Susu Skim Rendah Lemak

Susu adalah satu satu sumber protein dan memiliki banyak jenis di pasaran. Salah satu jenis susu adalah susu skim yang kadar lemaknya sangat rendah. Banyak orang meminumnya saat menjalani diet.

Susu ini dipercaya memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh. Simak kandungan dan manfaatnya pada artikel ini, yuk!

Apa itu susu skim?

Susu skim adalah susu yang hampir bebas lemak karena memiliki kadar lemak kurang dari 0,15% atau sangat rendah. Susu ini biasanya agak encer dan memiliki rasa yang hambar. Susu skim dibuat dengan menghilangkan lemak yang ada pada susu murni.

Metode tradisional yang bisa dilakukan untuk menghilangkan lemak tersebut adalah dengan meletakkannya di lemari es sampai krimnya naik ke atas dan membentuk lapisan padat. Saat krimnya sudah terkumpul, susu murni tersebut akan menjadi susu dengan persentase lemak yang lebih rendah. Untuk mendapatkan susu skim, kamu mungkin perlu mengulangi proses ini berulang kali.

Lain halnya dengan pabrik-pabrik yang telah dilengkapi dengan mesin yang modern. Mereka biasanya menggunakan alat yang disebut separator. Alat ini berfungsi untuk memisahkan lemak dari susu. Mesin ini dapat berputar dengan kecepatan yang tinggi untuk mengumpulkan krim dari susu. Proses pembuatannya cukup sederhana dan tidak melibatkan bahan kimia. Itulah sebabnya, susu ini tidak memberikan efek buruk bagi kesehatan.

Kandungan susu skim

Walaupun hanya mengandung sangat rendah lemak, susu skim banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Berikut ini daftar nutrisinya.

  • Kalium
  • Fosfor
  • Protein
  • Kalsium
  • Karbohidrat
  • Natrium
  • Zinc
  • Tiamin (vitamin B1)
  • Riboflavin (vitamin B2)
  • Niasin (vitamin B3)
  • Vitamin C
  • Besi

Kalori susu skim

Jumlah kalori dalam susu skim sedikit. Bahkan, ketika dibandingkan dengan susu murni, kalori susu ini jauh lebih sedikit. Dilansir dari situs Merdeka, satu gelas susu skim mengandung 71 kalori. Jauh berbeda dengan susu skim, susu sapi yang murni mengandung 160 kalori. Jumlah kalori ini lebih dari dua kali lipat dari jumlah kalori yang dimiliki susu skim.

Walaupun demikian, susu dengan kadar lemak yang rendah ini dapat memenuhi asupan protein untuk tubuh. Apabila kamu menggunakan banyak gula saat minum susu skim, hal ini tidak akan membantu kamu dalam mengurangi asupan kalori.

Susu skim tidak memberikan efek buruk bagi kesehatan tubuh. Bahkan, pada sebagian orang, susu skim lebih memberikan manfaat dibandingkan susu murni. Jadi, tidak usah khawatir untuk mengonsumsinya, ya.

Manfaat susu skim

Minum susu yang kadar lemaknya rendah secara rutin dipercaya mampu mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Di bawah ini adalah beberapa manfaat susu skim yang dapat kamu peroleh, yaitu:

Membangun dan memelihara otot

Susu skim mengandung banyak protein. Sebuah studi telah menunjukkan bahwa kadar protein yang tinggi dalam susu skim dapat membantu untuk membangun dan memelihara otot.

Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Susu skim mengandung lebih banyak kalsium daripada susu murni. Kalsium sangat penting untuk sirkulasi darah, kesehatan tulang dan gigi. Zat ini dapat membantu agar otot berfungsi dengan baik.

Mengendalikan asupan kalori

Dibandingkan dengan susu murni, kandungan kalori pada susu skim lebih sedikit. Susu murni mengandung dua kali lebih banyak kalori dibandingkan dengan susu skim. Jika kamu ingin mengendalikan asupan kalori, kamu harus memilih susu skim daripada susu murni.

Menjaga kesehatan sistem saraf

Susu skim mengandung banyak fosfor, kalium, dan vitamin. Bahkan, jumlahnya lebih banyak daripada susu murni. Kandungan zat-zat ini dapat menjaga agar sistem saraf tetap sehat, serta memperkuat tulang dan gigi.

Menurunkan berat badan

Karena kandungan kalori dan lemaknya rendah, banyak orang memilih susu ini saat menjalani program diet. Banyak nutrisi di dalamnya yang membuat susu ini dapat memenuhi kebutuhan gizi tubuh, seperti protein, kalsium, fosfor, dan nutrisi lainnya.

Menjaga kesehatan jantung

Salah satu cara menjaga kesehatan jantung adalah dengan menjalani pola makan yang sehat. Hal ini dapat diperoleh juga dengan minum susu skim. Susu ini dapat menjaga agar kadar kolesterol dalam tubuh tetap seimbang. Sehingga, minum susu skim dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Yuk Konsumsi susu skim rendah lemak!

Karena dibuat dengan menghilangkan kadar lemak, susu skim rendah lemak memiliki kandungan lemak yang sangat rendah. Sebenarnya, dulu jenis susu seperti ini hanya dipakai untuk membuat hewan ternak menjadi gemuk. Tetapi, para ahli yakin bahwa susu ini mengandung gizi yang tidak jauh berbeda dengan jenis susu lainnya. Akhirnya, susu ini juga diproduksi untuk manusia karena diyakini mempunyai banyak manfaat baik bagi tubuh.

Walaupun kadar lemaknya cukup rendah, susu skim rendah lemak ini banyak mengandung vitamin dan zat-zat lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu, susu ini diklaim dapat menjadi pilihan terbaik untuk dikonsumsi saat menjalani diet. Pasalnya, susu ini tetap bisa memenuhi kebutuhan gizi tubuh meskipun kadar lemak dan kalorinya rendah.

Share artikel ini
Reference