Sixpack Wanita

Memiliki sixpack memang tidak mudah. Ada banyak faktor yang mempengaruhi pembentukan sixpack. Mulai dari komposisi tubuh, genetika, dan hormon. Tetapi, untuk mendapatkannya bukanlah hal yang mustahil.

Tidak hanya pria, wanita juga bisa mempunyai sixpack. Tapi, bagaimana cara wanita bisa mendapatkan sixpack? Tentu saja, dengan diet dan olahraga yang tepat. Artikel ini akan memberikan tips membentuk sixpack wanita yang baik dan benar. Simak terus sampai habis, ya!

Apakah wanita bisa sixpack?

Sebenarnya apakah wanita bisa sixpack? Jawabannya, tentu saja bisa. Untuk mendapatkan perut sixpack, wanita memerlukan waktu sekitar enam bulan hingga satu tahun. Waktunya bergantung pada berat badannya saat ini, riwayat medis, dan genetika.

Selain itu, hal ini juga dipengaruhi oleh hormon kortisol. Dilansir dari Women’s Health, wanita memerlukan 15 hingga 19 persen lemak tubuh untuk menjadi sixpack. Jadi, jika seseorang memiliki lemak tubuh di atas 19 persen, maka dia harus menguranginya untuk menjadi sixpack.

Cara membentuk sixpack wanita

Ada beberapa cara yang perlu dilakukan untuk membentuk sixpack wanita. Beberapa cara tersebut, antara lain:

Konsumsi protein tanpa lemak

Cara untuk membentuk sixpack wanita yang pertama adalah mengonsumsi protensi tanpa lemak. Protein dibutuhkan oleh otot. Mengonsumsi protein tanpa lemak dapat memperbaiki dan membangun otot kembali. Untuk mendapatkan protein, konsumsi dada ayam, jamur, ikan, kacang-kacangan, dan kedelai.

Jangan hindari lemak sehat

Mengonsumsi lemak sehat tidak membuat badan menjadi gemuk. Sebaliknya, lemak sehat bisa mencegah kenaikan berat badan. Kamu bisa mengonsumsi almond, kenari, alpukat, minyak zaitun, keju, cokelat hitam, dan telur.

Konsumsi serat

Kamu membutuhkan serat untuk membantu proses penurunan berat badan. Serat bisa membuat kamu kenyang lebih lama dan mencegah penyerapan lemak. Makan makanan dengan kandungan serat tinggi juga baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Konsumsi brokoli, persik, pir, apel, berry, kacang hijau, jambu biji, delima, kiwi, beras merah, dan bit.

Minum air putih yang cukup

Biasanya, kalau kamu merasa haus namun tidak segera minum, kamu akan merasa lapar dan menambah kalori dengan makan. Tidak minum cukup air bisa menyebabkan melambatnya metabolisme, dehidrasi, sembelit, dan kembung.

Oleh karena itu, minumlah air putih sekitar dua hingga tiga liter per hari. Kamu juga bisa minum infused water, jus buah atau sayuran, smoothies, dan air kelapa.

Konsumsi makanan yang membakar kalori

Beberapa makanan bisa membakar kalori dan mengurangi lemak. Konsumsi jeruk bali, teh bali, beras merah, lada hitam, seledri, cabai rawit, cuka sari apel, cokelat hitam, kayu manis, yogurt, susu rendah lemak, kacang-kacangan, kunyit, kembang kol, bayam, bawang putih, dan selai kacang.

Mengurangi stres

Saat merasa stres, hormon kortisol biasanya akan dilepaskan sehingga menyebabkan meningkatnya rasa lapar. Hal ini dapat menyebabkan penumpukan lemak di area perut, resistensi insulin, dan diabetes. Kamu bisa mengurangi stres dengan berolahraga, melukis, membaca buku, jalan-jalan, mendengarkan musik, dan hal-hal menyenangkan lainnya.

Jangan lewatkan sarapan

Kalau kamu melewatkan sarapan, kamu akan merasa lapar sepanjang hari. Kamu memerlukan sarapan sehat yang cukup untuk mendukung fungsi tubuhmu. Saat sarapan, sertakan serat, protein, dan lemak sehat untuk memperoleh makanan yang lengkap dan seimbang.

Hindari makanan cepat saji

Makanan cepat saji biasanya mengandung banyak karbohidrat dan kalori, namun minim nutrisi. Makanan seperti ini dapat membahayakan kesehatan jika dikonsumsi terus-menerus. Hindari mengonsumsi makanan seperti keripik kentang, keripik singkong, kentang goreng, ayam goreng, dan lain-lain.

Melakukan olahraga

Untuk membentuk perut sixpack pada wanita, sangat penting untuk melakukan olahraga. Lakukan olahraga setidaknya 4 jam dalam satu minggu untuk menjaga kebugaran tubuh. Lakukan latihan kardio, latihan beban, dan kekuatan untuk menghilangkan lemak di perut dan membangun massa otot ideal wanita.

Latihan sixpack wanita

Kamu tidak bisa mendapatkan perut sixpack wanita tanpa melatih otot perut. Kamu perlu menghilangkan lemak perut dengan melakukan latihan untuk mendapatkan perut sixpack. Selain melakukan beberapa latihan ini, kamu harus makan dengan benar. Berikut ini adalah beberapa latihan sixpack wanita yang bisa kamu lakukan.

Latihan kardio dan HIIT

Latihan kardio dan HIIT efektif untuk membakar kalori. Melakukan tiga jam kardio dan HIIT dalam satu minggu dapat membantu melepaskan lemak dari seluruh tubuh. Selain itu, HIIT juga dapat menambah massa otot tanpa lemak. Kamu bisa melakukannya dengan lari, melompat, bersepeda, berenang, memakai peralatan gym, atau zumba.

Crunches

Selain itu, perut sixpack pada wanita juga bisa kamu dapatkan dengan melakukan latihan crunches. Ikuti langkah-langkah berikut ini melakukannya.

  • Lakukan latihan ini dengan berbaring telentang di atas matras.
  • Tekuk lutut kamu dan jaga agar kaki tetap sejajar di tanah.
  • Letakkan tangan kamu di kedua sisi kepala untuk menopangnya.
  • Meringkuk pada sudut 30 derajat dan buang napas.
  • Tarik napas dan turun ke posisi awal.

Lying leg raise

Latihan ini akan sedikit sulit jika kamu kelebihan berat badan. Latihan ini sangat dianjurkan jika kamu ingin menurunkan berat badan di area perut. Ikuti langkah-langkah berikut ini melakukannya.

  • Berbaring di matras dengan tangan di kedua sisi dan telapak tangan menghadap ke bawah.
  • Angkat kedua kaki sampai berada 90 derajat dari lantai.
  • Perlahan turunkan kaki ke posisi awal.

Plank

Plank membantu memperbaiki postur tubuh dan mengurangi sakit punggung. Selain itu, plank juga dapat mengurangi lemak di perut. Ikuti langkah-langkah berikut ini melakukannya.

  • Berlutut di atas matras.
  • Letakkan telapak tangan di atas matras dan lengan diluruskan.
  • Membungkuk dan letakkan lengan bawah di atas matras.
  • Rentangkan kaki ke belakang. Jaga agar tetap lurus dan tekuk jari-jari kaki.
  • Tahan pose ini selama 10 hingga 20 detik.

Saat melakukan latihan ini, pastikan kamu menjaga postur tubuh yang benar untuk mencegah terjadinya cedera pada punggung.

Hanging at curl

Hanging ab curl bertujuan untuk mengencangkan perut, sehingga dapat membentuk sixpack pada wanita. Latihan ini bekerja pada otot perut bagian bawah. Ikuti langkah-langkah berikut ini melakukannya.

  • Pegang pull up bar dan biarkan kaki menjuntai. Pastikan kaki kamu dalam keadaan lurus.
  • Buang napas, tekuk lutut, dan tarik kaki ke atas, ke arah dada.
  • Tarik napas, turunkan kaki secara perlahan, dan kembalikan ke posisi awal.

Angkat beban

Angkat beban seperti angkat besi bisa mendukung pertumbuhan otot. Latihan ini tidak hanya dilakukan untuk mendapatkan sixpack saja, namun juga untuk mempertahankannya.

Latihan yoga

Latihan lainnya untuk mendapatkan sixpack adalah latihan yoga. Yoga bukan hanya tentang peregangan. Ada banyak kekuatan inti yang diperlukan dalam yoga. Kekuatan ini akan meningkat seiring berjalannya waktu.

Tips membentuk sixpack wanita yang baik dan benar

Agar mendapatkan sixpack wanita, ikutilah beberapa tips berikut ini.

  • Lakukan latihan otot secara konsisten. Lakukan latihan ketahanan dan kardio.
  • Makan makanan yang sehat dan seimbang. Makanlah makanan yang mengandung protein tanpa lemak.
  • karbohidrat kompleks, berbagai sayuran dan lemak sehat. Sebaliknya, kurangi makanan olahan dan makanan yang mengandung banyak gula.
  • Minum banyak smoothie dapat membantu mengurangi nafsu makan.
  • Tetapkan batas waktu untuk makan malam.
  • Tidurlah dalam waktu yang cukup. Pastikan kamu tidur selama tujuh sampai delapan jam sehari. Hal ini bisa memberikan waktu bagi tubuh untuk memperbaiki diri secara alami selama kamu tidur.

Bagi wanita, mendapatkan perut sixpack bukanlah hal yang mustahil. Tetap makan makanan yang seimbang dan rendah kalori, lakukan olahraga secara teratur, dan pertahankan gaya hidup yang baik, ya.

Share artikel ini
Reference