berenang termasuk olahraga
Hidup Sehat

Berenang Termasuk Olahraga Ampuh Kecilkan Perut Dan Buat Sehat

Imelda Rahmawati | Februari 28, 2022
Share

Olahraga renang memiliki segudang manfaat, tidak hanya untuk fisik tapi juga untuk psikismu. Berenang termasuk olahraga yang mampu menghilangkan stres, pikiran kamu akan dialihkan sepenuhnya agar fokus pada gerakan-gerakan di dalam air. Selain menyehatkan, berenang juga menjadi salah satu olahraga yang menyenangkan.

Banyak anak-anak yang sudah diajarkan berenang sejak kecil, bahkan kini sedang tren mengajarkan berenang pada bayi. Hal ini dikarenakan manfaat berenang yang sangat banyak, apalagi untuk masa pertumbuhan anak. Tidak perlu minder jika kamu belum bisa berenang, karena kamu tak pernah terlambat untuk memulainya.

Yuk, cari tahu manfaat berenang lainnya!

Apa itu renang?

Renang adalah olahraga berupa dorongan atau gerakan tubuh di dalam air yang menggabungkan gerakan tangan, kaki, dan flotasi alami tubuh. Berenang juga sering dijadikan sebagai aktivitas rekreasi, karena kegiatannya memang menyenangkan.

Seseorang dikatakan bisa berenang jika sudah bisa menguasai teknik mengapung di dalam air dan bisa bergerak di dalam air. Jika belum bisa berenang, kamu bisa mempelajari dasar-dasar berenang terlebih dahulu seperti cara mengapung, meluncur, dan mengatur napas. Lakukan latihan ini beberapa kali dalam seminggu, sampai kamu menguasai teknik dasar berenang.

Berenang termasuk olahraga

Berenang termasuk olahraga kardio yang menggerakan seluruh tubuh, jantung dan semua otot kamu. Renang menjadi olahraga yang sangat efektif untuk menurunkan berat badan dan mengecilkan lingkar perut.

Kombinasi renang dan diet akan menghasilkan berat badan yang ideal. Luangkan waktu 150-300 menit seminggu untuk berolahraga di kolam renang dengan intensitas sedang, atau 75 hingga 150 menit dengan intensitas tinggi.

Saat berenang jantung kamu berdetak lebih kencang sekitar 50%-85%, sehingga olahraga renang sangat cocok untuk meningkatkan kesehatan jantung. Berenang secara rutin dapat menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan juga stroke.

Manfaat renang

Berenang adalah olahraga yang melibatkan seluruh tubuh untuk bergerak, sehingga kamu merasakan manfaat yang besar saat rutin melakukannya. Berikut ini adalah beberapa manfaat renang yang perlu kamu ketahui;

  • Meningkatkan kesehatan mental.
  • Meningkatkan kebugaran dan massa otot.
  • Lebih minim resiko cedera daripada olahraga kardio lainnya.
  • Membuat tidur lebih cepat dan nyenyak.
  • Olahraga yang aman untuk ibu hamil.
  • Olahraga yang aman orang dengan penyakit asthma.
  • Memiliki banyak gaya yang bisa kamu lakukan.
  • Menjadi olahraga yang santai dan damai.
  • Menghilangkan stress.
  • Meningkatkan koordinasi, keseimbangan dan postur.
  • Meningkatkan fleksibilitas.
  • Menjadi kegiatan yang menyenangkan saat cuaca panas.

Macam-macam gaya renang

Pada dasarnya, olahraga renang memiliki 4 gaya dengan gerakan yang fokus untuk melatih otot tertentu. Gaya ini kemudian banyak dikembangkan lagi menjadi gaya yang bermacam-macam. Berikut adalah 4 gaya renang yang populer dan manfaatnya:

1. Gaya dada (breaststroke)

Gaya ini dapat membantu kamu memperkuat tubuh bagian atas, punggung, dan dada. Fungsi paru-paru juga akan meningkat karena berenang sangat melibatkan pernapasan. Gerakan kaki menjadi pendorong utama pada gaya ini, sehingga paha dan kaki kamu akan ikut mengencang.

2. Gaya bebas (front crawl/freestyle)

Kebanyakan orang menguasai gaya ini terlebih dahulu karena lebih mudah. Untuk melakukannya, tangan dan kaki akan ikut bergerak agar kamu bisa meluncur saat berenang. Gaya ini melibatkan otot bahu, punggung, otot trisep dan bisep lengan kita. Semua bagian di tubuh kamu akan aktif bergerak saat melakukan gaya bebas.

3. Gaya punggung (backstroke)

Gaya punggung menjadi teknik yang cocok untuk membantu memperbaiki postur tubuh secara keseluruhan. Kamu akan mendapat bentuk yang lebih baik pada bagian punggung atas, punggung bawah, dan paha.

4. Gaya kupu-kupu

Gaya kupu-kupu dapat membantu kamu membakar kalori lebih cepat dibanding gaya lainnya. Kamu akan memerlukan lebih banyak tenaga dari otot trisep dan bisep saat melakukan gaya ini. Saat melakukan gerakan memutar bahu, otot bahu atau deltoid kamu juga akan semakin kuat.

Tips olahraga berenang

Olahraga berenang memang memiliki segudang manfaat dan menjadi kegiatan yang menyenangkan. Ikuti beberapa tips ini agar kamu dapat berenang dengan lebih aman;

  • Pastikan kamu tahu cara berenang dengan baik.
  • Pilih lingkungan yang aman terutama jika kamu mengajak anak-anak.
  • Lakukan pemanasan dengan meregangkan otot dan persendian sebelum masuk ke air.
  • Sediakan banyak cairan dan minum secara teratur agar terhindar dari dehidrasi.
  • Jangan berlama-lama jika kamu baru mulai berenang.

Berenang memiliki tingkat cedera lebih rendah dari olahraga lain, tapi kamu harus tetap memastikan fasilitasnya bersih dan ventilasi yang baik. Pastikan kolam renang mengandung klorin yang cukup untuk mendesinfeksi air. Jangan sampai terlalu banyak klorin juga, karena dapat menimbulkan iritasi kulit, mata, atau saluran pernapasan.

Reference
Share