manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil
Kehamilan

5 Manfaat Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil

dr. Wisniaty Condro | November 17, 2021
Share

Air kelapa muda biasanya diminum saat bertamasya atau setelah berolahraga dan pada umumnya dikemas tanpa rasa atau warna tambahan apapun. Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil juga telah dirasakan banyak wanita sehingga air kelapa juga lazim diolah menjadi produk minuman kesehatan.

Air kelapa muda ini mengandung banyak nutrisi tanpa lemak jenuh dosis tinggi. Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil utamanya adalah untuk menjaga cairan dalam tubuh agar terhindar dari dehidrasi.

Kamu mungkin pernah mendengar air kelapa muda disebut-sebut bermanfaat dalam memperlancar proses persalinan dan menghilangkan mual di pagi hari. Tetapi benarkah hal tersebut?
Berikut adalah hal yang perlu kamu ketahui tentang manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil.

Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil

Air kelapa mungkin menyegarkan dan lezat, tetapi sains belum secara meyakinkan menghubungkannya dengan klaim kesehatan yang signifikan. Namun, air kelapa muda memang mengandung beberapa nutrisi penting yang manfaat khusus pada kehamilan.

1. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh

Menurut ahli gizi dan diet badan International Food Information Council, Alyssa Pike, RD, mengatakan bahwa air kelapa muda bisa menjadi pilihan selama kehamilan, karena menghidrasi dan menyediakan elektrolit.

Jika kamu merasa kekurangan cairan, air kelapa muda atau minuman Kesehatan yang berbasis air kelapa ini bisa menjadi pilihan untuk tetap menjaga tubuh agar selalu terhidrasi. Namun, daya hidrasi air kelapa muda tetap tidak dapat menandingi air mineral.

2. Menggantikan elektrolit yang hilang karena morning sickness

Kondisi morning sickness sering terjadi pada sebagian besar ibu hamil. Mual dan muntah setiap morning sickness terjadi dapat membuat kamu merasa lemas.

Saat gejala morning sickness semakin memberat yang kita kenal dengan hiperemesis gravidarum, wanita hamil membutuhkan elektrolit tambahan untuk mengganti cairan yang hilang akibat dari muntah yang berlebihan.

Air kelapa mengandung elektrolit seperti kalium, natrium, dan magnesium.

3. Meredakan refluks asam lambung

Pada masa kehamilan juga sering kali ibu hamil mengalami nyeri ulu hati akibat refluks dari asam lambung. Asam lambung bisa naik ke kerongkongan sehingga menyebabkan ketidaknyamanan dan sendawa asam.

Beberapa wanita hamil mengatakan bahwa menyeruput air kelapa muda dapat meredakan refluks asam lambung mereka. Namun, tidak ada bukti ilmiah untuk mendukung klaim ini. Di sisi lain, tak ada salahnya juga untuk menggunakan air kelapa muda untuk meredakan nyeri akibat asam lambung yang naik.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Air kelapa muda kaya akan vitamin esensial, mineral dan antioksidan yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga melindungi ibu dan anak dari penyakit.

5. Membantu proses pencernaan

Air kelapa muda dapat ,membantu meningkatkan proses pencernaan, memperkuat sistem pencernaan, mencegah sembelit, menjaga dan mengatur keasaman atau pH tubuh.

Di samping itu, air kelapa muda juga meningkatkan metabolisme dan mendetoksifikasi tubuh. Sebagai penetral asam alami, air kelapa juga dapat meredakan dan mencegah nyeri ulu hati selama hamil.

Berapa banyak air yang harus diminum ibu hamil?

Dalam mengonsumsi air kelapa muda dalam kemasan, pilihan yang paling sehat adalah air kelapa tanpa tambahan gula, dan tetap perhatikan porsi kebutuhan kamu. Ada 2 hal yang perlu diperhatikan dalam mengonsumsi air kelapa muda untuk ibu hamil:

Konsumsi dengan jumlah secukupnya

Kamu harus selalu ingat bahwa air mineral tetap harus selalu menjadi prioritas utama dalam memenuhi cairan tubuh. Kamu tidak boleh mengonsumsi air kelapa muda sebagai pengganti air mineral murni, jadi konsumsilah sebagai pelengkap saja.

Konsumsi air kelapa muda segar

Disarankan untuk meminum air kelapa segera setelah kelapa dipotong ketika masih segar dan kaya akan nutrisi.

Namun, sebagian orang percaya bahwa air kelapa selama kehamilan dapat memenuhi segala macam kebutuhan nutrisi ibu hamil. Tapi itu tentu tidak benar
karena tidak ada satu pun makanan yang mengandung semua jenis nutrisi penting.

Wanita hamil perlu mendapat asupan kombinasi buah-buahan, sayuran dan protein hewani yang juga mengandung nutrisi penting dalam jumlah yang cukup.

Selain mengonsumsi air kelapa muda, terdapat juga pilihan minuman alami bernutrisi lainnya sebagai pengganti air kelapa muda bagi ibu hamil, diantaranya air sirup maple, air buah semangka, dan jus lidah buaya.

Dampak kekurangan cairan pada ibu hamil

Dehidrasi adalah akibat dari tubuh kamu kehilangan air lebih cepat daripada yang kamu konsumsi. Saat hamil, kamu membutuhkan lebih banyak air daripada rata-rata orang, setidaknya 8-12 gelas sehari.

Komponen air memainkan peran penting dalam perkembangan kesehatan bayi Anda seperti membantu membentuk plasenta. Air juga digunakan untuk membentuk kantung ketuban. Dehidrasi selama kehamilan dapat menyebabkan komplikasi kehamilan yang serius, misalnya:

  1. Bayi dengan cacat tabung saraf
  2. Cairan ketuban yang rendah
  3. Produksi ASI yang tidak memadai
  4. Persalinan prematur

Kesehatan kehamilan dapat terjaga salah satunya dengan menjaga hidrasi tubuh kamu.

Reference
Share