

tips memilih sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat

Pada saat beraktivitas di luar ruangan, sinar matahari tidak dapat dihindari buka? Namun sinar matahari terik bisa menjadi sebab kerusakan kulit wajah.

Pakailah selalu tabir surta yang mempunyai sun protection factor atau SPF minimal 30. Gunakan sunblock atau sunscreen untuk menghindari kulit langsung terkena sinar matahari.

Ekspresi wajah berulang membentuk kerutan

Melakukan ekspresi wajah yang berulang seperti cemberut, mengerutkan dahi, menyipitkan mata dan sebagainya membuat otot kulit berkontraksi.

Hindari melakukan hal ini dan gunakan cara lain seperti menggunakan kacamata hitam agar mata tidak terlalu silau sehingga menghindari kerutan di sekitar mata.

Baca juga: 7 Tips Menghilangkan Kerutan di Wajah, Bikin Tambah Awet Muda!

Membersihkan kulit dengan lembut

Membersihkan kulit wajah tidak perlu terlalu sering karena bahan pembersih terkadang menyebabkan kering dan iritasi. Gunakan seperlunya, pilih sabun wajah yang sesuai dengan kondisi kulit dan lakukan dengan lembut serta hati-hati saat mencuci wajah.

Gunakan pelembab

skincare routine korea

Pelembab kulit dapat membantu kulit tetap terhidrasi, tampak kencang dan tidak berkerut. Gunakan pelembab setelah mandi agar bahan aktifnya dapat mengikat cairan pada kulit wajah.

Hentikan produk penyebab iritasi kulit

Produk penyebab iritasi yang berlabel pembersih wajah saat ini banyak dijual bebas di pasaran. Hentikan pemakaian jika kulit mengalami iritasi yang dapat mempercepat penuaan dini. Konsultasi produk terbaik dengan dokter kulit agar terhindar dari bahan berbahaya.

Pijat wajah 

Garis senyum dan kerutan di wajah dapat menyebabkan wajah terlihat lebih tua. Lakukan pijat wajah yang dibarengi dengan krim antipenuaan. Lakukan dengan ahli pijat wajah dan rasakan perbedaan kulit yang terasa lebih kencang dan kenyal.

Rajin minum air putih

minum banyak air putih

Rahasia awet muda yang bisa kamu lakukan dengan mudah yaitu rajin mengonsumsi air putih. Air dapat menghidrasi kulit, meningkatkan kepadatan dan kekenyalan kulit. Asupan air yang cukup juga dapat menambah rona kesegaran pada wajah.

Senam wajah

Senam wajah dapat membantu memperbaiki otot wajah sehingga lebih kencang dan jauh dari kendur. Hasil maksimal dapat dilakukan dengan senam rutin pagi dan sore di bagian wajah seperti kantong mata, dahi, pipi, mulut dan rahang.

Pola makan sehat

Pola makan sehat dan gizi seimbang dapat membantu merawat wajah agar tetap awet muda. Konsumsi makanan tinggi vitamin b (biotin), vitamin c dan vitamin e seperti tomat, wortel, sayuran hijau serta kacang almond.

Kurangi stres

Stres dapat memicu hormon kortisol diproduksi lebih banyak sehingga menyebabkan sel rusak dan tanda penuaan lebih cepat muncul.

Melakukan manajemen stres dengan cara relaksasi, melakukan hobi dan kegiatan yang menyenangkan agar wajah tetap awet muda dan terhindar dari wajah lelah.

Tidur cukup

susah tidur

Tidur cukup menjadi salah satu cara meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik serta memperlambat penuaan. Cukupi istirahat dan tidur harian 7-9 jam sehari agar tubuh tetap sehat dan wajah terlihat awet muda.

Hentikan kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok memicu garis kerutan pada mata dan mulut, menjadikan warna gigi menjadi kusam dan mengganggu kesehatan. Hindari kebiasaan ini agar kesehatan kulit dan tubuh semakin terjaga.

Menggunakan produk perawatan sesuai kulit

Kondisi kulit yang rentan kerutan, masalah wajah hingga penuaan dini dapat terjadi karena salah pemilihan produk perawatan wajah.

Ada beberapa produk yang dapat memperbaiki atau malah merusak jika tidak sesuai dengan kondisi kulit seperti serum, masker, pelembab, toner dan sebagainya.

Jangan lupa bersihkan wajah dari make up, polutan dan bahan penyebab iritasi sesegera mungkin agar kulit tetap terjaga kesehatannya.

Beberapa cara lain dapat dilakukan agar wajah awet muda dan menghindari penuaan seperti operasi dan perawatan kecantikan yang lain, namun hal ini tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Agar lebih aman, lakukan perawatan awet muda baik dari dalam maupun luar dengan cara alami dan konsisten setiap hari.

Share artikel ini
Reference